Mangkir Panggilan Timnas U-23, Shin Tae-yong Pastikan Ramai Rumakiek Out

"Sangat disayangkan! Pemain masa depan dengan kelakuan buruk."

Analisis | 17 April 2022, 21:00
Mangkir Panggilan Timnas U-23, Shin Tae-yong Pastikan Ramai Rumakiek Out

Libero.id - Tidak adanya respons dari Ramai Rumakiek terhadap pemanggilan yang dilayangkan PSSI untuk bergabung ke tim nasional Indonesia U-23 membuat Shin Tae-yong marah. Pelatih asal Korea Selatan tersebut memastikan Rumakiek tidak akan tampil di SEA Games 2021.

Rombongan Timnas U-23 saat ini berada Yeongdeok, Korea Selatan, untuk menjalani pemusatan latihan selama dua pekan. Rencananya, Garuda Muda akan melakoni dua laga uji coba melawan Pohang Steelers (23 April 2022) dan Daejeon Hana Citizen (27 April 2022).

Awalnya, timnas U-23 memanggil 29 pemain. Empat diantaranya pemain senior. Mereka adalah Irfan Jaya (Bali United), Fachruddin Aryanto (Madura United), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), dan Marc Klok (Persib Bandung). Nama terakhir adalah naturalisasi yang pemanggilannya sempat terkendala administrasi.

Selain itu. ada enam pemain yang berkarier di luar negeri dan belum bergabung. Mereka adalah Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Elkan Baggott (Ipswich Town), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan Witan Sulaeman (FK Senica). 

Tae-yong juga menambah tiga pemain dari timnas U-19 yang baru saja selesai menjalani TC di Negeri Ginseng. Mereka adalah Cahya Supriadi (Persija), Muhammad Ferarri (Persija), dan Kakang Rudianto (Persib). Jadi ,saat ini yang ikut pelatnas di Korea adalah 25 pemain.

View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

Dari 25 nama tersebut, tidak ada Rumakiek. Pemain muda Persipura Jayapura itu tidak memberikan tanggapan. Dan, itu benar-benar membuat staf pelatih timnas marah. Setelah Nova Arianto melontarkan kritik, kini giliran Tae-yong yang naik pitam.

Tanpa basa-basi, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut menghukum Rumakiek. "Belum ada konfirmasi saat ini (pemain abroad). Mungkin ada beberapa pemain yang bisa gabung ke sini (Korsel). Ada juga yang langsung gabung ke SEA Games. Nanti lihat saja," kata Tae-yong, di situs resmi PSSI.

"Rumakiek? Dia tidak bisa main di SEA Games. Kami sudah melayangkan surat pemanggilan. Dia tidak merespons sama sekali. Jadi, saya harus memberikan sanksi kepada Rumakiek," tambah Tae-yong.

Pencoretan Rumakiek tentu saja sangat disayangkan. Pasalnya, dia merupakan salah satu pemain muda yang memiliki masa depan cerah. Dan, lebih disayangkan lagi karena Rumakiek tidak memberi tanggapan. Dan, sebagai sosok yang mengedepankan kedisiplinan, Tae-yong tidak punya banyak opsi selain menghukum.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network