Memprediksi Peluang Garuda Muda di Dua Laga Terakhir Penyisihan Grup

"Menanti hasil evaluasi Shin Tae-yong."

Analisis | 10 May 2022, 22:20
Memprediksi Peluang Garuda Muda di Dua Laga Terakhir Penyisihan Grup

Libero.id - Tim nasional Indonesia U-23 mengemas poin penting saat melumat Timor Leste U-23, 4-1. Namun, hasil itu belum sepenuhnya aman bagi tim asuhan Shin Tae-yong melaju ke semifinal cabang sepakbola putra SEA Games 2021.

Pemicunya tentu saja posisi Garuda Muda saat ini. Tambahan tiga angka usai melumat Timor Leste membuat Fachruddin Aryanto dkk masih tertahan di posisi keeempat dengan tiga poin dari dua laga. Indonesia sebelumnya dipermalukan Vietnam U-23, 3-0.

Garuda Muda memang masih menyisakan dua laga tersisa, yakni menghadapi Filipina di Viet Tri Stadium, Jumat (13/5/2022), dan bentrok dengan Myanmar dua hari kemudian.

Namun, melihat hasil yang digapai dua lawan Indonesia, khususnya Myanmar, Shin Tae-yong tentu harus memutar otaknya lebih keras. Pasalnya, Myanmar di luar dugaan menjadi tim yang layak diperhitungkan di babak penyisihan Grup A.

Mereka berpeluang lolos ke babak selanjutnya karena menjadi pemimpin klasemen sementara saat ini. Mereka mengumpulkan enam angka hasil dua kemenangan dari Timor Leste dan Filipina dengan skor sama 3-2.

Hasil maksimal atau dapat meraih kemenangan atas Indonesia nanti tentunya membuat mereka otomatis lolos ke semifinal. Karena itu, tak ada pilihan bagi mereka selain mencuri angka di laga tersebut. Myanmar tak ingin berjudi ketika berhadapan dengan Vietnam di laga terakhir, Jumat (13/5/2022).

Sementara Filipina juga tak boleh diremehkan, walau menelan kekalahan dari Myanmar, Selasa (10/5/2022). Kekalahan itu justru bakal memantik motivasi mereka ketika berjumpa dengan skuad Garuda Muda nanti.

Prediksi Filipina bakal all-out menghadapi Indonesia cukup beralasan. Jika mereka kalah dari Garuda Muda, kecil kemungkinan mereka bakal lolos. Apalagi, pertandingan menghadapi Indonesia menjadi duel terakhir mereka di penyisihan grup.

Karena itu, mereka diyakini bakal memberikan yang terbaik alias menyulitkan langkah Indonesia di laga nanti. Mereka membidik kemenangan atas Indonesia untuk lolos, karena tambahan tiga angka membuat mereka bakal mengoleksi tujuh poin sambil berharap Myanmar dan Vietnam terganjal di laga tersisa.

Sementara Garuda Muda wajib mengemas dua kemenangan untuk memastikan lolos ke fase selanjutnya. Mereka tak boleh imbang kontra Filipina karena diyakini makin menyulitkan perjuangan Fachruddin dkk di laga terakhir nanti, apalagi Indonesia tertinggal dalam urusan agresivitas gol dari tiga pesaingnya tersebut.

Shin Tae-yong belum mengutarakan pendapat tentang peluang timnya ke babak selanjutnya. Walau begitu, pelatih asal Korea Selatan itu tentunya akan melakukan evaluasi untuk menghadapi dua laga penting di depan.

Klasemen Grup A
                                Main Menang Imbang Kalah Agregat Gol Poin
1 Myanmar            2       2             0            0        +2                  6
2 Filipina                3       1             1            1        +3                  4
3 Vietnam              2       1             1            0        +3                  4
4 Indonesia            2       1             0            1          0                  3
5 Timor Leste (E)   3       0             0            3       −8                  0

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network