Mengapa Banyak Pengamat Jagokan Brasil di Piala Dunia 2022? Ini Analisisnya

"Brasil banyak diunggulkan menjuarai Piala Dunia 2022. Inilah faktornya."

Analisis | 04 April 2022, 20:34
Mengapa Banyak Pengamat Jagokan Brasil di Piala Dunia 2022? Ini Analisisnya

Libero.id - Drawing Piala Dunia 2022 sudah dilakukan, akhir pekan lalu. Sekarang hingga November-Desember nanti, banyak orang yang membuat ramalan tentang negara yang akan menjuarai turnamen. Uniknya, banyak pengamat yang menjagokan Brasil.

Untuk bisa menggelar turnamen sepakbola empat tahunan itu, Qatar sudah menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Meski banyak kritik, sejumlah stadion berkelas mereka siapkan. Negeri di Jazirah Arab itu sudah sudah memastikan siap menyambut jutaan pengunjung.

Seperti edisi-edisi sebelumnya, dan sambil menunggu turnamen berlangsung, berbagai macam prediksi juara bermunculan. Uniknya, banyak pihak yang ternyata menilai Brasil memiliki peluang paling besar untuk juara

Brasil dinilai sebagai kandidat favorit dengan sejumlah alasan. Pertama, Selecao melangkah ke Piala Dunia  dengan meyakinkan. Neymar dkk memenangkan 14 dari 17 pertandingan di CONMEBOL. Kedua, Brasil punya tradisi bagus. Ketiga, saat Piala Dunia digelar di Asia, mereka yang juara.

Namun, dari semua faktor, yang paling membuat Brasil diunggulkan adalah kedalaman skuad. Brasil memiliki dua hingga tiga pemain berkualitas untuk masing-masing posisi.

1. Penjaga gawang

Brasil memiliki dua kiper terbaik di dunia, yang saat ini berkarier di klub elite Liga Premier. Mereka adalah Alisson Becker dari Liverpool dan Ederson Moraes (Manchester City).

Tak kalah berpotensi, kiper ketiga Brasil juga punya pengalaman segudang dan prestasi yang sangat pantas ditunjukkan. Dia adalah Weverton. Dia adalah penjaga gawang Palmeiras. Tahun lalu, klub tersebut menjuarai Copa Libertadores. Palmeiras juga dikalahkan Chelsea pada final Piala Dunia Antarklub.

2. Lini pertahanan

Komposisi bek Brasil sangat menjanjikan. Ini gabungan pemain-pemain dengan level dunia. Ada palang pintu Juventus, Danilo. Ada lagi bek berpengalaman Daniel Alves. Kemudian, ada rekan setim Danilo di klub, Sandro. Satu lagi, Alex Telles dari Manchester United.

Brasil juga memiliki empat opsi solid di jantung pertahanan dengan Thiago Silva, Marquinhos, Gabriel, dan Eder Militao. Semuanya bersaing untuk mendapatkan tempat utama di Piala Dunia dengan pengalaman dan jam terbang kompetisi Eropa yang membanggakan.

3. Lini tengah

Ingin bermain dengan skema apa pun, Brasil tidak akan kesulitan membentuk lini tengah yang solid. Itu karena orang-orang seperti Casemiro, Fred, atau Fabinho. Ada pula Bruno Guimaraes, Douglas Luiz, hingga Arthur Melo. Jadi, Tite sebagai pelatih timnas tinggal pilih sesuai kebutuhan.

4. Lini serang

Lini ini mencakup gelandang serang, sayap, dan penyerang. Dalam hal ini, Brasil adalah gudangnya. Untuk penyerang sayap kiri misalnya, kemungkinan jadi milik Vinicius Junior, yang menikmati musim fantastis di Real Madrid. Tapi dia memiliki persaingan ketat dari Gabriel Martinelli (Arsenal) dan Matheus Cunha (Atletico Madrid).

Libero.id

Prediksi starting line-up Brasil di Piala Dunia 2022.

Di sebelah kanan, Raphinha dari Leeds United tampil mengesankan di panggung internasional dan bisa menjadi starter di depan pemain muda Ajax Amsterdam, Antony, atau dan Rodrygo Goes (Real Madrid).

Untuk gelandang serang atau second striker, Brasil punya Neymar, Lucas Paqueta, hingga Philippe Coutinho. Salah satu atau ketiganya, bisa mendukung penyerang tengah sekelas Roberto Firmino (Liverpool), Gabriel Jesus (Manchester City), atau Richarlison (Everton).

Dengan materi lini depan seperti itu, Brasil diyakini tidak akan sulit mengalahkan Serbia, Swiss, dan Kamerun di Grup G. Jika mereka memenangkan grup itu, Portugal, Ghana, Korea Selatan, atau Uruguay menanti dari Grup H.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network