Bikin Penasaran? Inilah Starting XI Perdana Juergen Klopp di Liverpool

"Berapa yang masih bertahan di Anfield?"

Analisis | 28 April 2022, 15:17
Bikin Penasaran? Inilah Starting XI Perdana Juergen Klopp di Liverpool

Libero.id - Hanya dalam waktu satu bulan, Liverpool dapat mencapai apa yang belum pernah dicapai klub lain di sepakbola Inggris. Apakah itu? Tak lain adalah kesempatan besar mereka memenangkan empat gelar sekaligus dalam satu musim.

Tim asuhan Juergen Klopp telah memenangkan Piala Liga Inggris musim ini. Mereka juga menjadi pesaing utama dalam perebutan gelar juara Liga Champions, Liga Premier, dan Piala FA.

Sejak mengambil alih dari Brendan Rodgers pada 2015, Klopp telah mengubah Liverpool dari tim yang kurang berprestasi di dalam negeri menjadi tim terbaik di dunia sepakbola.

Itu adalah perubahan yang luar biasa bagi The Reds, apalagi Klopp tidak diragukan lagi merupakan katalisator untuk kemajuan klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

Butuh empat tahun bagi pelatih asal Jerman itu memenangkan trofi pertamanya di Anfield, ketika Liverpool mengalahkan Tottenham di final Liga Champions pada 2019.

Tapi, itu tidak mengejutkan, mengingat semua hal yang dia dibutuhkan. Salah satunya membeli banyak pemain bintang dan membangun skuad yang solid.

Dalam pertandingan pertamanya sebagai pelatih Liverpool, hasil imbang 0-0 di Tottenham pada Oktober 2015, Klopp hanya memiliki pemain-pemain yang tidak begitu bisa diandalkan.

Starting XI andalan Klopp saat itu adalah Simon Mignolet, Alberto Moreno, Martin Skrtel, Mamadou Sakho, Nathaniel Clyne, Adam Lallana, Lucas Leiva, Emre Can, Philippe Coutinho, James Milner, dan Divock Origi.

Hanya dua dari starting line-up sejak hari itu yang tersisa di Liverpool; wakil kapten Milner dan Origi, yang mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Everton.

Kiper Mignolet kehilangan tempatnya di tim pada awal musim berikutnya, tetapi akan tetap berada di bangku cadangan di Anfield hingga 2019. Dia kemudian bergabung dengan Club Brugge.

Moreno akan memainkan peran kecil di Anfield sebelum pergi pada 2019. Dia bergabung dengan klub Spanyol, Villarreal, lawan yang dihadapi Liverpool di semifinal Liga Champions musim ini.

Klopp mengizinkan Skrtel pergi ke Fenerbahce pada 2016, sementara Sakho bergabung dengan Crystal Palace pada 2017 setelah dipinjamkan ke Selhurst Park.

Clyne akan tetap di Liverpool hingga 2019 sebelum pergi pada akhir kontraknya. Mantan pemain Inggris itu kemudian bergabung dengan Palace.

Lallana akan memainkan peran penting bagi Klopp di awal musimnya di Anfield dan memenangkan Liga Champions dan Liga Premier sebelum pergi pada musim panas 2020 setelah kontraknya berakhir.

Favorit penggemar, Lucas Leiva, pergi pada 2017 setelah 10 tahun di Liverpool. Pemain Brasil itu bergabung dengan klub Italia, Lazio.

Sementara itu, Emre Can meninggalkan Anfield dalam keadaan sengit pada 2018. Dia menolak tawaran kontrak untuk bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer.

Coutinho dijual ke Barcelona seharga 142 juta pounds / Rp 2,5 triliun pada 2018. Penjualan itu sebuah transfer yang membantu mendanai penandatanganan penting Virgil van Dijk dan Alisson.

Ketika Anda membandingkan tim yang menghadapi Tottenham pada 2016 dengan tim Liverpool saat ini, jelas betapa mengesankan pekerjaan yang telah dilakukan Klopp sejak tiba di Merseyside - terutama mengingat dia mencapai semuanya dengan pengeluaran bersih hanya 115,7 juta pounds / Rp 2,0 triliun.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network