4 Fakta Unik Stadium 974, Stadion Piala Dunia 2022 dari Kontainer

"Ada banyak hal berbeda dari stadion ini. Apa saja itu? Ini profilnya!"

Biografi | 03 April 2022, 19:17
4 Fakta Unik Stadium 974, Stadion Piala Dunia 2022 dari Kontainer

Libero.id - Salah satu stadion yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 adalah Stadium 974. Venue berkapasitas 40.000 kursi tersebut sangat unik karena menggunakan angka sebagai nama.

Sebelumnya, Stadium 974 dikenal sebagai Ras Abu Aboud Stadium. Stadion itu merupakan arena pertandingan ketujuh yang siap untuk menggelar Piala Dunia pertama di Jazirah Arab. Stadion ini akan melengkapi Khalifa International, Al Janoub, Education City, Ahmad Bin Ali, Al Bayt, dan Al Thumama.

Menurut rencana, Stadium 974 akan menjadi tuan rumah untuk total enam pertandingan. Beberapa diantaranya pertandingan menarik seperti Argentina melawan Polandia, Prancis menghadapi Denmark, Brasil bertemu Swiss, hingga Portugal kontra Ghana.

Nah, berikut ini 4 fakta unik stadion kareya Fenwick Iribarren Architects itu:

1. Dibangun dari bahan bekas dan bisa bongkar pasang

Stadium 974 dibangun menggunakan kontainer pengiriman baja bekas. Jumlah kontainernya, 974 buah. Selain itu, +974 juga merupakan kode panggilan internasional Qatar. Jadi, itulah yang dipilih untuk stadion yang terletak di distrik Ras Abu Aboud di dekat Bandara Internasional Hamad, Bandara Doha, dan Pelabuhan Doha.

Ini menjadi stadion pertama dalam sejarah yang sepenuhnya dapat dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Satu-satunya stadion tanpa air conditioner (AC)

Salah satu fitur yang paling membedakan dari venue stadion ini adalah teknologi pendingin alami yang akan menjaga suhu di dalam stadion tetap optimal, baik untuk para penggemar maupun para pemain.

Itu berarti, Stadium 974 akan menjadi satu-satunya tempat Piala Dunia yang tidak memiliki teknologi pendingin ruangan (air conditioner). Mereka tidak membutuhkannya. Sebab, desainnya sangat inovatif. Stadion ini memiliki ventilasi alami karena lokasinya angat dekat dengan laut.

3. Sangat mudah diakses

Mengakses Stadium 974 seharusnya mudah bagi para penggemar. Sebab, lokasinya memang sangat strategis. Stadion ini terletak dalam jarak 4 km dari Bandara Internasional Hamad. Juga sangat dekat dengan Bandara Doha dan Pelabuhan Doha.

Venue ini juga mudah diakses menggunakan Doha Metro. Stadion ini terletak dalam jarak 800 m dari Stasiun Ras Abu Abboud di jalur emas metro. Bepergian ke sana ke mari dari stadion untuk Piala Dunia harus menjadi hal yang menyenangkan bagi para penggemar.

4. Menjadi penyelenggara turnamen unik

Stadium 974 akan jadi tuan rumah Influencer Cup. Itu adalah turnamen untuk pembuat konten dari berbagai belahan dunia yang berlangsung di Doha, Qatar, pada 28-29 Maret 2022. Acara ini diselenggarakan oleh Qatar Supreme Committee for Delivery and Legacy .

Turnamen itu juga akan mengumpulkan Duta Warisan Qatar dan Legenda FIFA lainnya seperti Cafu, Samuel Eto'o, Tim Cahill, Javier Mascherano, Lothar Matthaeus, hingga Marcel Desailly. Di antara para peserta, influencer terkenal seperti Billy Wingrove, Sean Garnier, Werevertumorro, dan Morena Beltran.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network