Momen Gol Chip Terbaik di Dunia? Karya Pemain AZ Alkmaar pada 2018

"Ceritanya berbeda kalau gol."

Analisis | 20 April 2022, 20:28
Momen Gol Chip Terbaik di Dunia? Karya Pemain AZ Alkmaar pada 2018

Libero.id - Mencetak gol merupakan urusan yang tidak semua pemain bisa melakukannya, apalagi mencetak gol dengan indah dengan menggunakan teknik.

Salah satu gol yang masuk dalam kategori itu adalah gol chip, proses gol ketika seorang pemain mencungkil bola dengan menggunakan ujung kakinya dan melewati gapaian tangan seorang kiper.

Jenis gol yang satu ini dilakukan dengan gaya seperti acuh tak acuh alias cuek, yakni tiba-tiba saja melayangkan bola di atas jangkauan kiper. Tak sedikit dari gol chip menghasilkan beberapa gol paling indah secara estetis dalam sejarah permainan tersebut.

David Beckham pernah melakukannya dari garis tengah atau Philippe Albert yang melakukan aksi chip dari tepi kotak penalti. Gol seperti itu hampir selalu membuat para penggemar berdiri kagum.

Tapi, kalau boleh memilih satu saja gol chip yang paling indah, maka sekiranya belum ada yang lebih baik daripada yang pernah dilakukan mantan gelandang AZ Alkmaar, Mats Seuntjens, di mana gol chip hasil karyanya menjadi berita utama internasional alias viral pada Desember 2018.

AZ Alkmaar vs PEC Zwolle

Momen indah itu terjadi dalam pertandingan AZ Alkmaar melawan PEC Zwolle di Piala KNVB, yang akhirnya berakhir dengan kemenangan 5-0 untuk tim tuan rumah di stadion AFAS.

Tapi, dari semua gol AZ Alkmaar, ada satu momen yang hampir menjadi gol kedua yang  tercipta pada menit ke-15. Itu merupakan momen yang paling banyak dibicarakan. Tidak cuma indah, gol itu disebut-sebut menentang hukum fisika.

Ketika menerima umpan dari sisi kiri tepat di luar garis penalti lawan, Seuntjens yang dikawal satu pemain bisa langsung melakukan sepakan pertama dengan men-chip bola meskipun lawan melakukan tekel.

Tetapi, bola hasil sepakan itu melayang di atas kepala kiper Zwolle yang memang sedikit maju dari pos jaganya. Kiper itu bahkan sampai melongo melihat bola itu, namun secara dramatis alih-alih masuk ke gawang bola memantul keluar garis gawang.

Jelas momen itu melawan hukum gravitasi yang ditemukan oleh Sir Isaac Newton.

Ketika orang-orang berharap sebuah gol tercipta, bola itu seperti menentukan nasibnya sendiri, bola memantul keluar dan menjauh dari garis gawang. Sekilas setengah lingkar bola sudah melewati garis, tetapi keputusan wasit berkata lain.

Permainan dilanjutkan dan penonton hanya melihat raut ekspresi tak menyangka dari sang kreatornya sendiri, Mats Seuntjens, dan kalau saja itu dihitung gol mungkin akan menjadi salah satu gol yang paling indah dalam kariernya.

Meskipun tak gol, hal itu tak mengurangi keindahan dari momen tersebut.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network