Starting XI Terbaik Pemain yang Dilepas Jose Mourinho

"Susunan pemain hebat dalam kariernya."

Analisis | 30 March 2022, 15:20
Starting XI Terbaik Pemain yang Dilepas Jose Mourinho

Libero.id - Jose Mourinho dikenal sebagai salah satu pelatih paling berprestasi dalam sejarah sepakbola. Pelatih asal Portugal itu telah menangani sejumlah klub di Eropa, dari Inter Milan, Real Madrid, Chelsea, Manchester United hingga sekarang di AS Roma.

Sepanjang kariernya, Mourinho mendapati banyak kesuksesan. Tetapi, bukan berarti dia tidak membuat beberapa kesalahan dalam kariernya.

Mantan pelatih Chelsea dan Man United itu memang memiliki kejelian yang bagus dalam mencari bakat, tetapi sebaliknya tak jarang dia membiarkan pemain luar biasa lolos dari asuhannya.

Pada catatan itu, kami telah mengumpulkan Starting Xl pemain terbaik yang dilepas oleh pelatih asal Portugal itu. Mereka kini tampil cemerlang di lapangan.

GK: Petr Cech

Cech selalu hadir di Chelsea selama mantra pertama Mourinho bertanggung jawab, tetapi mulai tersingkir sejak Thibaut Courtois tampil cemerlang untuk klub pada 2015.

Mantan penjaga gawang Republik Ceko itu kemudian membuat langkah mengejutkan dengan pindah ke rival sengit, Arsenal, dan memenangkan Piala FA selama empat tahun di Emirates Stadium.

RB: Glen Johnson

Johnson berjuang untuk masuk tim utama di bawah Mourinho saat melatih Chelsea, sebelum dijual ke Portsmouth seharga 4 juta pounds (Rp 75 miliar) pada 2007.

Dia berkembang menjadi salah satu bek kanan terbaik di Liga Premier di Fratton Park dan kemudian menghabiskan enam tahun di Liverpool. Johnson juga bermain di Piala Dunia 2010 dan 2014 serta Euro 2012 bersama Inggris.

CB: David Luiz

Mourinho hanya menghabiskan satu musim di Chelsea ketika dia memutuskan untuk melepas David Luiz ke PSG dengan biaya transfer 50 juta pounds (Rp 941 miliar) pada 2014.

Pemain Brasil itu memenangkan gelar Ligue 1 berturut-turut sebelum kembali ke Stamford Bridge pada 2016 dan memenangkan Liga Premier di bawah asuhan Antonio Conte.

Luiz membuat lebih dari 100 penampilan untuk The Blues dalam periode keduanya di klub sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal pada 2019.

CB: Leonardo Bonucci

Mourinho mengambil alih Inter Milan pada 2009 dan segera memutuskan bahwa Bonucci adalah surplus untuk persyaratan. Mou menjual pemain Italia itu ke Genoa hanya dengan beberapa juta pounds.

Bek tengah itu kemudian pindah ke Juventus pada 2010 dan menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia, membentuk kemitraan kuat dengan Giorgio Chiellini untuk klub dan negaranya.

LB: Filipe Luis

Chelsea mengontrak Luis dari Atletico Madrid pada 2014, tetapi bek kiri itu mengalami musim yang sulit. Dia hanya menjadi starter sembilan kali di pertandingan di Liga Premier, tapi kemudian dia bergabung kembali dengan Atletico pada 2015.

Pemain asal Brasil itu menemukan kembali performa terbaiknya di Spanyol dan memenangkan Liga Europa pada 2018 selama periode keduanya di klub.

“Berbicara tentang Mourinho selalu kontroversial dan selalu ada intrik di sekelilingnya, tetapi dia adalah pelatih luar biasa yang mencoba memaksimalkan setiap pemainnya,” kata Luis dilansir FourFourTwo pada 2016.

“Saya pikir itulah salah satu alasan mengapa dia kadang-kadang kehilangan ruang ganti. Dia meminta begitu banyak pemainnya, sehingga beberapa (pemain) tidak bisa menanganinya terlalu lama.”

