Sulit Tembus Tim Utama Jadi Alasan Brylian Aldama Tinggalkan HNK Rijeka

"Ada kemungkinan bermain di Indonesia?"

Analisis | 14 April 2022, 12:38
Sulit Tembus Tim Utama Jadi Alasan Brylian Aldama Tinggalkan HNK Rijeka

Libero.id - Gelandang yang ikut membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 tahun 2018, Brylian Aldama menegaskan bahwa dialah yang meminta klub Liga Kroasia, HNK Rijeka untuk mengakhiri kontraknya sebagai pemain.

“Sejak saya tak lagi bermain di Kroasia, ada banyak berita miring tentang saya. Namun, saya menekankan, bahwa saya kembali ke Indonesia bukan karena saya dipulangkan. Sayalah yang meminta kontrak saya diputus,” ujar Brylian seperti dilansir dari Antara News.

Meski begitu, pemain berusia 20 tahun itu tidak bisa memberitahukan alasan di balik permintaannya tersebut.

Brylian Aldama sebelumnya dikontrak selama 18 bulan oleh HNK Rijeka. Eks pemain timnas U-16 dan U-19 Indonesia itu diperkenalkan pertama kali oleh klubnya pada awal April 2021.

Akan tetapi, Brylian sulit menembus tim utama dan akhirnya dipinjamkan ke klub Kroasia lain, NK Pomorac 1921 pada Agustus 2021 sebelum kontraknya dengan HNK Rijeka berakhir di tengah jalan, tepatnya pada Februari 2022.

Kini, setelah bertualang di Kroasia selama beberapa bulan, Brylian berstatus free agent. Namun, ia juga mengaku terus menjaga kondisi fisiknya dengan bantuan beberapa pelatih masa kecilnya.

Cukup lama tidak merasakan atmosfer pertandingan, Brylian pun langsung menerima tawaran Ilham Romadhona, yang pernah menjadi pelatih pendamping di tim Garuda Select, untuk bergabung dengan skuad U-20 Indonesia All Star yang berlaga di International Youth Championship (IYC) 2021 pada 13-19 April 2022.

Ilham sendiri yang melatih tim U-20 Indonesia All Star itu. Kebetulan, Brylian juga pernah memperkuat tim Garuda Select yang menimba ilmu di Inggris.

“Saya langsung bilang ‘iya’, ketika coach menawari saya untuk bergabung dengan Indonesia All Star. Saya memang membutuhkan pertandingan seperti ini, dengan atmosfer profesional. Sudah lama saya tidak merasakan laga yang layak seperti di IYC 2021,” ujar Brylian.

Ilham Romadhona menegaskan bahwa dirinya tidak pernah ragu dengan kualitas Brylian Aldama, pemain yang turut mengantarkan timnas U-16 Indonesia ke perempat final Piala Asia U-16 AFC 2018.

“Brylian masih ada dan belum habis. Dan masih banyak pula pemain seperti Brylian ini di liga Indonesia, mereka hanya belum mendapatkan kesempatan bermain saja,” ujar Ilham.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network