Peringkat 5 Favorit Juara Piala Dunia 2022 versi Sportkeeda

"Namanya ramalan, boleh percaya boleh tidak. Kalau menurut anda siapa juaranya?"

Analisis | 04 April 2022, 19:15
Peringkat 5 Favorit Juara Piala Dunia 2022 versi Sportkeeda

Libero.id - Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada November-Desember di Qatar. Hampir semua tim yang berpartisipasi telah ditentukan, kecuali tiga tim yang masih akan bertarung di play-off.

Fakta menunjukkan, 29 dari 32 tim telah mengamankan tempat. Sebagian besar raksasa sepakbola dunia telah lolos ke turnamen empat tahunan itu, kecuali Italia. Ini adalah kali kedua berturut-turut Gli Azzurri gagal lolos. Padahal, juara bertahan Piala Eropa itu memiliki skuad bertabur bintang.

Tanpa Italia, sebagian besar tim terkenal berhasil mencapai Piala Dunia. Tapi, siapa diantara mereka yang paling kuat? Siapa yang paling dominan dalam perjalanan mereka ke Piala Dunia? Dan, siapa yang kemungkinan besar akan berpesta di podium tertinggi?

Nah, berikut ini 5 negara favorit menjuarai Piala Dunia 2022 versi Sportkeeda:

5. Spanyol

Spanyol telah menjadi raksasa Eropa yang tertidur dalam dekade terakhir. Dan, mereka tampak lebih tangguh di bawah Luis Enrique. Itu dibuktikan La Furia Roja dengan berhasil mencapai semifinal Euro 2020 pada musim panas lalu sebelum tersingkir melalui adu penalti melawan Italia.

Tim Matador juga melaju ke final UEFA Nations League, Oktober tahun lalu. Spanyol sukses memangkas 37 pertandingan tak terkalahkan milik Italia di semifinal untuk memulai pertarungan dengan Prancis. Tapi, mereka akhirnya kalah dari Les Bleus.

Saat ini, Spanyol memiliki skuad bertabur bintang dengan perpaduan pemain berpengalaman dan muda yang hebat. Mereka memiliki banyak pilihan di lini tengah mulai dari Sergio Busquets, Thiago Alcantara, Fabian Ruiz dan Rodri, hingga Pedri serta Gavi.

Jadi, jika sedikit beruntung, Spanyol bisa berpesta di Qatar. Jika kurang beruntung, mereka bisa sampai di semifinal atau terhenti di final.

4. Argentina

Ini mungkin menjadi Piala Dunia terakhir untuk Lionel Messi. Dia telah mengalami musim yang sulit bersama Paris Saint-Germain (PSG), sehingga  ada perasaan bahwa kekuatannya mulai berkurang.

Tapi, musim tahun panas lalu, La Pulga memimpin La Albiceleste di Copa America dengan kemenangan. Dia mencetak empat gol dan memberikan lima assist sehingga layak dinobatkan sebagai Pemain Terbaik. Dia juga memenangkan Sepatu Emas di turnamen tersebut.

Yang jauh lebih penting bagi Argentina saat ini adalah Lionel Scaloni memiliki skuad kompetitif. Meski Messi tetap menjadi tokoh kunci, gaya permainan La Albiceleste tidak "Messidepencia" (tergantung kepada Messi). Scaloni punya permainan yang jauh lebih kolektif dibanding era kepelatihan sebelumnya.

3. Inggris

Inggris selalu masuk daftar juara versi media-media Inggris. Bahkan, tak jarang menempatkannya di peringkat tertinggi. Itu normal karena media-media olahraga di Inggris cenderung hiperbola dalam memberitakan kiprah The Three Lions.

Tapi, untuk Piala Dunia di Qatar, apa yang diungkapkan pers Inggris bukan lagi hiperbola. Itu karena status pasukan Gareth Southgate sebagai finalis Euro 2020. Tanpa Italia di Jazirah Arab, tentu saja status Inggris meningkat sebagai tim terbaik Eropa.

2. Prancis

Prancis tampak terhuyung-huyung menjalani Euro 2020. Mereka harus kena comeback Swiss lewat sebuah "blitzkrieg" di babak 16 besar. Les Bleus menyerah melalui melalui adu penalti, dan tersingkir dengan memalukan pada sebuah turnamen yang sangat difavoritkan.

Tapi, ini Piala Dunia. Prancis masih memiliki skuad yang hampir sama seperti saat menjuarai edisi 2018. Jadi, menempatkan Prancis sebagai calon juara turnamen di Qatar tidak berlebihan.

1. Brasil

Brasil adalah tim yang paling dominan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Mereka memenangkan 14 dari total 17 pertandingan dan tetap tak terkalahkan. Neymar Jr dkk memiliki selisih gol +35 dan hanya kebobolan lima gol. Mereka juga memecahkan rekor Argentina dengan raihan poin terbanyak di kualifikasi dengan 45 poin.

Selecao diberkati dengan beberapa pemain hebat di semua sektor lapangan. Mereka memiliki beberapa penyerang luar biasa seperti Vinicius Jr dan Antony. Keduanya diperkirakan akan membentuk trio penyerang mematikan bersama Neymar.

Brasil juga memiliki lini tengah yang solid. Mereka punya pemain-pemain seperti Casemiro, Fabinho, Fred, Arthur Melo, hingga Lucas Paqueta. Jika Coutinho terus memanfaatkan performa bagus di Aston Villa, berarti satu pemain bagus lagi akan ikut terbang ke Qatar.

Untuk pertahanan, Brasil punya dua kiper papan atas Liga Premier, Ederson Moraes dan Alisson Becker. Sementara di pertahanan ada Thiago Silva, Eder Militao, Danilo, Alex Telles, Marquinhos, hingga Dani Alves. Jadi, siapa yang bisa meragukan negara ini?

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network