Bagaimana Hasilnya? 4 Pelatih Britania Raya di Real Madrid

"Legenda Wales yang gagal di periode kedua."

Analisis | 18 April 2022, 21:44
Bagaimana Hasilnya? 4 Pelatih Britania Raya di Real Madrid

Libero.id - Tidak ada yang meragukan bahwa Real Madrid adalah salah satu klub paling sukses di dunia. Bahkan, Los Blancos bisa dibilang sebagai klub terkaya hingga saat ini.

Sepanjang berdirinya klub raksasa Spanyol itu, pelatih dari berbagai negara pernah melatih di Real Madrid, termasuk Inggris. Pada catatan itu, setidaknya ada 4 pelatih Britania Raya yang pernah melatih di Santiago Bernabeu.

Mari kita lihat, siapa saja mereka dan bagaimana kariernya?

Arthur Johnson

Awalnya Arthur Johnson adalah seorang penyerang tengah di Real Madrid sebelum kemudian dia menjadi pelatih pertama klub itu pada 1910 dan memegang peran itu selama 10 tahun. Dia yang mendorong klub untuk mengadopsi seragam putihnya yang terkenal, terinspirasi oleh klub Egnlish Corinthian FC.

Selama menjadi pemain Los Blancos, dia pernah mencetak gol pertama di El Clasico, dan ketika menjadi pelatih, Johnson memenangkan 5 kejuaraan regional dan Copa del Rey.

Robert Firth

Selama 12 tahun setelah kepergian Johnson, Robert Firth adalah pelatih kedua asal Inggris Raya yang melatih Real Madrid. Dia dipanggil Los Blancos setelah  sukses membawa Racing Santander finis kedua di La Liga.

Meski sukses membawa Real Madrid merebut gelar La Liga, tapi dia hanya bertahan selama dua musim, berada di urutan kedua setelah memenangkan gelar dan kalah di final Copa del Rey 1934 dari Athletic Bilbao.

Pelatih kelahiran Birmingham itu kemudian meninggalkan klub, Firth tetap menjadi satu-satunya orang yang pernah bekerja untuk Port Vale dan Real Madrid.

Michael Keeping

Awalnya, Michael Keeping adalah seorang full-back Inggris yang bermain untuk Fulham, tetapi pensiun pada 1939 saat Perang Dunia Kedua dimulai. Tetapi, 9 tahun kemudian, dia kembali ke permainan sebagai pelatih Real Madrid.

Kariernya di Real Madrid cukup buruk. Di bawah asuhannya, Madrid kalah telak dari Deportivo La Coruna, Celta Vigo, Barcelona, hingga finish di bawah tiga besar dalam dua musim kepemimpinannya.

Keeping kemudian dipecat pada tahun 1950 melewati 78 pertandingan, dan 9 tahun kemudian bergabung dengan Poole Town di Liga Selatan.

John Toshack

Bisa dibilang John Toshack adalah salah satu Legenda sepakbola. Striker Wales itu menghabiskan sebagian besar hari-harinya bermain di Cardiff City dan Liverpool sebelum menjadi pemain hingga pelatih di Swansea City pada 1978.

Dia dengan cepat membuat namanya bersinar sebagai pelatih, memenangkan tiga promosi dalam empat musim, suatu prestasi yang jarang dimiliki oleh para pelatih sepakbola. Kepemimpinannya di Sporting dan Real Sociedad membuat Real Madrid tertarik untuk memboyongnya, dan dia dipekerjakan untuk masa kerja pertamanya di klub pada 1989.

Real Madrid kemudian menjadi tim terkuat di Spanyol pada saat itu, dan dia menambah kesuksesan mereka dengan memberi mereka gelar La Liga kelima berturut-turut.

Namun, Toshack kemudian dipecat pada musim berikutnya setelah awal yang buruk, tetapi kembali ke klub hampir satu dekade kemudian untuk menggantikan Guus Hiddink sebagai bos sementara.

Mantra di Besiktas dan tim nasional Wales terjadi di antara dua tugasnya, tetapi periode keduanya di Madrid lebih kacau dan kurang berhasil daripada yang pertama.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network