Unik! TV Jepang Datang ke Indonesia Khusus untuk Taisei Marukawa

"Kira-kira, apa yang membuat Marukawa populer Jepang? Ini kisahnya."

Biografi | 26 March 2022, 03:50
Unik! TV Jepang Datang ke Indonesia Khusus untuk Taisei Marukawa

Libero.id - Penampilan bagus Taisei Marukawa di BRI Liga 1 2021/2022 ternyata terdengar sampai kampung halamannya, Jepang. Jadi, sebuah stasiun televisi yang cukup terkenal di Negeri Sakura harus mengirimkan kru ke Indonesia, khusus untuk meliput pemain Persebaya Surabaya itu.

Marukawa sebenarnya baru mengenal sepakbola Indonesia pada awal musim 2021/2022 saat lolos trial di Bajol Ijo. Tapi, klub asal Kota Pahlawan tersebut memang berjodoh dengan dirinya.

Bersama Persebaya, Marukawa punya catatan statistik yang meyakinkan. Dia turun di hampir semua pertandingan Bajol Ijo, mencetak sejumlah gol krusial, dan mempersembahkan beberapa assist berkelas. Pergerakan Marukawa juga sangat merepotkan pertahanan lawan.

Uniknya, penampilan Marukawa di Indonesia ternyata membuat NHK tertarik. Stasiun televisi papan atas Jepang itu kemudian memutuskan datang ke Indonesia untuk membuat liputan khusus tentang pesepakbola berusia 25 tahun tersebut.

Peliputan oleh media asing kepada pemain di kompetisi Indonesia tergolong sangat langka. Dan, NHK melakukannya pada 19-21 Maret 2022 di Denpasar, Bali. Mereka juga akan melakukan peliputan lagi pada 24-26 Maret 2022.

Menurut Produser NHK, Soichiro Taniziwa, ketertarikan meliput Marukawa langsung ke Indonesia bukan tanpa alasan. Pertama, Marukawa tidak pernah bermain di level atas sepakbola Jepang, tapi justru bersinar di bebarapa negara lain, seperti Malta dan Indonesia.

Fakta menunjukkan, selama ini, pemain-pemain Jepang yang sukses di banyak negara asing dimatangkan di J1 League terlebih dulu. Tapi, Marukawa berbeda. Setelah lulus dari Chuo University, dia melanjutkan karier ke Malta bersama Senglea Athletic. Kemudian, Valleta.

Dari Malta, gelandang kelahiran Hiroshima itu pergi ke Latvia pada Januari 2021 untuk membela Noah Jurmala. Setelah setengah musim di Baltik, dia terbang ke Surabaya untuk membela Bajol Ijo.

Kedatangan Marukawa ke Persebaya inilah yang membuat Marukawa mendadak terkenal di Jepang. Terbukti, pengikut akun Instagram Marukawa mencapai jumlah yang jauh lebih banyak dari Vissel Kobe. Bahkan, lebih tinggi dari pemain Jepang di Eropa seperti Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt) atau Shinji Okazaki (eks Leicester City).

"Ketika pindah ke Persebaya, fakta menarik lain muncul. Saat ini, jumlah followers dia di Instagram sangat banyak. Kami sangat terkesan dan menarik memberitakannya," ujar Taniziwa, dilansir situs resmi PT Liga Indonesia Baru.

Taniziwa juga menjelaskan, pihaknya tidak hanya melakukan wawancara khusus kepada Marukawa. NHK juga ingin mengulik kehidupan di luar lapangan. Misalnya saat berkomunikasi dengan pemain-pemain Jepang lain yang berkiprah di BRI Liga 1 2021/2022.

"Mereka (NHK) salah satu televisi besar dan sangat berpengaruh di Jepang serta memiliki jaringan internasional yang tersebar di puluhan negara. Peliputan itu bagian dari mengenalkan Liga 1 ke mancanegara," kata Direktur Utama PT LIB,  Akhmad Hadian Lukita.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network