Kenalkan Vinicius Tobias, Remaja Real Madrid yang Mainnya Mirip Alexander-Arnold

"Tinggalkan rumah hingga menghindar akibat invasi."

Biografi | 27 April 2022, 13:47
Kenalkan Vinicius Tobias, Remaja Real Madrid yang Mainnya Mirip Alexander-Arnold

Libero.id - Vinicius Tobias, pemain berusia 18 tahun yang membuat Real Madrid menelan biaya mencapai 17 juta euro / Rp 310 miliar. Los Blancos membelinya dengan status pinjaman awal dari Shakhtar Donetsk.

Untuk ukuran pemain muda berposisi sebagai bek kanan, harga yang dibayarkan Real Madrid tersebut tentunya secara tak langsung menunjukkan kualitas seorang Tobias.

Pemain asal Brasil itu disebut-sebut akan menjadi bek dari generasi terbaru setelah Dani Alves, Cafu, Carlos Alberto yang akan jadi pemain penting di La Liga Spanyol begitu juga di level tim nasional.

Tobias mulai menarik perhatian klub-klub top Eropa saat dirinya membantu timnas U-15 Brasil memenangkan Kejuaraan Amerika Selatan pada 2019, di mana Tobias mencetak gol dalam partai final melawan Argentina.

Sejak saat itu Tobias dinilai memiliki kemiripan gaya bermain seperti Trent Alexander-Arnold, sebagian karena dirinya memulai karier sebagai gelandang tengah sebelum dipindahkan ke bek sayap. Kondisi itu juga dialami Alexander-Arnold. Tetapi, dengan posisi barunya itu Tobias tetap mempertahankan kemampuan playmaking-nya.

Madrid sangat membutuhkan pemain seperti itu di tim utama mereka, dengan Dani Carvajal telah diekspos pada musim ini, terutama di Liga Champions, sementara duo serba bisa Nacho dan Lucas Vazquez bukan bek kanan alami meskipun keduanya mengisi posisi itu ketika Carvajal absen.

Ada harapan besar di Madrid untuk Alejandro Jimenez yang berusia 16 tahun, yang sudah menjadi pemain reguler di tim Blancos U19. Tetapi, dengan Bayern Muenchen mengincar pemain asal Spanyol itu, Tobias memiliki peluang untuk memainkan perannya lebih awal di Santiago Bernabeu untuk tahun-tahun mendatang.

Perjalanannya ke ibu kota Spanyol, bagaimanapun, tidak mudah.

Pada usia 12 tahun, Tobias terpaksa meninggalkan rumah ibunya di Sao Paulo dan bergerak lebih dari 1.100 kilometer (685 mil) ke selatan di sepanjang Pantai Timur Brasil ke Porto Alegre, di mana dia telah terdaftar di akademi Internacional.

Dia menarik perhatian klub dengan kemampuannya untuk menghadapi lawan satu lawan satu, serta visinya tentang permainan dan kecenderungan untuk selalu menemukan rekan satu tim dengan umpannya.

“Saya direkrut sebagai penyerang, tetapi pada 2017, saya bermain sebagai gelandang,” kata Vinicius kepada GloboEsporte ketika menceritakan kisah transisinya menjadi bek kanan.

“Bek sayap kami, Gustavo Bagatini, cedera dan kami tidak memiliki pemain lagi. Saya bertanya kepada pelatih, Lucas Marchetti, untuk kesempatan bermain di sana. Itu tidak terlalu sulit, tetapi saya masih harus banyak belajar."

Vinicius belajar dengan cepat, dan dia tidak pernah melihat ke belakang, menobatkan waktunya di Internacional dengan membantu klub memenangkan Kejuaraan U-20 Brasil pada 2021.

“Dia adalah pemain khas Brasil, seorang atlet dengan kemampuan teknis tingkat yang sangat tinggi,” Joao Miguel, yang melatih Vinicius untuk gelar itu, mengatakan kepada Goal.

“Hubungan antara bola dan dia sangat bagus, sementara kemampuan yang dia miliki untuk memecahkan masalah permainan juga sangat tinggi, serta pemahamannya tentang masalah taktik permainan.”

“Atribut fisiknya juga sangat bagus, dan dia memiliki kekuatan mental yang bagus. Dia adalah pemain yang menyukai duel dan menyukai tantangan permainan.”

"Jadi, dengan kebahagiaan yang besar, dia sudah pergi ke luar negeri. Dia akan bersinar berkat semua keterampilan ini."

Keterampilan itu menyebabkan minat dari sejumlah klub top Eropa, antara lain Real Madrid, Bayern Muenchen, Juventus, dan Atletico Madrid.

Namun, Los Blancos sukses mendatangkannya dari Shakhtar Donetsk. Tobias meninggalkan Internacional tanpa pernah memainkan pertandingan tim utama untuk klub masa kecilnya itu, tetapi dia langsung diintegrasikan ke dalam skuad senior Shakhtar, dengan siapa dia menghabiskan pemusatan pelatihan pertengahan musim mereka di Turki, tampil dalam enam pertandingan persahabatan.

Pertandingan itu tampaknya menjadi satu-satunya penampilannya untuk klub, karena Vinicius salah satu dari sekelompok pemain Brasil yang mencari jalan keluar meninggalkan Ukraina akibat invasi Rusia.

Setelah beberapa hari, anak muda itu bergabung dengan rekan senegaranya untuk melintasi perbatasan keluar dari Ukraina. FIFA juga mengumumkan pemain dari klub Ukraina diizinkan untuk pindah pada jendela transfer untuk memajukan karier mereka.

Sadar akan hal itu, Madrid bergerak cepat untuk mengamankan tanda tangan Tobias, mengontraknya dengan status pinjaman awal hingga akhir musim 2022/2023, dengan opsi untuk membuat kesepakatan itu permanen seharga 17 juta euro / Rp 310 miliar.

Meskipun dia telah melalui banyak hal sejak kedatangannya di Eropa, Tobias telah beradaptasi dengan baik di Spanyol, dan baru-baru ini memulai debutnya untuk Real Madrid Castilla di kasta ketiga sepak bola Spanyol.

Dia juga telah berlatih dengan skuad tim utama, meskipun dia tidak memenuhi syarat untuk bermain untuk mereka musim ini karena sudah ada tiga pemain non-Uni Eropa - Vinicius Junior, Rodrygo, dan Eder Militao - yang bermain secara reguler di tim asuhan Carlo Ancelotti.

Waktu Vinicius untuk melangkah ke panggung La Liga akan datang, bagaimanapun, cepat ataupun lambat.

Sejarah panjang Brasil dalam menghasilkan bek kanan top dunia sepertinya akan terus berlanjut.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network