Bagaimana Kariernya? 5 Pemain Muda Arsenal yang Diberi Debut Unai Emery

"Banyak debut di Liga Europa."

Analisis | 15 April 2022, 14:10
Bagaimana Kariernya? 5 Pemain Muda Arsenal yang Diberi Debut Unai Emery

Libero.id - Selepas masa pemerintahan Arsene Wenger, Arsenal dilatih oleh pria asal Spanyol, Unai Emery, yang sekarang menjadi pelatih di Villarreal.

Namun, pelatih yang sukses membawa Villarreal menuju semifinal Liga Champions itu memiliki tugas yang tidak menyenangkan ketika menggantikan Wenger di Emirates pada 2018. Dia dipecat kurang dari 18 bulan bertugas di London Utara.

Selama masa kepemimpinannya di Arsenal, Unai Emery gagal memenuhi harapan sebagai bos The Gunners. Namun, dia memberikan peluang tim utama kepada beberapa lulusan akademi berbakat.

Kami telah melihat 5 pemain muda lulusan akademi yang dia berikan debut, tapi bagaimana kariernya hari ini?

Emile Smith Rowe

Emile Smith Rowe mendapatkan debut tim utama Arsenal pada awal masa kepemimpinan Unai Emery. Dia masuk dari bangku cadangan dalam pertandingan melawan Vorskla Poltava di Liga Europa pada September 2018.

Demi mendapatkan banyak pengalaman, Smith Rowe pernah dipinjamkan ke RB Leipzig dan Huddersfield Town. Pemain asal Inggris tersebut akhirnya berkembang pesat di bawah asuhan Mikel Arteta.

Smith Rowe menjadi pemain reguler Arsenal dan mendapat kepercayaan untuk mengenakan nomor punggung 10 di klub. Pemain berusia 21 tahun tersebut kini telah membuat 75 penampilan dan mencetak 17 gol serta sembilan assist untuk The Gunners.

Julio Pleguezuelo

Julio Pleguezuelo bergabung dengan Arsenal dari Barcelona tepat setelah berusia 16 tahun. Dia berharap bisa mengikuti jejak Cesc Fabregas dan Hector Bellerin di Emirates Stadium.

Namun, tidak semudah itu. Pleguezuelo membuat penampilan pertama dan terakhirnya untuk Arsenal saat melawan Blackpool di Piala Liga pada Oktober 2018.

Dia kemudian dilepas beberapa bulan kemudian. Pemain belakang berusia 25 tahun itu bergabung dengan tim Eredivisie, FC Twente, dengan status bebas transfer pada 2019. Dia sekarang sudah menjadi pemain reguler dan mencatatkan lebih dari 60 penampilan di klub.

Charlie Gilmour

Charlie Gilmour bergabung dengan akademi Arsenal pada usia enam tahun. Dia tampil pertama kali di tim utama The Gunners saat melawan Vorskla Poltava pada November 2018.

Setelah dilepas oleh The Gunners pada 2019, Gilmour bergabung dengan Norwich City sebelum dipinjamkan ke Telstar. Gelandang Skotlandia itu kemudian mengakhiri kontraknya dengan The Cannaries pada 2020.

Gilmour kembali ke negara asalnya, Skotlandia, bersama St Johnstone pada Februari 2021. Gilmour menghabiskan paruh pertama musim ini dengan status pinjaman di klub semi-profesional Alloa Athletic sebelum kembali ke klub asalnya pada Januari 2022.

Bukayo Saka

Bukayo Saka membuat debut di tim utama Arsenal dalam pertandingan Liga Europa melawan Vorskla Poltava pada 2018. Saat itu, Saka baru berusia 18 tahun, dia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-68 menggantikan Aaron Ramsey.

Cedera yang dialami Sead Kolasinac dan Kieran Tierney kemudian menjadi berkah tersendiri buat Saka. Bintang muda asal Inggris itu kemudian dipercaya menjadi pemain reguler di tim utama Arsenal. Kini, Saka menjadi salah satu pemain andalan Mikel Arteta di lini serang Arsenal. Sejauh ini pemain berusia 20 tahun tersebut sudah mencatatkan 123 penampilan dengan mencetak 21 gol dan 27 assist.

Zech Medley

Zech Medley bergabung dengan akademi Arsenal dari Chelsea pada 2016. Dia kemudian berkesempatan menjalani debut di tim utama The Gunners saat melawan Vorskla Poltava pada November 2018.

Medley sempat membuat dua penampilan lagi untuk Arsenal. Namun, sang bek tengah kemudian dipinjamkan Gillingham and Kilmarnock demi mendapatkan jam bermain lebih.

Arsenal akhirnya melepas Medley ke klub Belgia, KV Oostende, pada bursa transfer musim panas 2021. Namun, hingga sekarang pemain berusia 21 tahun tersebut belum dipercaya menjadi pemain inti dan baru tampil enam kali untuk klub.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network