Panggil Irfan dan Ikhsan Fandi, Singapura Tak Main-main di SEA Games 2021

"Tampilnya bintang-bintang ASEAN bikin level SEA Games naik."

Analisis | 20 April 2022, 15:34
Panggil Irfan dan Ikhsan Fandi, Singapura Tak Main-main di SEA Games 2021

Libero.id - Asosiasi Sepakbola Singapura (FAS) telah mengumumkan daftar sementara 27 pemain yang berpeluang tampil di SEA Games 2021. Empat pemain senior dan dua yang berasal dari klub luar negeri jadi bagian skuad The Lions. Uniknya, kakak-beradik Irfan dan Ikhsan Fandi termasuk di dalamnya.

Berdasarkan hasil undian, Singapura tergabung di Grup B bersama Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Ini mengharuskan Pelatih Singapura U-23, Nazri Nasir, menampilkan skuad terbaik.

Dari total 27 pemain yang dipanggil, mayoritas akan mulai menjalani pemusatan latihan pada Senin (25/4/2022). Kemudian, saat tim berangkat ke Hanoi pada 4 Mei 2022, 20 pemain akan didaftarkan. 

Tapi, Irfan dan Ikhsan tidak akan bergabung dengan pelatihan terpusat karena komitmen klub yang berkelanjutan. Begitu pula Hami Syahin, Nur Adam Abdullah, dan Saifullah Akbar yang terlibat bersama Lion City Sailors di Liga Champions Asia. Mereka akan langsung terbang ke Hanoi.

Selain itu, dengan hanya diizinkan tiga pemain senior dalam skuad, salah satu dari Zaiful Nizam, Hami Syahin, Zulfahmi Arifin, atau Irfan akan tercoret. Tampaknya, Irfan akan mulus mengingat statusnya sebagai maskot dan kapten tim.

"Sebagian besar pemain adalah pemain muda dan senior sehingga mereka sudah akrab dengan gaya permainan kami. Kami akan menggunakan pelatihan terpusat untuk lebih membangun chemistry antara para pemain dan untuk melatih pola permainan sehingga anak-anak akan dapat menjalankan filosofi kami di lapangan," kata Nazri di situs resmi FAS.

"Para pemain yang lebih tua yang saya pilih juga akan cocok dengan sistem yang akan kami terapkan. Saya berterima kasih atas dukungan yang diberikan klub mereka untuk tujuan nasional," tambah Nazri.

Sayang, anak Fandi Ahmad lainnya, Ilhan, yang baru berusia 19 tahun, tidak akan ikut karena cedera. Begitu pula Farhan Zulkifli. Keduanya mengalami masalah saat membela klub masing-masing di Liga Premier Singapura.

"Sangat disayangkan Ilhan dan Farhan tidak akan berpartisipasi dalam SEA Games tahun ini. Tapi, ini akan menjadi kesempatan besar bagi pemain lain untuk melangkah dan membuktikan kepada saya bahwa mereka layak mendapat tempat di skuad final," ungkap Nazri.

Masuknya Fandi bersaudara dalam skuad otomatis akan membuat gengsi SEA Games kali ini naik. Pasalnya, Indonesia juga sudah memastikan tiga legiun klub asing, yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, Witan Sulaeman, dan Egy Maulana Vikri tampil. 

Sementara Vietnam memanggil Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, dan Nguyen Tien Linh. Mereka adalah tiga pemain senior yang sangat berpengalaman melawan Indonesia.

Tidak ingin ketinggalan dengan Indonesia dan Vietnam, Thailand juga sedang melobi Thanawat Suengchitthawon (Leicester City U-23), Ben Davis (Oxford United), dan Chanathip Songkrasin (Kawasaki Frontale). The Young Elephants juga bisa menggunakan skuad terbaik karena Thai League 1 akan libur selama SEA Games.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network