Benarkah Mahatma Gandhi Pendukung West Ham United? Ini Kisahnya

"Sejak lama sepakbola menarik minat banyak orang di berbagai penjuru bumi."

Biografi | 10 April 2022, 17:05
Benarkah Mahatma Gandhi Pendukung West Ham United? Ini Kisahnya

Libero.id - Meski Liga Premier baru mulai digelar pada 1992, kompetisi sepakbola di Inggris sudah dimainkan sejak akhir abad 19. Jadi, wajar jika banyak orang terkenal dunia masa lalu yang mengenal dan mengidolakan klub-klub sepakbola Inggris. Salah satunya Mahatma Gandhi.

Dalam sejarah dunia, Gandhi dikenal luas karena perannya dalam memimpin gerakan sosial antikekerasan yang terbukti sukses untuk kemerdekaan India dari kekuasaan Inggris pada 1947. Metodenya menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Tapi, seperti manusia pada umumnya, Gandhi juga memiliki kegemaran terhadap sepakbola. Bahkan, dia juga memiliki sejarah yang cukup unik dengan olahraga ini.

Mantan pengacara itu memiliki andil dalam mendirikan tiga tim sepakbola di Afrika Selatan. Yang cukup mengejutkan penggemar Liga Premier adalah Gandhi ternyata menggemari West Ham United. Bahkan, dirinya menjadi penggemar fanatik The Hammers sejak muda. Kok, bisa?

Dalam sebuah buku yang ditulis Benjamin Roberts, yang berjudul: "Bottles-English Football's Boozy Story", terungkap fakta bahwa saat kuliah di London, Gandhi sering mengunjungi sebuah pub tempat para pendukung The Hammers berkumpul sebelum pertandingan.

"Ada laporan yang dapat dipercaya bahwa selama tinggal di Inggris, dia menghadiri beberapa pertandingan West Ham. Dia juga mengunjungi pub di Boleyn Ground (kandang lama West Ham). Di sana, dia bersosialisasi dengan fans West Ham sambil minum soda krim," tulis Roberts dalam bukunya. 

Gandhi memang tercatat pindah ke London untuk kuliah ilmu hukum di University College, London, pada akhir abad 19. Di sana, dirinya juga berteman dengan pendiri West Ham, Arnold Hills. Klub London Timur tersebut dibentuk pada 1895. Dan, di tahun-tahun itu, Gandhi banyak berhubungan dengan Hills dan beberapa pentolan West Ham lainnya.

Dalam tiga musim pertama setelah didirikan, West Ham berada di urutan kedua dan pertama Liga London. Kemudian, memenangkan Liga Selatan di Divisi II. 

Itu berarti Gandhi menikmati permainan terbaik West Ham pada masanya. Pasalnya, dalam buku tersebut juga diungkapkan tentang kebiasaan Gandhi yang ikut menyaksikan West Ham bertanding, baik saat kandang maupun tandang. Dan, tampaknya dia sangat menikmati pertandingan sepakbola ala The Hammers kala itu.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan West Ham United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network