Statistik Ajaib Thiago dan Alisson Warnai Kemenangan Liverpool

"Soal akurasi umpan, angka-angka Thiago bikin melongo."

Analisis | 28 April 2022, 05:19
Statistik Ajaib Thiago dan Alisson Warnai Kemenangan Liverpool

Libero.id - Liverpool sukses menaklukkan Villarreal dengan skor 2-0 dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions di Anfield pada Kamis dini hari (28/04/2022) WIB. Dua gol The Reds tercipta karena bunuh diri Pervis Estupinan, dan satu lagi dicetak Sadio Mane.

Di balik kemenangan itu, dua pemain Liverpool mencatat statistik mencengangkan. 

Pertama kiper Alisson Becker. Dia mencatat clean sheets atau tanpa kebobolan lebih banyak (3) dibanding penyelamatan (2) yang dibuat selama tiga laga terakhir untuk Liverpool. Alisson tercatat hanya membuat satu saves masing masing pada laga lawan Manchester United dan Everton. Pada laga lawan Villarreal dia seakan-akan ngopi di gawang karena tidak membuat satu penyelamatan pun.

Sementara akurasi umpan Thiago di tiga laga terakhir Liverpool sungguh mencengangkan. Saat lawan Everton akurasi umpannya mencapai 98,4%, 96,1% saat lawan Villarreal dan 95,6 % saat lawan Manchester United. Bisa dibilang, sedikit sekali umpan Thiago yang meleset setiap pertandingan. 

Berkat hasil ini, Liverpool pun sangat berpeluang untuk melaju ke partai final. Namun, masih ada laga leg kedua di markas Villarreal yang akan digelar pada pekan depan. 

Liverpool mencoba langsung tampil agresif sejak menit pertama. Peluang didapat tuan rumah lewat sundulan Mohamed Salah, tetapi belum membuahkan hasil. Setelah itu, giliran Sadio Mane yang memperoleh dua peluang beruntun untuk membuka keunggulan Liverpool. Namun, dia masih gagal mencetak gol.

Liverpool kesulitan menembus barisan pertahanan Villarreal The Reds. Peluang terbaik Liverpool di babak pertama didapat Thiago Alcantara pada menit ke-42. Sayang, tembakan kerasnya dari jarak jauh masih menerpa tiang gawang.

Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum. Selepas turun minum, Liverpool meneruskan dominasi permainan mereka. Fabinho mencetak gol untuk tim tuan rumah, tetapi wasit menganulirnya karena Virgil van Dijk sudah lebih dahulu offside.

Liverpool akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-53. Sebuah umpan Jordan Henderson sedikit berbelok setelah mengenai kaki Pervis Estupinan dan membuat Geronimo Rulli gagal mencegah bola masuk ke gawangnya. Skor menjadi 1-0.

Gol ini melecut semangat pemain Liverpool. Hanya dua menit berselang, sontekan Mane menggandakan keunggulan timnya setelah meneruskan menerima umpan brilian Salah. Keunggulan menjadi 2-0. Selepas itu, Liverpool pun memperoleh beberapa peluang untuk menambah keunggulan, salah satunya lewat usaha Andrew Robertson. Namun, golnya dianulir karena sudah lebih dahulu berdiri dalam posisi offside.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta di sisa pertandingan dan skuat Jurgen Klopp mengantongi keunggulan agregat dua gol untuk pertandingan leg kedua.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network