Momen Egy Maulana Vikri Jebol Gawang Thailand di SEA Games 2019, Bisakah Terulang?

"Berawal dari skenario sepak pojok Evan Dimas. Masih ingat? Cek videonya!"

Analisis | 17 May 2022, 19:07
Momen Egy Maulana Vikri Jebol Gawang Thailand di SEA Games 2019, Bisakah Terulang?

Libero.id - Pertemuan kembali Indonesia dengan Thailand di semifinal SEA Games 2021 bukan hal baru. Sepanjang sejarah, tim nasional kedua negara sudah sering berjumpa di berbagai ajang maupun kelompok umur. Bahkan, pada SEA Games 2019, Garuda Muda juga berjumpa The Young War Elephants. Hasilnya, 2-0 untuk Indonesia.

Tiga tahun lalu di Filipina, Indonesia dan Thailand tergabung di grup yang sama. Saat itu, laga perdana Grup B dimenangkan Indonesia dengan gol Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Uniknya, beberapa skuad yang tersisa pada SEA Games 2019 kembali merumput di SEA Games 2021. Selain Egy, pemain-pemain Indonesia antara lain Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam Bahar, Rachmat Irianto, hingga Firza Andika.

Sebaliknya, tidak banyak pemain Thailand di Filipina yang tersisa pada turnamen di Vietnam kali ini. Hanya Jaturapat Sattham yang kembali akan bertamu dengan Egy.

Bukan hanya materi pemain, pelatih kedua kubu juga telah berbeda. Saat itu, Indonesia ditangani Indra Sjafri. Sedangkan Thailand mempekerjakan pelatih asal Jepang, Akira Nishino. Sekarang, Indonesia dikendalikan Shin Tae-yong. Sementara Thailand percaya pada Mano Polking.

Ketika itu, Indonesia tampil sangat bagus di Rizal Memorial Stadium, Manila, 26 November 2019. Pertandingan baru berlangsung tiga menit, jala Thailand sudah dijebol Egy.

Gol pertama Indonesia lahir lewat skenario jempolan. Bermula dari sepak pojok, Evan Dimas Darmono tidak melambungkannya ke gawang, melainkan diumpan ke belakang ke Asnawi. Oleh Asnawi, bola dikembalikan ke Evan. Kemudian, Evan memberikan umpan tarik ke tengah.

Bola umpan Evan lalu coba disontek Muhamad Rafly. Tapi, diblok kiper Thailand. Sialnya, bol justru mengarah langsung ke Egy. Tanpa pikir panjang, Egy menceploskan bola ke gawang. Indonesia kemudian mampu memimpin 2-0 melalui Osvaldo pada menit 86. 

Kemenangan 2-0 Indonesia ternyata berdampak buruk pada Thailand. Mereka memang memenangkan tiga pertandingan lainnya. Tapi, pada duel penentuan versus Vietnam justru umbang 2-2. Jadi, Vietnam dan Indonesia lolos ke semifinal dan kembali berjumpa di final.

Kini, Indonesia dan Thailand kembali bertemu. Situasinya berbeda karena pertandingan terjadi di semifinal. Mungkinkah Egy mengulang gol di Filipina dan membawa Indonesia menang lagi? Kita lihat saja nanti Kamis (19/5/2022).

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network