Kisah Shin Tae-yong Ajak Timnas U-19 Belajar Analisis Pertandingan

"Metode latihan yg benar-benar baru di indonesia"

Berita | 11 April 2022, 23:08
Kisah Shin Tae-yong Ajak Timnas U-19 Belajar Analisis Pertandingan

Libero.id - Shin Tae-yong benar-benar pelatih yang spesial. Ia bukan saja mengajari taktik dan teknik sepakbola dengan mendasar. Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan tak sungkan untuk berbagi ilmu soal analisis pertandingan.

Skuad Garuda diajak untuk menyelami makna pola berpikir seorang pelatih dalam membaca skema bermain. Dalam hal ini para pemain  Timnas Indonesia U-19, dilibatkan oleh Shin Tae-yong  untuk menganalisis pertandingan secara langsung. Hal itu berguna sebagai bekal bagi Garuda Muda dalam mengarungi laga-laga kedepannya.

Dimana saat ini seperti yang kita ketahui, Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan sedang menjalani pemusatan latihan sekaligus laga uji coba dengan tim-tim di Korea Selatan.

Dan dalam video yang diunggah di kanal PSSI Tv, pada Senin (11/4/). Tampak objek analisisnya adalah pertandingan Daegu FC vs Inchoen FC dalam laga lanjutan K League 1 2021-2022, laga itu sendiri digelar pada Selasa 5 April 2022 silam.

Tampak Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan berada di tribun. Mereka menonton langsung sembari menganalisis jalannya pertandingan layaknya seperti seorang pelatih ataupun asisten pelatih.

Dalam unggahan itu, Garuda Muda juga ditemani oleh salah satu staf pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto.

Para penggawa Garuda Muda muda tampak sangat serius saat menganalisis. Dan hasil analisis itu ditulis di dalam buku. Tapi ada juga satu dua pemain hanya bermodalkan sebuah kertas hasil meminta kepada rekannya.

Momen itu sekilas seperti tengah menjalani ujian sekolah. Ada yang tidak ingin di contek, tetapi ada juga yang bersedia menunjukkan analisisnya, seperti halnya Kakang Rudianto.

Terlepas dari itu, apa yang dilakukan Shin Tae-yong dalam hal ini tentu menjadi sesuatu yang baru, angin segar bagi persepakbolaan nasional, barangkali diantara para pemain itu ada yang akan jadi pelatih di masa depan. Dan Shin Tae-yong telah memberi sedikit modal kursus kepelatihan kecil-kecilan.

Semangat terus Garuda Muda.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network