Jarang Diketahui, Pep Guardiola Adalah Sosok Penghancur Karier Joe Hart

"Ketika Pep tiba di Etihad Stadium, semuanya terasa beda bagi Hart..."

Berita | 30 March 2022, 15:02
Jarang Diketahui, Pep Guardiola Adalah Sosok Penghancur Karier Joe Hart

Libero.id - Karier seorang pesepakbola tergantung pada banyak hal. Termasuk kepercayaan pelatih. Dalam pada itu, barangkali banyak yang tidak sadar kalau sebetulnya karier Joe Hart mulai menurun bahkan dikatakan hancur oleh seorang Pep Guardiola. Mengapa bisa demikian?

Sesaat setelah eks juru taktik Barcelona dan Bayern Muenchen itu ditunjuk sebagai pelatih Manchester City pada 2016, tak butuh waktu lama bagi Pep untuk mengambil keputusan tentang kiper mana yang akan ia andalkan.

Hanya dalam waktu 2 jam, Joe Hart yang semula dalam 10 tahun terkahir merupakan kiper utama The Citizen dengan mudah digeser oleh Pep Guardiola yang menilai kiper Timnas Inggris itu tidak cocok dengan gaya bermainnya.

Keduanya bahkan terlibat percakapan mendalam soal masa depan Joe Hart.

"Saya ingin tetap bertahan dan harus melangsungkan percakapan dengannya [Pep Guardiola]," ucap Joe Hart dilansir dari Marca.

"Ia tahu betul tentang latar belakang saya dan juga apa yang tim lakukan. Selain itu, ia juga paham bagaimana cara saya bermain sepak bola. Itu adalah percakapan selama 2 jam yang langsung mengakhiri karier saya dengan mengatakan 'Saya tidak yakin itu bisa bekerja'," lanjutnya.

Namun Joe Hart tetap bersikeras untuk bertahan dan meminta kesempatan kepada Pep Guardiola untuk membuktikan kapasitasnya.

"Saya berkata 'Saya tidak setuju dengan Anda'. Ia menjawab 'Saya akan menjadi orang pertama yang terbukti salah, tetapi apa yang saya lihat dalam diri Anda tidak sesuai dengan kriteria kiper di tim saya'," ungkap Hart.

"Lalu, saya ingin meminta kesempatan sebab saya berhak mendapatkannya. Ia menjawab 'tentu saja, Anda akan mendapat kesempatan, namun, jika ada kesalahan, Anda akan tahu keputusan saya adalah yang terbaik'," 

Dan keputusan Pep pada saat itu adalah meminjamkan kiper 34 tahun itu ke Torino dan West Ham United. Dan setelah kontrak Hart habis, Pep langsung melepaskannya secara permanen ke Burnley dengan nominal 3,9 juta euro/ Rp. 62,2 miliar. Dua tahun berselang, Hart dikontrak oleh Tottenham Hotspur dengan status bebas transfer.


Dan saat ini Hart bermain untuk klub elit di Liga Skotlandia, Glasgow Celtic.  Dimana menurut Transfermarkt, Joe Hart menunjukkan performa yang cukup baik dengan hanya kebobolan 15 gol dalam 28 laga.

Tapi yang jelas, diakui atau tidak karier terbaik seorang Joe Hart adalah saat berseragam Manchester City.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network