Selamat Ulang Tahun!

Lawan Malaysia, Indonesia Hanya Punya 15 Pemain Siap Digunakan

"Artinya, 11 line-up, 1 kiper cadangan, 3 pemain lapangan"

Analisis | 22 May 2022, 04:00
Lawan Malaysia, Indonesia Hanya Punya 15 Pemain Siap Digunakan

Libero.id - Situasi sulit dihadapi tim nasional Indonesia U-23 saat menghadapi Malaysia U-23 pada duel perebutan medali perunggu di My Dinh National Stadum, Hanoi, Minggu (22/5/2022) sore WIB. Garuda Muda hanya memiliki 15 pemain yang siap digunakan. Itu berarti 11 line-up, satu kiper cadangan, dan tiga pemain lapangan di bench.

Indonesia berpeluang kembali dari SEA Games 2021 dengan kalungan medali perunggu. Syaratnya, mengalahkan Harimau Muda pada pertandingan menentukan.

Mudah? Di atas kertas, seharusnya pasukan Shin Tae-yong bisa mengalahkan Malaysia karena kekuatan yang relatif seimbang. Begitu pula dengan sejarah pertemuan Indonesia dan Malaysia yang cukup setara. Ini berbeda jika Indonesia menghadapi  Thailand atau Vietnam.

Tapi, di lapangan nanti, kondisi bisa sangat memberatkan Indonesia. Mengapa? Itu terkait cedera Egy Maulana Vikri dan kartu merah yang diterima tiga pemain.

Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya dipastikan tidak mungkin bermain. Sementara Egy masih ditunggu hingga menit-menit terakhir. Jika pemain asal Medan tersebut tidak mendapatkan lampu hijau, otomatis Shin Tae-yong hanya memiliki 15 pemain siap digunakan.

"Memang, situasi seperti ini banyak memengaruhi tim. Apalagi, di awal turnamen, kuota 20 pemain tidak terisi. Indonesia hanya memiliki 18 pemain setelah Elkan Baggott tidak hadir. Saddil (Ramdani) dan Asnawi (Mangkualam Bahar) menyusul untuk menghadapi SEA Games 2021," ujar Shin Tae-yong, di situs resmi PSSI.

10 Foto Carli Lloyd, Pemain Sepakbola Wanita US yang Hat-trick di Final Piala Dunia 2015

10 Foto Carli Lloyd, Pemain Sepakbola Wanita US yang Hat-trick di Final Piala Dunia 2015

"Kondisi ini membuat kami kesulitan untuk menentukan pemain pada pertandingan (melawan Malaysia). Tapi, ada proses yang baik dan kemauan para pemain sangat kuat. Jadi, pastinya kami bisa melewatkan situasi sulit ini dengan baik," tambah pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

Selama ini, Firza dan Irianto diposisikan sebagai pemain pelapis. Hanya Kambuaya yang berstatus pemain utama di lini tengah. Jadi, yang dibutuhkan Shin Tae-yong hanya mencari sosok tempat untuk mengisi tempat pemain Persebaya Surabaya yang akan bermain untuk Persib Bandung musim depan.

"Kami akan mempersiapkan dengan baik untuk laga melawan Malaysia nanti. Meski tiga pemain dalam skorsing kartu merah dan Egy juga cedera, kami yakin pemain akan berjuang keras demi meraih medali perunggu," kata Shin Tae-yong.

Namun, di tengah banyak kesulitan, muncul secercah harapan. Itu terkait Saddil yang merumput di Sabah FC. Berkompetisi di Liga Super Malaysia tentu saja akan membuat pemain asal Sulawesi Tenggara tersebut mengerti karakter dan cara bermain skuad asuhan Brad Maloney.

"Kami harus fokus melawan Malaysia, meski kondisi tim tidak lengkap. Kami ingin pulang dengan membawa medali perunggu. Saya yakin dan bertekad bekerja keras di laga nanti," ujar Saddil. 

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=VVAN5H0JkNA

Artikel Pilihan


Daun Media Network