Eks Arsenal Ini Yakin Villarreal akan Permalukan Liverpool

"Bagaimana komentarnya tentang Thiago Alcantara?"

Analisis | 27 April 2022, 02:22
Eks Arsenal Ini Yakin Villarreal akan Permalukan Liverpool

Libero.id - Pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Liverpool vs Villarreal akan berlangsung di Anfield, Kamis (28/4/2022) dini hari WIB. Ada beberapa pihak menilai The Reds bakal tumbang di laga tersebut.

Bagi sebagian besar fans sepakbola mungkin lebih mengunggulkan Liverpool dalam laga itu, tapi Villarreal tetap optimistis bisa meraih kemenangan di kandang Liverpool. Bahkan, gelandang Villarreal, Francis Coquelin, yakin timnya bisa mempermalukan skuad asuhan Juergen Kloop di kandangnya sendiri.

Eks pemain Arsenal itu menceritakan bagaimana dia bertanding melawan para pemain Liverpool, seperti Thiago Alcantara di masa lalu. Itu bisa terulang kembali di Liga Champions.
Mereka pernah bertemu saat membela negara masing-masing dalam pertandingan Euro U-19. Gelandang Liverpool itu berada di skuad Spanyol, sementara Coquelin membela Prancis untuk memenangkan Euro U-19 pada 2010.

"Dalam kelompok usia saya, generasi '91, dia mungkin adalah pemain terbaik bersama dengan Eden Hazard," kata gelandang Villareal tersebut. "Mereka adalah pemain yang menonjol dari generasi itu."

"Kami memiliki banyak pertempuran dengan Spanyol (saat melawan Prancis) pada saat itu. Dan, itu akan menjadi satu lagi menghadapinya (Thiago) pada lagan anti," tambah Coquelin.

Wawancara ini dimulai dalam bahasa Spanyol, tetapi Coquelin segera beralih ke bahasa Inggris yang masih dia kuasai. Dia tidak kehilangan aksen London yang diperolehnya selama 10 tahun di Arsenal.

Walau begitu, Coquelin masih memberikan pujian kepada Santi Cazorla dan Alcantara. "Ini ada dalam budaya sepakbola dan gen para pemain lini tengah Spanyol yang rumit," katanya tentang Cazorla dan Thiago.

"Dalam kasus Thiago dengan ayahnya (pemenang Piala Dunia Brasil Mazinho) dan saudaranya Rafinha, itu adalah keluarga pesepakbola yang mumpuni."

Coquelin tulus dalam memuji Thiago dan Liverpool. Tapi, dia merasa Villarreal memiliki ketangguhan tertentu. Salah satunya adalah dirinya yang diasah dalam sepakbola Inggris. Itu akan membantu timnya bersaing dalam pertandingan semifinal Liga Champions nanti.

Pernyataan Coquelin masuk akal, karena terdapat delapan pemain inti Villarreal pernah bermain di klub-klub Inggris saat menghadapi Bayern Muenchen di perempat final. Kuartet lini tengah Villarreal pada malam itu semuanya bermain di Inggris. "Saya pikir Liga Premier adalah liga terbaik di dunia dan sifat fisik liga membantu Anda," katanya.

"Kami masih memiliki mentalitas Spanyol di La Liga, tetapi ketika Anda mencapai tahap sepakbola Eropa ini, penting untuk memiliki fisik yang sesuai dengan tekniknya. Kami berbicara tentang koneksi Liga Premier, tentu saja akan kami lakukan. Saya masih banyak menonton sepak bola Inggris," tambahnya.

Suasana Inggris adalah sesuatu yang istimewa. Setiap stadion di Inggris, terutama ketika Anda pergi ke Burnley, suasana di Turf Moor sangat spesial. Setiap stadion memiliki sesuatu. Dan, Anda ingin bermain pertandingan seperti ini, khususnya di Anfield.

"Allianz Arena adalah sesuatu, tapi Anfield berbeda. Saya pikir atmosfer antara tim dan penonton adalah sesuatu yang tidak sering Anda temui di sepakbola."

Pengalaman Coquelin tentang sepakbola Inggris memang lebih dari cukup. Dia pertama kali dibawa Arsene Wenger ke London pada 2008. Sementara mantan pelatih Arsenal lainnya, Unai Emery, telah membawa kariernya ke level lain pada usia 30 tahun.

"Mereka adalah dua pria yang mencintai sepakbola, dua manajer hebat," katanya. “Mereka berdua fokus pada detail dan mereka melihat segalanya. Saya masih sangat muda ketika saya tiba di Arsenal. Jadi, Arsene Wenger seperti ayah kedua. Saya masih belajar di sini di Villarreal," pungkas Coquelin.

"Agar adil, Arsene (Wenger) bukanlah seseorang yang banyak bicara," katanya.

"Jika Anda ingin berbicara dengannya, Anda harus pergi dan mengetuk pintunya. Tapi, dengan kontak mata saja, Anda akan tahu apakah dia senang dengan Anda atau tidak," kenang Coquelin.

"Bukan hanya Arsenal yang melihat Paris Saint Germain," kata Coquelin. "Mereka tidak melakukan lebih baik daripada ketika dia (Emery) ada di sana. Sayangnya, kami tidak memiliki kesabaran dengan manajer. Dia pantas mendapatkan kredit besar dengan semua klub yang pernah dia ikuti."

Emery memang layak mendapat banyak pujian ketika timnya berhasil menyingkirkan Bayern di perempat final. Mereka berhasil melakukan itu ketika Bayern terlalu percaya diri, bahkan sampai diungkapkan secara terbuka.

"Semua orang di ruang ganti kami telah melihatnya di media dan itu memberi Anda sedikit gigitan ekstra," kata Coquelin. “Itu sedikit kurangnya kerendahan hati. Saya bisa mengerti sampai batas tertentu ketika Anda adalah tim yang lebih besar. Anda tidak melakukannya dengan sengaja, tetapi wajar untuk berpikir kami bermain melawan tim termudah (yang tersisa di kompetisi).”

“Saya pikir mereka menyadari di leg pertama bahwa itu akan lebih sulit, karena kami bisa mencetak tiga atau empat (gol). Saya pikir mereka (Bayern) akan belajar usai pertandingan pertama, tetapi kemudian di pertandingan kedua mereka melakukan hal yang sama," pungkasnya.

Dia masih merasa Villarreal tidak bisa boros seperti di laga pertama melawan Bayern.

“Liverpool lebih kuat dari Bayern. Mereka mungkin tim yang paling menekan di Eropa. Sulit untuk mengetahui di mana kelemahan mereka. Mereka kuat di seluruh lapangan dengan full-back yang bisa bermain seperti striker dan dua paraemain yang memperebutkan Ballon d'Or setiap tahun dalam diri Salah dan Mane," kata Coquelin.

"Mereka telah merekrut Luis Diaz dan dia menetap di tim seperti dia telah berada di sana selama lima tahun. Ini akan sulit, tetapi kami mendapat kepercayaan diri karena kami menyingkirkan Bayern dan Juventus. Kami memiliki impian di belakang kepala kami untuk mencapai final Liga Champions dan kami tidak pergi ke sana hanya untuk melihat-lihat Anfield," tambahnya.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network