10 Pesepakbola yang Sebaiknya Tidak Ditantang Duel

"Nomor 2 sampai masuk jeruji penjara."

Analisis | 01 April 2022, 20:18
10 Pesepakbola yang Sebaiknya Tidak Ditantang Duel

Libero.id - Sepakbola adalah permainan rasa hormat dengan semua orang menjujung tinggi sportivitas. Bahkan, itu telah menjadi motto dalam olahraga ini.

Sikap itu tentu saja dijunjung tinggi oleh setiap pesepakbola. Namun, segala hal dapat terjadi di lapangan. Beberapa pemain tidak mudah untuk tenang dan menjaga emosi tetap stabil, terlebih ketika tim mereka sedang mengalami kekalahan.

Ketika intensitas permainan datang mulai memanas, di mana seseorang dapat dengan mudah kehilangan ketenangannya dan bereaksi tanpa memikirkan konsekuensinya, baik itu karena marah, frustrasi atau emosi. Hal ini sama sekali tidak dapat dibenarkan walau itu tidak jarang terjadi.

Pada catatan itu, kami telah melihat beberapa pemain dengan temperamen pendek dengan mudah kehilangan kendali dan berkomitmen pada konfrontasi yang tidak diinginkan. Tindakan ini biasanya berbahaya bagi reputasi mereka.

Untuk itu, sangat disarankan agar sebaiknya jangan menantang duel dengan pemain seperti ini.

1. Sergio Ramos

Mantan bek Real Madrid, Sergio Ramos, terkenal dengan temperamennya yang mudah berubah di lapangan sepakbola. Selama pertandingan, pemain timnas Spanyol itu sering melakukan tekel gegabah dengan sengaja.

Meskipun kami telah melihat Ramos banyak mengubah permainannya baru-baru ini dan lebih berkonsentrasi pada aspek teknis bertahan, tapi melupakan soal dia adalah bek dengan yang sering membuat tekel sulit untuk dilupakan.

Rekor jumlah kartu merah tidak membantunya sedikit pun. Siapa yang bisa melupakan El Clasico di era Jose Mourinho di Real Madrid? Pemain yang saat itu berusia 28 tahun terlibat dalam beberapa bentrokan fisik, dan secara mengejutkan dengan rekan satu tim internasionalnya termasuk Carles Puyol, Xavi, David Villa.

Cukup jelas bahwa dia kehilangan kekuatan untuk mengenali orang yang berselisih dengannya, terlepas dari fakta bahwa mereka mungkin seseorang yang akrab.

2. Joey Barton

Joey Barton sering disebut sebagai anak nakal sepak bola Inggris. Dia sering menjadi berita karena perkelahian yang tidak berarti.

Mantan gelandang QPR dan Newcastle itu sering diskors karena tampilan sportivitasnya yang buruk di lapangan. Dia juga pernah menjalani hukuman penjara karena menyerang orang dan berkelahi di jalanan.

Salah satu ledakan rasa frustrasi yang paling menonjol dari sang gelandang terjadi pada 2012 di hari terakhir musim Liga Premier melawan Manchester City.

Striker Man City, Sergio Aguero, menjadi sasaran pelepasan kemarahannya saat dia menendang pemain Argentina itu dari belakang dan membuat dirinya diusir. Pertandingan dimenangkan secara dramatis oleh Man City dan mengangkat trofi Liga Premier.

3. Franck Ribery

Franck Ribery dari Bayern Muenchen adalah pemain lain yang bisa menjadi sosok yang menakutkan, terutama ketika dia tidak memiliki hari yang baik di lapangan. Orang Prancis itu bisa terlihat jelek saat kalah.

Ada laporan tentang dia meninju rekan setimnya, Arjen Robben, di ruang ganti setelah dia berselisih dengan pemain sayap Belanda tersebut.

Ribery juga kehilangan kesabaran saat melawan Real Madrid di leg kedua semifinal Liga Champions, di mana dia menampar bek Daniel Carvajal yang sedang bermain bagus dan Ribery memutuskan untuk menggertak bek kanan Spanyol tersebut.

Tekel gegabah, kehilangan akal, dan menyerang lawan-lawannya. Ribery memasukkannya ke dalam cara bermainnya.

4. Francesco Totti

Penyerang veteran Italia itu melakukan tekel keras saat dia dengan kejam menendang Mario Balotelli dari belakang selama pertandingan Coppa Italia antara Roma dan Inter Milan.

Sebuah tendangan yang bisa dengan mudah mengakhiri karier Super Mario, Totti kemudian menyadari kesalahannya dan mengaku ingin memberikan sepatu kepada rekan senegaranya itu.

Dia kemudian mengungkapkan bahwa dia berpikir untuk berhenti dari sepakbola setelah insiden itu, tapi ini bukan insiden pertama dalam buku harian kegilaan Totti.

Pemain berusia 37 tahun itu sengaja menginjakkan kakinya ke arah lawan, meludahi pemain, dan bahkan meninju kiper karena marah.

5. Diego Costa

Sepanjang kariernya di Atletico Madrid, Costa dikenal sebagai penyerang yang sering memanjakan dirinya dalam konfrontasi fisik, tetapi tanpa membuat dirinya dikeluarkan dari tindakannya.

Momen yang paling terkenal mungkin dalam derby Madrid, saat bermain melawan Real Madrid di mana dia terus-menerus melawan Pepe dan Sergio Ramos, bahkan meludah dan mencoba memprovokasi secara fisik duo bertahan Los Blancos tersebut.

