Erik ten Hag Berikutnya? 8 Pelatih Belanda di Liga Premier

"Nomor 1 dianggap sebagai pelatih terburuk."

Analisis | 04 April 2022, 16:50
Erik ten Hag Berikutnya? 8 Pelatih Belanda di Liga Premier

Libero.id - Liga Premier adalah tempat peleburan ide sepakbola yang berbeda dari negara lain. Salah satu negara yang memiliki dampak terbesar di sepakbola Inggris tidak lain adalah Belanda.

Itu tidak mengejutkan. Belanda adalah negara sepakbola yang benar-benar berpengaruh dan telah memberikan ide-ide di dunia sepakbola seperti Total Football.

Semua orang tampaknya setuju bahwa nama berikutnya dalam daftar pelatih Belanda yang berpengaruh adalah Pelatih Ajax, Erik ten Hag. Dipuji karena gaya permainannya yang taktis dan penekanannya pada pemain muda, dia banyak dikaitkan dengan pekerjaan di Manchester United dan mudah untuk mengetahui alasannya.

Dia membawa Ajax ke semifinal Liga Champions, memenangkan banyak gelar, dan lebih mengesankan adalah membangun kembali skuad Ajax meskipun beberapa pemain terbaiknya direbut dari klub Eropa lainnya.

Tapi, apa yang bisa dia pelajari tentang Liga Premier dari rekan senegaranya yang telah mendahuluinya?

Kami telah melihat beberapa manajer Belanda di Liga Premier yang telah mencoba peruntungan di klub Inggris.

#1 Frank de Boer – Crystal Palace

Hanya empat pertandingan, nol poin, dan dicap sebagai "pelatih terburuk dalam sejarah Liga Premier" oleh Jose Mourinho. Karier De Boer di Inggris bukanlah waktu yang baik.

De Boer juga bukan manajer sementara, dia hanya mendampingi empat pertandingan Crystal Palace sebelum anggota dewan memutus kerja sama pada September 2017.

Dalam wawancara dengan The Independent, dia mengklaim bahwa Palace tidak memiliki kualitas pemain yang biasa dia kelola.

“Sering kali ketika Anda pergi ke klub, chemistry tidak benar-benar ada di sana,” katanya. “Itulah mengapa saya memainkan lima pemain di belakang (5-4-1), sangat defensif. Ini bukan taktik saya, tetapi saya harus melakukan ini dengan pemain yang saya miliki saat itu.”

Dia menjelaskan bahwa ada pemain ‘beracun’ yang tidak akan disingkirkan klub sebelum mengkritik Inggris dalam mengembangkan pemain muda. Namun, berusaha sekuat tenaga, yang bisa Anda dengar di belakang kepala Anda saat membacanya adalah suara Mourinho.

#2 Rene Meulensteen - Fulham

Meulensteen lebih dikenal sebagai pemain daripada sebagai manajer setelah menghabiskan banyak waktu sebagai pelatih dan manajer cadangan di Manchester United, di mana dia menjalin persahabatan dekat dengan Ole Gunnar Solskjaer.

Keduanya membahas ide dan taktik kepelatihan. Setelah Solskjaer pergi ke Molde untuk mencobanya sendiri dan pada 2013, Meulensteen juga mendapat terobosan besar ketika Fulham menunjuknya untuk menggantikan Martin Jol yang dipecat.

Dipekerjakan pada November, dia memperoleh 10 poin dari 13 pertandingan sebelum dipecat pada Hari Valentine pada 2014. Manajemen waktu itu berpikir Felix Magath dapat mempertahankan posisi Fulham di Liga Premier.

Dia tidak melakukannya dan Fulham terdegradasi pada akhir musim dengan finis di urutan ke-19. Meulensteen mungkin merasa dirugikan.

#3 Dick Advocaat – Sunderland

Advocaat memiliki karier 41 tahun yang luar biasa dalam manajemen sepakbola. Untuk konteksnya, itu lebih lama dari 39 tahun karier Sir Alex Ferguson dan 34 tahun Arsene Wenger.

Itu termasuk tiga tugas sebagai pelatih Belanda, waktu yang sukses dengan Rangers, dan tiga tahun dengan Zenit. Itu membuatnya menjadi warga kehormatan pertama St Petersburg sejak 1866.

Sebanyak 13 pertandingannya sebagai manager Sunderland pada 2015 tidak membuatnya cukup mendapatkan gelar kehormatan Mackem. Dia bergabung menjelang akhir musim 2014/2015 untuk menjaga The Black Cat tetap bertahan di Liga Premier.

Dia berhasil melakukannya dan kemudian memilih untuk menandatangani perpanjangan kontrak untuk satu musim yang terbukti menjadi kesalahan. Dia hanya berhasil bertahan sampai Oktober sebelum mengundurkan diri setelah timnya jatuh ke zona degradasi.

#4 Guus Hiddink – Chelsea

Hiddink memiliki rasio poin per pertandingan terbaik dari siapa pun di daftar ini. Dua periodenya di Chelsea sebagai manajer sementara menghasilkan 1,94 poin per pertandingan.

Dia juga menjadi yang pertama dalam daftar ini yang memenangkan trofi di Inggris, mengangkat Piala FA 2009 bersama Chelsea selama masa pemerintahan pertama yang membuatnya menggantikan Felipe Scolari. Dia hanya kalah sekali selama waktu itu, dan mencapai semifinal Liga Champions sebelum kembali ke posisinya sebagai manajer Rusia.

