Kisah 4 Klub Medioker di Semifinal Ajang Eropa Sejak 2000

"Nomor 1 tetap menjadi kenangan terindah."

Analisis | 29 April 2022, 15:46
Kisah 4 Klub Medioker di Semifinal Ajang Eropa Sejak 2000

Libero.id - Fans West Ham United sangat menantikan semifinal Liga Europa melawan Eintracht Frankfurt setelah menyambut kompetisi dengan cukup baik musim ini. Tetapi, mereka bukan tim non-Enam Besar pertama yang mencapai tahap ini di Eropa pada abad ke-21.

Klub-klub seperti Chelsea, Liverpool dan Manchester United mungkin sudah sering berpartisipasi dalam kompetisi kontinental setiap musim. Tapi, bagi beberapa tim kecil, kesempatan tampil di level Eropa menjadi kepuasan tersendiri.

West Ham telah mengalahkan Sevilla dan Lyon di babak gugur Liga Europa. Mereka akan menghadapi pertandingan terbesar mereka dalam beberapa dekade melawan Eintracht, di mana pendukung mereka mencari pertanda bahwa mereka akan berhasil.

Empat tim non-elit Inggris lainnya telah maju ke semifinal Eropa sejak 2000, meskipun dua diantara mengalami kekalahan, dan dua lainnya berhail maju ke final.

Kami telah mengingat kembali setiap perjalanan tak terlupakan tim Inggris yang tak diunggulkan, namun bisa melangkah jauh di kompetisi Eropa.

#1 Fulham (2009/2010)

Perjalanan Fulham ke final Liga Europa pada 2010 di bawah asuhan Roy Hodgson benar-benar luar biasa. Total mereka memainkan 19 pertandingan, termasuk berhasil mengalahkan Juventus, Shakhtar Donetsk, Wolfsburg, dan Hamburg.

Meskipin The Cottagers kalah di final dari Atletico Madrid yang bertabur bintang seperti David de Gea, Sergio Aguero, dan Diego Forlan, para penggemar mereka ditinggalkan kenangan yang akan menghangatkan hati mereka sampai akhir hari mereka.

“Kami sangat tidak beruntung,” kata penjaga gawang Mark Schwarzer kepada BBC pada 2020. “Kedua gol itu terjadi karena defleksi, tetapi saya pikir orang-orang menyadari bahwa kami telah melakukan sesuatu yang istimewa.”

“Kami memiliki manajer yang bagus, kami juga memiliki pemain yang tepat dengan mentalitas dan pendekatan yang tepat."

“Setiap orang memiliki tujuan yang sama untuk sesukses dan membuktikan bahwa semua orang yang ragu itu salah. Kami ingin menulis ulang buku-buku sejarah dan menciptakan sesuatu yang istimewa setiap ada kesempatan."

“Apakah ada yang mengharapkan Fulham mencapai final Eropa? Tidak."

“Itu adalah mimpi bagi para penggemar yang telah mengikuti klub dengan kesetiaan seperti itu dan saya pikir semua orang mengakui bahwa kami memiliki sesuatu yang sangat istimewa.”

#2 Middlesbrough (2005/2006)

Empat tahun sebelum kepahlawanan Fulham, perjalanan The Boro ke final Piala UEFA 2006 ditandai dengan bukan hanya satu, tetapi dua kali comeback luar biasa yang langsung menjadi cerita rakyat Teeside.

Setelah menyingkirkan Roma di babak 16 besar, Middlesbrough tertinggal tiga gol dari Basel di perempat final, tetapi mencetak empat gol pada malam yang penuh semangat di Stadion Riverside.
Mereka mengulangi prestasi itu di semifinal melawan Steaua Bucharest. Stewart Downing, yang menjadi aktor dari keempat gol saat melawan Steaua, menjadi bintang mereka.

“Saya hanya berpikir itu adalah norma, tetapi sekarang Anda berpikir betapa sulitnya melakukan apa yang kami lakukan, sebagai klub yang disebut ketinggalan zaman dan bukan salah satu klub yang besar,” kata Downing tahun lalu.

“Kami memiliki pemain seperti Jimmy Floyd Hasselbaink dan Mark Viduka yang berkembang pesat. Begitulah cara kami melewati banyak pertandingan. Mungkin tim hanya berpikir, 'Hanya Middlesbrough, kami akan mengalahkan mereka.”

Sayang bagi Boro, final bukanlah kontes. Di stadion Eindhoven, Teessiders digulingkan oleh Sevilla dan menderita kekalahan 4-0. Tiga dari gol itu dicetak dalam 12 menit terakhir dengan skuad yang lelah dan tidak memiliki apa-apa lagi untuk diberikan.

“Itu satu pertandingan terlalu berat,” kata Steve McClaren. “Kami memiliki banyak pertandingan, kami harus bermain melawan Fulham dan Everton dan kami berada di leg terakhir. Mungkin jika putaran Piala FA tidak terjadi, kami akan memiliki energi untuk bermain di final.”

“Sevilla unggul di atas siapa pun dalam kompetisi itu. Kami mengambil risiko seperti sebelumnya, tetapi kami kalah.”

