Peringkat 5 Pemain Terbaik yang Tidak Punya Caps Timnas

"Aturan aneh hingga terbentur persaingan."

Analisis | 24 March 2022, 16:18
Peringkat 5 Pemain Terbaik yang Tidak Punya Caps Timnas

Libero.id - Tampil di level internasional adalah puncak karier bagi kebanyakan pesepakbola. Ketika seorang pemain sepakbola menandatangani kontrak profesional pertamanya, mata mereka tertuju untuk mewakili negaranya.

Namun, bermain di level internasional seperti Brasil atau Jerman jauh lebih sulit daripada tampil untuk San Marino. Karena itu, jika seorang pemain cukup bagus, dia pasti akan naik ke puncak dan menerima pengakuan internasional, terlepas dari kekuatan persaingan.

Bisa ditebak, semua pemain dalam daftar ini berasal dari negara dengan kekuatan sepakbola yang telah memenangkan Piala Dunia. Beberapa pemain yang disebutkan dalam daftar pengakuan internasional karena mereka masuk ke dalam adegan ketika tim mereka sudah memiliki pemain luar biasa di posisi masing-masing. Sebaliknya, yang lain menjadi korban aturan dan persyaratan membela negaranya.

Berikut adalah 5 pemain terbaik yang tidak pernah mendapatkan caps di tim nasional mereka.

#5. Jimmy Case (Inggris)

Case adalah bagian dari Liverpool era 1970-an. Menjadi bagian penting dari tim yang begitu dominan, ada peluang besar bahwa pengakuan internasional akan segera menyusul. Namun, itu tidak pernah terjadi pada sang gelandang.

Tidak mengherankan, tiga rekan setim Case di lini tengah Liverpool, Terry McDermott, Ian Callaghan, dan Alan Kennedy, menjadi bagian dari skuad Inggris. Sementara Case tidak dipertimbangkan untuk masuk tim nasional. 

Manajer Liverpool saat itu, Bob Paisley, mengkritik ketidakhadiran Case dari tim nasional dengan mengatakan. "Itu memaksa tiga lainnya melakukan pekerjaan yang tidak biasa mereka lakukan saat Case absen."

Meskipun tidak dipanggil ke tim nasional, pemain Inggris itu memenangkan 4 gelar liga, 3 Piala Eropa, dan satu Piala UEFA dalam karier yang sangat sukses di Anfield.

#4. Dario Hubner (Italia)

Hubner memenuhi syarat untuk mewakili Italia dan Jerman, mengingat ayahnya adalah orang Jerman, tetapi lahir dan besar di Italia. Hubner menganggap dirinya lebih sebagai orang Italia. Masalah etos kerja dan perilaku yang buruk membuat manajer Italia tidak ingin mengambil risiko memilih penyerang yang temperamental.

Penyerang kurus itu mencetak 217 gol dalam 436 penampilan sepanjang kariernya, setelah mencapai perbedaan langka memenangkan Sepatu Emas di semua tiga divisi teratas Italia. Ini termasuk memenangkan sepatu emas Serie A pada usia 35 tahun, rekor yang dipecahkan oleh Luca Toni.

Selama periode itu, Italia tidak kekurangan daya tembak di depan dengan pemain seperti Filippo Inzaghi, Christain Vieri, Francesco Totti dan Alessandro Del Piero yang memimpin lini depan. Ini berarti Azzurri tidak memiliki lowongan untuk pemain seperti Hubner.

Hubner bermain untuk klub-klub seperti Cesana dan Brescia, tim papan tengah terbaik. Ini menjadi penghalang utama bagi striker yang lamban karena golnya akan kurang lebih menjamin setidaknya satu caps jika dia bermain untuk salah satu tim Italia yang lebih terkenal.

#3. Paolo di Canio (Italia)

Orang Italia kedua dalam daftar ini, Paolo Di Canio, tidak seperti rekan senegaranya, Hubner, yang telah bermain untuk beberapa klub terkenal di Italia seperti Juventus, Napoli, Milan dan Lazio serta menyalakan liga utama selama lebih dari setengah dasawarsa.

Di Canio adalah seorang fasis yang percaya diri, yang memakai tato Benito Mussolini di punggungnya. Karena itu, hanya sedikit yang dapat mempertanyakan kesetiaannya terhadap negaranya dan akan sangat bangga mewakili Gli Azzuri.

Di Canio memainkan sepakbola terbaiknya selama empat tahun bersama West Ham di liga utama. Jika dia mengulangi kesuksesan itu di Serie A, Di Canio memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan panggilan internasional yang sulit dipahami itu. Serupa dengan Hubner, persaingan untuk peran striker di tahun 90-an terlalu sulit di Italia.

#2. Bert Trautmann (Jerman)

Seorang sersan Nazi selama Perang Dunia II dan akibatnya menjadi tawanan perang setelah Jerman dikalahkan. Bert Trautmann menjadi penjaga gawang terhebat yang tidak pernah mewakili negaranya.

Penggemar Manchester City menjadi gelisah ketika klub memutuskan untuk menandatangani mantan sersan Nazi itu dan akibatnya 20.000 pemegang tiket musiman mengancam akan memboikot klub sebagai protes.

Namun, Trautmann segera memenangkan hati para pendukung dengan penampilannya yang berani, bahkan memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FWA pada 1956. Ini adalah penjaga gawang pertama yang melakukannya.

Mungkin, momen terbesar Trautmann terjadi dua hari kemudian di final Piala FA. Memimpin 3-1, pada menit ke-75, lehernya dihantam oleh lutut pemain Birmingham, Peter Murphy.

Karena pergantian pemain tidak diperbolehkan pada masa itu, Trautmann harus melanjutkan permainan selama sisa pertandingan dan akhirnya mengangkat Piala FA.

Nol caps Trautmann untuk Die Mannschaft bukan karena kehadiran pemain yang lebih baik, tetapi karena aturan aneh yang diterapkan oleh FA Jerman, yang mencegah pemain non-domestik mewakili negara mereka pada saat itu. Itu adalah aturan yang sama yang membuat Franz Beckenbauer begitu dia meninggalkan Bundesliga.

#1. Steve Bruce (Inggris)

Bruce mungkin menjadi satu-satunya pemain dalam daftar paling menderita karena pengambilan keputusan yang buruk dari manajer Inggris pada akhir 1980-an dan awal 1990-an.

Steve Bruce memiliki semua elemen untuk mendapatkan tidak hanya satu caps, tetapi satu abad caps untuk The Three Lions. Dia adalah pemimpin tim Manchester United, yang pada saat itu menjadi yang terbaik di negara ini. Namun, rata-rata Carlton Palmer berhasil mengumpulkan 18 caps Inggris selama periode yang sama.

Bruce adalah kapten Manchester United yang memimpin timnya meraih 3 gelar liga utama, 3 Piala FA, serta piala pemenang Piala Eropa, namun tidak ada manajer Inggris yang peduli untuk memilih Bruce masuk tim nasional. Tidak heran tim Inggris bernasib buruk selama era itu, dengan non-kualifikasi untuk Piala Dunia 1994 menjadi titik terendah.

Saat ini, rata-rata pemain Inggris yang bermain untuk salah satu dari enam tim teratas mengumpulkan cukup banyak caps internasional. Sebaliknya, Bruce, seorang bek yang luar biasa, dan pemimpin tim penakluk Manchester United di awal 90-an tidak bisa melakukan apapun.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network