Selamat Ulang Tahun!

Peringkat Bek Tengah Liverpool Setelah Era Carragher

"Nomor 10 sempat dijadikan striker."

Analisis | 09 April 2022, 19:22
Peringkat Bek Tengah Liverpool Setelah Era Carragher

Libero.id - Liverpool adalah salah satu klub Liga Premier yang sejak dulu dikenal memiliki lini pertahanan hebat. Namun, satu-satunya bek tengah Liverpool hingga sekarang belum bisa tergantikan kehebatannya adalah Jamie Carragher.

Sepanjang kariernya bersama The Reds, tidak ada yang meragukan kualitas Jamie Carragher di lini belakang. Setelah sang legenda pensiun pada 2013, The Reds butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan bek tengah tangguh.

Bahkan, Juergen Klopp merasa sulit untuk memilih lini belakang yang andal selama masa jabatan awalnya sebagai pelatih Liverpool.

Setelah membuat lebih dari 700 penampilan untuk Liverpool, legenda klub, Carragher, secara mengejutkan terbukti sebagai orang yang sulit untuk digantikan di jantung pertahanan setelah pensiun pada 2013.

Pada catatan itu, kami telah mengurutkan 12 bek tengah yang direkrut Liverpool sejak Carragher pergi, dari yang terburuk hingga terbaik.

12. Ben Davies

10 Foto Carli Lloyd, Pemain Sepakbola Wanita US yang Hat-trick di Final Piala Dunia 2015

10 Foto Carli Lloyd, Pemain Sepakbola Wanita US yang Hat-trick di Final Piala Dunia 2015

Bek tengah ini direkrut pada pertengahan musim dari Preston North End di tengah krisis cedera hebat Liverpool pada 2020/2021. Namun, Davies tidak pernah dimainkan oleh Juergen Klopp. Dia hanya berakhir di bangku cadangan pada beberapa kesempatan.

Dia saat ini dipinjamkan ke Sheffield United dan belum ada kejelasan mengenai masa depannya di Liverpool.

11. Tiago Ilori

Mengingat dua sepertiga penampilannya untuk Liverpool melawan Exeter di Piala FA 2015/2016, masa pengabdian Ilori di Liverpool kurang berkesan bagi suporter maupun semua orang yang ada di Anfield.

Dia dipinjamkan ke Granada, Girondins Bordeaux, serta Aston Villa. Setelah itu, Ilori dibuang ke Reading sebelum akhirnya pindah ke Sporting Lisbon pada 2019.

10. Steven Caulker

Liverpool mencoba Caulker dengan meminjam dari Queen Park Rangers (QPR) pada 12 Januari 2016. Caulker membuat debut di Liverpool pada 13 Januari 2016 saat bermain imbang 3-3 dengan Arsenal di Anfield. Saat itu, dia menggantikan Adam Lallana pada menit ke-87.

Untuk dua pertandingan liga berikutnya, kandang melawan Manchester United dan tandang melawan Norwich City, Caulker memasuki pertandingan pada menit ke-90.

Uniknya, dia dimainkan sebagai striker dan berkontribusi pada kemenangan setelah Lallana mencetak gol di menit terakhir.

9. Sepp van den Berg

Anak muda lain yang gagal tampil di liga hingga saat ini. Van den Berg muncul pertama kali dalam pertandingan Piala FA melawan Shrewsbury bersama setiap remaja lainnya di area Merseyside.

Saat ini dia masih berusia 20 tahun, masih ada peluang bagi pemain asal Belanda itu untuk naik ke skuad senior di tahun-tahun mendatang. Dia membuat lebih dari 50 penampilan Championship dengan status pinjaman di Preston, yang bisa membuktikan pengalaman yang berharga.

8. Mamadou Sakho

Waktu Sakho di Anfield dianggap sebagai bencana. Dimulai dari tindakan indisipliner meninggalkan stadion hingga melanggar aturan antidoping UEFA.

Puncaknya saat Klopp mengusir Sakho dari tur pramusim di Amerika Serikat akibat datang terlambat. Sebagai bek tengah, pemain yang kini berseragam Crystal Palace itu sangat mengecewakan.

7. Kolo Toure

Pada 28 Mei 2013, Liverpool mengumumkan mendatangkan Toure dengan status free agen dari Manchester City. Pada 13 Juli 2013, dia melakukan debut untuk Liverpool dengan kemenangan 4-0 dalam pertandingan persahabatan pramusim atas Preston North End.

Sejak itu, legenda Pantai Gading itu menjadi sosok yang kompeten dan populer di Liverpool antara 2013 dan 2016.

6. Ragnar Klavan

Klavan pernah gagal saat melakukan trial di Sunderland. Tapi, justru Liverpool mencium bakatnya. Sebagai bek dia bermain dengan kepercayaan diri tinggi. Tapi, setelah hanya merumput 39 kali di Liga Premier selama dua musim, Klavan dilepas ke Cagliari dan bermain hingga musim ini.

Tapi, dia pernah dinobatkan sebagai man of the match di Goodison Park pada 2016. Dia mencetak gol kemenangan di menit terakhir saat tandang di Burnley pada Januari 2018.

5. Ibrahima Konate

Pemain senilai 36 juta pounds (Rp 674 miliar) dari RB Leipzig harus menunggu waktunya untuk mendapatkan peluang, dan dia terlihat sangat meyakinkan saat berduet dengan Virgil van Dijk.

4. Joe Gomez

Mengejutkan bahwa Gomez telah berada di Anfield selama lima tahun. Didatangkan oleh Brendan Rodgers, Gomez telah berkembang menjadi bek yang bagus untuk klub dan negara.

Di usia yang baru 23 tahun, Gomez sudah mendapatkan beberapa trofi bergengsi. Sebut saja Liga Premier (2019/2020), Liga Champions (2018/2019), Piala Super Eropa (2019), dan Piala Dunia Antarklub (2019).

3. Dejan Lovren

Lovren dengan cepat menjadi buah bibir untuk pertahanan Liverpool. Dia adalah pemain belakang yang sangat tangguh selama bertahun-tahun. Pemain timnas Kroasia itu menjadi saksi dari kehebatan Liverpool saat menjuarai Liga Champions 2018/2019 dan Liga Premier 2019/2020. Setelah puas dengan trofi di Anfield, Lovren hijrah ke Zenit St Petersburg.

2. Joel Matip

Meski lebih rentan cedera, Matip telah membuktikan dirinya sebagai bek tengah yang bagus untuk Liverpool. Selain solid dalam bertahan, pemain internasional Kamerun ini juga memiliki kebiasaan mencetak 1 atau 2 gol setiap musim. Hingga musim ini, Matip masih menjadi salah satu pemain kepercayaan Klopp jika ada pemain inti yang cedera.

1. Virgil van Dijk

Jelas sekali, Bek tengah Belanda itu layak menempati peringkat no 1 dalam daftar ini. Van Dijk merupakan salah satu bek tengah terbaik yang dimiliki Liverpool di era Liga Premier. Dia menjadi sosok vital dalam skuad The Reds di bawah kepelatihan Klopp.

Bek asal Belanda tersebut didatangkan dari Southampton pada pertengahan musim 2017/2018. Sejak awal kedatangannya, dia dengan cepat beradaptasi dan menjadi bek tak tergantikan.

(atmaja wijaya/yul)




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=brcvchMQmow

Artikel Pilihan


Daun Media Network