“Jika Anda bisa mendapatkan trofi ini, itu salah satu hal yang Anda impikan sebagai seorang manajer,” kata Hiddink sejak saat itu. “Saya pikir Piala FA adalah salah satu yang disukai semua orang.”

Hiddink kembali pada 2015 saat Chelsea dalam krisis. Dia mengambil alih tim menyusul kekacauan yang ditimbulkan oleh Mourinho yang membawa The Blues berada di posisi ke-16.

Pelatih Belanda itu memimpin naik ke posisi 10, tetapi tidak bisa mengulangi kesuksesannya memenangkan Piala FA.

#5 Louis van Gaal - Manchester United

Karier Van Gaal di Manchester United sangat legendaris. Bukan karena trofi, meskipun dia memenangkan Piala FA di pertandingan terakhirnya sebagai pelatih, tetapi karena kemampuannya yang lucu.

Apa yang lebih baik adalah dia tidak mungkin mencoba untuk menjadi lucu di tempat pertama. Apakah itu jatuh ke lantai di depan ofisial keempat, pidato mabuknya di upacara penghargaan klub, atau lebih baik lagi analisisnya tentang sado-masokisme kepada reporter yang tidak terduga, Van Gaal benar-benar menjadi box office.

Waktunya di Man United tidak berjalan sebaik yang diharapkan dan dia tidak memiliki banyak hal baik untuk dibanggakan sejak itu. Van Gaal baru-baru ini memperingatkan Ten Hag untuk menjauh dari pekerjaan itu.

“Erik ten Hag adalah pelatih hebat dan itu selalu bagus untuk Manchester United,” kata manajer berkebangsaan Belanda itu. “Manchester United adalah klub komersial, jadi itu pilihan yang sulit bagi seorang pelatih. Dia akan lebih baik pergi ke klub sepakbola (lain).”

Pernyataan yang memberatkan, dan mungkin sebagian besar penggemar Man United tidak setuju.

#6 Ruud Gullit – Chelsea dan Newcastle

Gullit adalah salah satu pemain Belanda terhebat yang pernah menghiasi lapangan, dan sesuatu ketika Anda mempertimbangkan kualitas pemain yang datang dari negara ini.

Karier manajemennya dimulai ketika Glenn Hoddle meninggalkan Chelsea pada 1996 dan dia menjadi pemain-manajer. Musim itu, dia memimpin Chelsea ke Piala FA, menjadi manajer kulit hitam pertama yang memenangkan trofi utama di sepakbola Inggris.

Tapi, dirinya dipecat di tahun berikutnya dan kemudian mengambil alih Newcastle pada 1998. Gullit mencapai final Piala FA pada 1999 dan kalah dari Manchester United yang sedang dalam perjalanan untuk meraih treble.

Waktunya di Tyneside terkenal karena perseteruannya dengan Alan Shearer, dan dia mengundurkan diri lima pertandingan sebelum dimulainya musim 1999/2000.

“Ruud Gullit tidak memiliki pengalaman untuk berurusan dengan kepribadian pemain di ruang ganti saat itu,” kata mantan Legenda Magpies, Nobby Solano.

“Dia menilainya dengan mentalitas pemain. Tentu saja, dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia, tetapi dia tidak memikirkannya seperti seorang manajer.”

#7 Ronald Koeman – Southampton dan Everton

Koeman adalah salah satu pemain terbaik di generasinya, dan sebagai manajer dia meraih banyak kesuksesan dengan memenangkan beberapa trofi.

Tapi, tiga tahun di Inggris, pertama dengan Southampton dan kemudian Everton menjadi roller-coaster dalam kariernya.

Bersama Southampton dia brilian, memimpin mereka ke urutan keenam Liga Premier musim 2015/2016. Koeman membantu mereka lolos ke babak grup Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Tapi, dia sendiri tidak pernah membawa mereka ke Eropa. Dia pergi pada musim panas 2016 dan menggantikan Roberto Martinez sebagai manajer Everton.

Itu dimulai dengan baik, dan Everton mengamankan kualifikasi Liga Europa di musim pertamanya. Namun, Koeman menghabiskan 150 juta pounds (Rp 2,8 triliun) di dua jendela transfernya. Pada Oktober 2017, mereka berada di zona degradasi. Koeman pun secara mengejutkan dipecat.

#8 Martin Jol – Tottenham dan Fulham

Dengan 276 poin, Jol telah mengumpulkan poin terbanyak dari pelatih Belanda lainnya dalam sejarah Liga Premier.

Itu mungkin tidak mengejutkan mengingat dia mengelola pertandingan Liga Premier paling banyak dari siapa pun di daftar ini, bertanggung jawab atas 201 pertandingan untuk Spurs dan Fulham.

“Kami memiliki tim yang hebat, tim muda enam atau tujuh pemain internasional muda,” kata Martin Jol saat masih di White Hart Lane.

“Spurs bagi saya adalah klub spesial. Saya adalah penggemar Spurs sejak awal. Jika Anda melihat cerita tentang saya, Anda akan melihat, misalnya, saya pergi ke Spurs sebagai manajer, tetapi saya memberi tahu orang-orang ketika saya masih muda, saya selalu menjadi penggemar Spurs."

“Saya tidak mengada-ada, itu benar. Saya adalah penggemar berat Jimmy Greaves.”

Waktunya di Fulham juga baik-baik saja. Bergabung pada 2011, Jol mempertahankan mereka di Liga Premier di kedua musim penuhnya, tetapi dipecat di pertengahan musim ketiganya setelah penampilan yang buruk.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network