Dia telah membawa permainan pertarungannya ke Liga Premier setelah dia bergabung dengan Chelsea. Konfrontasi terakhirnya adalah melawan pemain Manchester City, Pablo Zabaleta, yang kembali mendapat kartu merah saat dia lolos. Diego Costa memang dikenal piawai dalam membuat drama di lapangan.

6. Wayne Rooney

Rooney telah menjadi fans tinju sejak sekolah dasar, bahkan sempat mengikuti pelatihan selama 3-4 tahun. Dia mengungkapkan beberapa waktu lalu bahwa tinju profesional sebagai pilihan karier cadangannya jika sepakbola tidak berhasil untuknya.

Dia juga mengakui bahwa tinju telah membantunya menjadi pemain yang lebih baik di lapangan.
Kapten Manchester United itu jauh dari sosok yang mencari masalah di lapangan. Tetapi, ketika dia kehilangan kesabaran, dia bisa menjadi sangat kejam. Tanyakan saja kepada pemain sayap West Ham United, Stewart Downing, yang pernah menjadi korban.

7. Mario Balotelli

Mario Balotelli adalah salah satu kepribadian paling gila yang pernah ada dalam sepakbola, bahkan mungkin tidak hanya di sepakbola tetapi di olahraga apa pun.

Penyerang Italia itu telah menciptakan kontroversi di mana pun dia menginjakkan kaki dan tidak pernah berhenti menghibur orang dengan kejenakaannya.

Dia adalah salah satu anak nakal di sepakbola. Bertengkar karena perselisihan adalah sesuatu yang sering dilakukan Balotelli. Dia telah terlibat dalam perkelahian di tempat latihan, perselisihan ruang ganti, dan pertengkaran di lapangan dengan rekan satu timnya, bahkan pelatihnya.

Balotelli telah bermain di beberapa klub di liga yang berbeda dalam kariernya dan dia telah menjadi ancaman bagi timnya lebih dari lawan. Fans Liverpool tahu persis apa yang harus dilakukan dan memiliki pikiran untuk menahan Balotelli saat mengetahui kegemarannya bereaksi terhadap kekerasan.

8. Luis Suarez

Striker Uruguay, Luis Suarez, bisa dibilang sebagai pemain kelas dunia. Dia adalah salah satu pemain paling berbahaya di dunia untuk dilawan. Pasalnya, dia punya serangan tersendiri jika sudah emosi, apalagi kalau bukan menggigit.

Mantan pemain Liverpool itu telah menggigit sebanyak tiga pemain dalam kariernya, itu dimulai saat Ajax melawan PSV Eindhoven (Bakkal), kemudian di Liverpool melawan Chelsea (Ivanovic), dan di Piala Dunia di Brasil melawan Italia (Chiellini).

Tidak ada yang bisa menjelaskan atau mendukung tindakan anehnya di lapangan yang sejujurnya telah membuat dunia sepakbola bingung.

Meskipun dia telah dihukum atas perbuatannya dan meminta maaf untuk hal yang sama sebanyak tiga kali, dilihat dari pengulangan yang terjadi, tidak ada jaminan ketika Suarez memutuskan untuk mengeluarkan giginya dan menggigit lagi.

9. Pepe

Bek tengah Portugal, Pepe, telah terlibat dalam begitu banyak pertengkaran di lapangan selama kariernya sehingga para fans menjulukinya sebagai ‘The Animal’.

Sejak kepindahannya ke Real Madrid dari Porto, sang bek telah membangun reputasi sebagai orang yang gaduh dalam cara menghentikan serangan lawan.

Siapa yang bisa melupakan insiden memalukan melawan Getafe di 2008/2009 di mana Pepe mendapat larangan 10 pertandingan karena terus-menerus menendang lawan yang sudah jatuh ke tanah.

Dalam beberapa kasus, pemain berusia 31 tahun itu dengan sengaja melakukan pelanggaran yang membuatnya pantas mendapatkan kartu kuning.

Dengan pertarungan melawan pemain bintang seperti Lionel Messi (banyak kesempatan selama  El Clasico) dan Thomas Muller (di Piala Dunia 2014), seseorang selalu dapat mengandalkan Pepe untuk melakukan sesuatu atau yang lain dan membuat keributan yang tidak diinginkan di lapangan.

10. Zlatan Ibrahimovic

Pemain asal Swedia itu sukses berkarier sebagai pesepakbola. Dia bermain untuk beberapa klub terbesar di Eropa seperti Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris St-Germain, dan Manchester United.

Namun, masalah pribadinya yang suka berkonflik, hingga melibatkan pelatih, pertengkaran dengan wasit, pertengkaran di tempat latihan dan kutipan kontroversial di media telah membuat Ibrahimovic mendapat tempat di daftar ini.

Dia sering dituduh mengejar kesepakatan uang besar dan kurangnya loyalitas terhadap klub mana pun telah menjadi sumber kritik yang konstan. 

Dia termasuk dalam daftar pesepakbola yang memiliki merek dagang nama mereka. Ibrahimovic membiarkan golnya berbicara untuknya dan tendangan volinya melawan Inggris untuk tim nasional Swedia tidak akan pernah bisa dilupakan.

Namun, Trofi Liga Champions terus menghindari pemain kontroversial yang tidak pernah mundur dari pertarungan yang luar biasa ini.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network