Kisah Paradoks Barcelona: Tim Wanita Banjir Dukungan, Tim Pria Sepi

"Tampaknya fans Barcelona kini lebih senang nonton tim wanita."

Analisis | 25 April 2022, 02:24
Kisah Paradoks Barcelona: Tim Wanita Banjir Dukungan, Tim Pria Sepi

Libero.id - Ada perbedaan yang mencolok ketika dua tim Barcelona bermain di Camp Nou. Tampak jelas penggemar saat ini lebih memuja Barcelona Femeni ketimbang tim asuhan Xavi Hernandez.

Saat Barcelona menjamu Eintracht Frankfurt dan Cadiz, terlihat sangat jelas pemandangan di stadion. Banyak kursi kosong. Bahkan, saat melawan Frankfurt, 35.000 pendukung lawan bisa memadati stadion mengangalahkan sekitar 20 ribu pendukung tuan rumah. 

Tapi, lihatlah pada pertandingan tim wanita. Saat Barcelona Femene bermain dalam El Clasico edisi Liga Champions Wanita, Canp Nou memecahkan rekor penonton di sepakbola wanita. Saat itu, terdapat sekitar 91.553  orang memadati Camp Nou dan menyaksikan tim Catalonia itu mengalahkan Real Madrid 5-2.

Hebatnya, jumlah itu bertambah ketika pada hari Jumat (22/4/2022) saat Barcelona Femeni melawan VfL Wolfsburg Women di ajang yang sama. Penonton yang tercatat hadir 91.648 orang. Skor berakhir 5-1 untuk Barcelona, dengan Jenni Hermoso, Aitana Bonmati, Caroline Graham-Hansen dan Alexia Putellas menjadi pencetak gol. 

Atmosfer di stadion ketika itu mengingatkan pada hari-hari kejayaan tim putra Barcelona, lebih dari satu dekade lalu ketika Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi, Carles Puyol, hingga Victor Valdes masih eksis.

Para pendukung kemudian mengklaim tim Barcelona Femeni lebih baik dari tim pria. Di media sosial, puja-puji kepada tim wanita membahana. Bahkan, hingga beberapa hari kemudian. Bahkan, beberapa penggemar menekankan bahwa Barcelona Femeni jauh lebih pantas bermain di stadion terbesar di Eropa itu.  

"Akhirnya tim Barcelona yang layak di Camp Nou," tulis salah satu pendukung di Twitter. Yang lain bercanda bahwa Barcelona wanita bahkan bisa mengalahkan Manchester United besutan Ralf Rangnick: "Barcelona Femeni ini dapat mengalahkan tim pria Manchester United dan itu tidak bisa diperdebatkan".

Yang lain melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa Barcelona wanita akan mengalahkan Barcelona asuhan Xavi: "Barcelona wanita bermain lebih baik daripada Barcelona pria, dan itu bahkan bukan olok-olok".

Barcelona Femeni memiliki performa yang luar biasa. Mereka tak terkalahkan musim ini. Tapi, memecahkan rekor kehadiran untuk pertandingan sepakbola wanita dua kali berturut-turut dalam waktu sebulan adalah pencapaian yang mengejutkan bagi banyak orang. 

Fenomena berarti sepakbola wanita kini telah sejajar dengan pria. Ini menunjukkan level permainan maupun kualitas sepakbola wanita tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network