Sejarah! 8 Tim Bundesliga Main di Eropa 2022/2023, 5 di Liga Champions

"Ini akibat Eintracht Frankfurt juara Liga Europa 2021/2022"

Analisis | 19 May 2022, 11:09
Sejarah! 8 Tim Bundesliga Main di Eropa 2022/2023, 5 di Liga Champions

Libero.id - Bundesliga panen. Banayak klub kasta tertinggi sepakbola Jerman itu yang di musim depan tidak hanya berlaga di kompetisi domestik melainkan Eropa.
Tak tanggung-tanggung 8 klub dari 18 klub Bundesliga. Rincian adalah 5 yang akan bermain di Liga Champions dan 3 di Liga Europa musim depan.

Kepastian itu didapat setelah Eintracht Frankfurt memenangkan Liga Europa 2021/22 melawan Glasgow Celtic dengan skor  5-4 lewat babak adu penalti, Kamis (19/5) dini hari WIB.

Mari kita perjelas. Bundesliga Jerman memiliki empat tempat otomatis di fase grup di Liga Champions sejak 2018/19, yang berarti tim yang finis di empat besar berhak untuk bersaing di kompetisi bergengsi tersebut.

Bayern Muenchen lolos sebagai juara Bundesliga, lalu disusul runner-up Borussia Dortmund, peringkat ketiga ada Bayer Leverkusen dan peringkat keempat RB Leipzig.

Dan meskipun berada di urutan ke-11 dalam klasemen akhir liga, Eintracht Frankfurt mendapat jatah sebagai status juara Liga Europa. Dan untuk pertama kalinya, Bundesliga memiliki lima klub yang akan berkiprah di Liga Champions.

Perwakilan  Liga Europa / Liga Konferensi Eropa UEFA

Biasanya, tim di urutan kelima dan tim yang memenangkan Piala DFB lolos langsung ke babak grup Liga Europa, dengan tim keenam masuk ke play-off Liga Konferensi Eropa.

Namun, karena Leipzig dan Freiburg adalah finalis Piala DFB musim ini, tim yang finis keenam menerima tempat grup Liga Europa kedua. Ketujuh mendapat kesempatan di play-off Liga Konferensi Eropa.

Dalam praktiknya, itu berarti Union Berlin dan Freiburg - masing-masing kelima dan keenam - akan berkiprah di Liga Europa pada 2022/23. Cologne yang berada di posisi ketujuh melaju ke babak play-off Liga Konferensi Eropa

Dengan begitu genap sudah. 8 klub Bundesliga yang akan mencoba merajai kompetisi bergengsi antar klub di Eropa.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Eintracht Frankfurt


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan




Daun Media Network