Sepekan Setelah SEA Games 2021, Tim Dayung Langsung Pelatnas Lagi

"Ini dia ajang selanjutnya yang diikuti cabor dayung Indonesia."

Analisis | 23 May 2022, 22:17
Sepekan Setelah SEA Games 2021, Tim Dayung Langsung Pelatnas Lagi

Libero.id - Pada SEA Games 2021 yang diadakan Vietnam, atlet dayung Indonesia tampil bagus mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Dua atlet dayung Merah Putih, Ardi Risedi dan Kakan, memenangkan medali emas pertama bagi kontingen Indonesia dalam SEA Games di Vietnam. Namun, mereka belum puas dengan penampilan tersebut. Untuk itu, mereka bertekad tetap menggelar latihan sepekan setelah SEA Games.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budiman Setiawan. Dia mengatakan para atlet dayung Indonesia akan mengadakan evaluasi. Pihaknya juga berencana menggelar latihan sepekan setelah SEA Games kali ini.

"Kami semua akan lebih dulu mengevaluasi kekurangan yang harus diperbaiki dan strategi apa saja yang akan diterapkan untuk ajang-ajang berikutnya," pungkas Budiman.

"Atlet akan beristirahat selama satu pekan. Setelah itu, mereka kembali berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi sejumlah ajang besar," kata Budiman.

Budiman mengatakan tantangan lebih besar akan dihadapi atlet Merah Putih. Pasalnya, mereka akan bersaing pada World Rowing Championships 2022 atau Kejuaraan Dunia Rowing di Racice, Republik Ceko, pada 18-25 September. Itu menjadi agenda terdekat pihaknya.

"Kami semua akan lebih dulu mengevaluasi kekurangan yang harus diperbaiki dan strategi apa saja yang akan diterapkan untuk ajang-ajang berikutnya," ujar Budiman.

Selain Kejuaraan Dunia Rowing, lanjut Budiman, atlet Indonesia juga bakal mempersiapkan diri untuk menghadapi Asian Games 2022 di Hangzhou, China, dan juga kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris.

Menurutnya, SEA Games dan dua ajang yang disebutkan di atas memiliki perbedaan. "Contohnya pada SEA Games ini kami berusaha mengambil sebaran medali sebanyak-banyaknya. Tetapi, untuk Asian Games, tentunya akan fokus pada nomor-nomor tertentu," kata Budiman.

Dia mengatakan pelatnas akan tetap berlangsung di Jatiluhur, Purwakarta, dan Pangalengan, Bandung. Selain itu, atlet akan kembali berlatih di Eropa seperti yang dilakukan saat persiapan SEA Games, Vietnam.

"Kemungkinan rowing di Belanda atau Belgia, sementara kayak/canoe di Bulgaria. Tahun depan juga akan ada banyak event yang kami hadapi," kata Budiman.

Sebagaimana diketahui, cabang olahraga dayung ini menjadi lumbung medali bagi Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam. Tim rowing membawa pulang delapan medali emas dan enam perak. Sementara kayak/canoe meraih enam emas, delapan perak, dan tiga perunggu.

"Pencapaian ini tak lepas dari kerja keras atlet, pelatih, serta dukungan pemangku kepentingan olahraga lainnya, sehingga kita bisa terus berlatih secara berkesinambungan," tambah Budiman.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network