Kalahkan Tuan Rumah Vietnam, Tim Catur Rapid Putri Indonesia Raih Medali Emas

"Maju terus catur Indonesia..."

Berita | 19 May 2022, 13:30
Kalahkan Tuan Rumah Vietnam, Tim Catur Rapid Putri Indonesia Raih Medali Emas

Libero.id - Berlangsung di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam, Kamis (18/5), tim catur rapid putri Indonesia memastikan tambahan medali emas di ajang Sea Games 2021.

Dan yang lebih menggembirakan lagi, Indonesia yang menurunkan IM Medina Warda Aulia dan WIM Ummi Fisabilillah, menyabet medali emas dengan menang perhitungan Tiebreak (TB) 2 dari tuan rumah Vietnam.

Pada babak kelima Medina Warda Aulia dan Ummi Fisabilillah, menang 1,5 - 0,5 dari Thailand sehingga total poin yang dicapai menjadi 6,0.

Dengan angka tersebut, Indonesia bisa menyamai total poin yang didapat Vietnam yang pada babak terakhir menang mutlak 2-0 atas Malaysia. Dengan jumlah total poin yang sama, maka pemenang ditentukan melalui sistem TB2, yang memakai perhitungan tim pemenang mendapat nilai 2, seri 1, dan kalah 0.


Dalam 4 babak yang dimainkan dengan sistem round robin, duet Medina dan Umi mencatat 3 kemenangan dan sekali seri saat menghadapi Filipina, sehingga total TB2 Indonesia adalah 7. Sementara itu, Vietnam mencatat 3 kemenangan dan sekali kekalahan dari Indonesia di babak kedua.

Adapun menghadapi Thailand, Indonesia mengambil satu poin berkat kemenangan Medina atas WFM Sarocha Chuemsakul dan tambahan 0,5 poin dari hasil remis WIM Ummi Fisabilillah dengan CM Melita Sunan Buhagiar.

Dengan tambahan satu emas dari catur cepat putri, tim catur Indonesia sementara sudah menyumbang total dua emas, setelah pada nomor catur standar, WIM Dewi AA Citra tampil sebagai yang terbaik dari yang terbaik.

Selain itu catur juga sudah menyumbangkan dua perak melalui IM Irene Kharisma Sukandar pada nomor standar putri dan IM Mohamad Ervan pada standar putra, sementara perunggu dipersembahkan GM Susanto Megaranti pada nomor catur cepat perseorangan putra. 

Di cabang olahraga yang satu ini, tampaknya cukup bisa diandalkan. Semoga kedepannya lebih baik lagi.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network