Gareth Southgate pensiun dan menggantikan McClaren sebagai manajer pada musim panas itu, dan Boro tidak pernah bisa menyamai prestasi itu lagi. Mereka terdegradasi pada tahun 2009 dan hanya muncul sekali di papan atas sejak itu.

#3 Newcastle (2003/2004)

Didier Drogba akan menjadi salah satu striker terbaik dalam sejarah Liga Premier, tetapi dia relatif tidak dikenal di pantai ini ketika dia menghancurkan harapan Newcastle untuk meraih gelar Piala UEFA pada 2004.

Leg pertama semifinal Eropa berakhir tanpa gol di St James Park dan meyakinkan Newcastle bahwa final melawan Valencia mungkin akan terjadi, tetapi kemudian Drogba mengambil alih.

Legenda Chelsea itu mencetak gol pembuka di babak pertama, sebelum mengakhiri kontes dengan menyelipkan bola melewati Shay Given dari skema bola mati yang rapi.

“Saya tidak ingin berbicara tentang Marseille, itu masih terasa sakit,” kata Darren Ambrose di talkSPORT pada Februari 2022.

“Pendukung Newcastle akan memberi tahu Anda, skuad yang kami miliki saat itu seharusnya bisa memenangkan turnamen itu, dan Didier Drogba menghancurkan hati kami, saya katakan kepada Anda."

“Saya adalah penendang penalti ketiga atau pengambil penalti keempat, jadi saya sedikit gugup saat itu dan dia masuk untuk mencetak gol sehingga berpotensi membantu saya!”

Newcastle sebenarnya  berada di Piala UEFA karena mereka kalah dalam play-off Liga Champions dari Partizan Belgrade pada Agustus 2003.

Dan, klub kecewa hanya finis kelima di Liga Premier musim itu. Tapi, The Toon Army menikmati tur Eropa mereka dan Newcastle mengalahkan tim seperti Basel, Mallorca, dan PSV Eindhoven dalam perjalanan ke semifinal.

#4 Leeds (2000/2001)

Tiga tahun setelah mencapai semifinal Liga Champions pada 2001, Leeds terdegradasi dari Liga Premier. Itu membuat perjalanan luar biasa mereka di Eropa menjadi kenangan pahit bagi para pendukung klub.

Setelah mengalahkan 1860 Munich di babak kualifikasi, Leeds masuk ke dalam 'Grup Neraka' bersama Milan, Barcelona, dan Besiktas. Pertanda tampak buruk setelah pukulan telak 4-0 di Camp Nou dalam pertandingan pembukaan mereka.

“Saya pikir itu adalah panggilan untuk membangunkan,” kenang Erik Bakke. “Pertandingan itu bagus untuk semua orang melihat bahwa sepakbola Eropa berbeda dengan Inggris dalam gaya permainannya.”

Tapi, Leeds memulai perjalanan mereka dengan kemenangan tak terduga atas AC Milan di Elland Road, Lee Bowyer mencetak gol kemenangan di menit ke-88 dan membawa mereka lolos dari grup.

“Itu adalah malam yang hebat. Elland Road penuh sesak,” kata bek sayap Ian Harte kepada BBC pada 2020 tentang kemenangan terkenal melawan Milan yang saat itu diperkuat Andriy Shevchenko, Paolo Maldini, dan Oliver Bierhoff.

“Hujan turun sepanjang hari. Itu sangat-sangat basah. Mereka memiliki pemain yang luar biasa di tim mereka, tetapi itu menjadi sedikit keberuntungan yang Anda butuhkan.”

Pengundian fase grup kedua tidak lebih baik daripada yang pertama. Meskipun diadu melawan Real Madrid, juara Italia, Lazio yang dilatih oleh Sven-Goran Eriksson dan memiliki pemain kelas dunia seperti Pavel Nedved, Juan Sebastian Veron dan Hernan Crespo, serta Anderlecht, Leeds yakin bisa menghadapi lawan itu.

“Kami menyadari bahwa kami dapat bersaing setelah kami keluar dari babak penyisihan grup pertama dan kami pikir kami dapat melanjutkannya,” kenang Jonathan Woodgate.

Deportivo La Coruna, yang jatuh pada masa sulit tersingkir di perempat final untuk mengirim mereka ke empat besar dengan Valencia yang luar biasa.

Leg pertama berlangsung tanpa gol di Elland Road, meninggalkan harapan mereka masih hidup sebelum kedua belah pihak bertemu kembali di Mestalla. Tetapi, dua serangan dari Juan Sanchez dan upaya Gaizka Mendieta membuat harapan Leeds terhenti di rintangan kedua.

“Semua orang di stadion bisa melihat bahwa dia mencetak gol dengan tangannya,” kata Harte. “Kami semua hancur dan patah hati, tetapi kami telah merasakan Liga Champions dan setiap pemain yang terlibat dalam pertandingan itu benar-benar menyukainya.”

Leeds nyaris kehilangan kualifikasi Liga Champions pada musim berikutnya dan akan segera memasuki malapetaka berakhir di League One.

Tapi, tim besutan David O'Leary telah menciptakan kenangan yang tidak akan pernah ditinggalkan oleh penggemar Leeds.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network