RW: Mohamed Salah

Yang satu ini sangat disayangkan, entah apa yang ada dalam pikiran pelatih asal Portugal itu. Mou melepas Mohamed Salah yang kini moncer bersama The Reds dari musim ke musim, dalam hal ini Mourinho telah melakukan kesalahan besar.

CM: Kevin de Bruyne

De Bruyne hampir tidak diberi kesempatan oleh Mourinho di Chelsea dan memutuskan untuk bergabung dengan Wolfsburg dengan kontrak permanen untuk mencari pemain reguler di tim utama.

“Ada begitu banyak pers tentang hubungan saya dengan Jose Mourinho,” kata De Bruyne dilansir the Players Tribune pada 2019.

“Tetapi, kenyataannya adalah bahwa saya hanya pernah berbicara dengannya dua kali. Rencananya selalu bagi saya untuk dipinjamkan sebentar,” tambahnya.

Setelah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Bundesliga pada 2014/2015, De Bruyne kembali ke Liga Inggris bersama Manchester City. Sejak itu, pemain Belgia tersebut telah menunjukkan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Dia membantu Man City memenangkan tiga gelar liga di bawah asuhan Pep Guardiola.

CM: Juan Mata

Dalam skuad ini, kami mungkin seharusnya memasukkan Tiago untuk memberikan keseimbangan di lini tengah, tapi kami tidak bisa meninggalkan Juan Mata.

Pemain Spanyol itu telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik berturut-turut di Chelsea dan para fans terkejut ketika Mourinho memutuskan untuk menjualnya ke Manchester United pada 2014. Mata tidak pernah mencapai level yang sama di Old Trafford, tetapi dia masih membantu Mourinho memenangkan Piala Liga dan Liga Europa di Man United.

LW: Arjen Robben

Robben memainkan peran integral dalam internal Chelsea pertama Mourinho yang sukses, tetapi manajer menjualnya ke Real Madrid seharga 24 juta pounds (Rp 451 miliar) pada 2007.

Setelah dua musim di Spanyol, pemain sayap itu bergabung dengan Bayern Muenchen dan memenangkan delapan gelar Bundesliga dan Liga Champions selama 10 tahun di Jerman.

TT: Romelu Lukaku

Lukaku dianggap tidak cukup baik setelah bermain hanya tiga pertandingan kompetitif di bawah Mourinho dan striker itu dijual ke Everton seharga 28 juta pounds (Rp 527 miliar) pada 2014.

Pemain Belgia itu membuktikan kesalahan Mourinho di Goodison Park dan pelatih asal Portugal itu mengakui kesalahannya dengan membawa Lukaku ke Old Trafford pada 2017.

Dia mencetak 42 gol dalam 96 penampilan untuk Man United sebelum menyelesaikan kepindahan senilai 74 juta pounds (Rp 1,3 triliun) ke Inter Milan pada 2019.

Dia akhirnya kembali ke Stamford Bridge pada 2022 dan Chelsea harus membayar 100 juta pounds (Rp 1,8 triliun) untuk mendapatkannya kembali.

ST: Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic adalah salah satu dari sedikit pemain dalam daftar ini yang ingin dipertahankan Mourinho, tetapi sang striker tidak bisa menolak kesempatan bermain untuk Barcelona.

“Dia membentuk keterikatan dengan saya, bahkan sebelum kami bertemu,” tulis Ibrahimovic tentang Mourinho di I Am Zlatan.

“Dia akan menjadi pria yang pada dasarnya saya rela mati untuknya.”

“Saya semakin merasa bahwa orang ini memberikan segalanya untuk tim, jadi saya ingin memberikan segalanya untuknya. Itu adalah kualitas yang dia miliki. Orang-orang rela membunuh untuknya.”

“Tidak peduli betapa bahagianya saya pergi ke Barca, tapi sedih meninggalkan Mourinho. Orang itu special,” tutur striker Swedia itu.

Setelah tahun yang mengecewakan di Spanyol, Ibrahimovic terus mencetak gol di PSG, Manchester United, LA Galaxy, dan AC Milan, di mana dia berharap untuk memenangkan gelar liga lagi pada usia 40 tahun.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network