10 Pencetak Gol Kepala Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Sejak 2009

"Nomor 1 kini andalan Manchester United."

Analisis | 16 March 2022, 18:38
10 Pencetak Gol Kepala Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Sejak 2009

Libero.id - Salah satu kemampuan mencetak gol yang harus dimiliki oleh pemain, terutama penyerang tentu saja kaki yang andal. Tapi, ada pula bagian tubuh lainnya seperti kepala alias kemampuan sundulan sangat penting untuk dimiliki.

Kabar baiknya masih banyak pemain yang kita saksikan menyambut umpan silang yang indah dan menyundul bola melewati kiper dan masuk ke gawang.

Berkaitan dengan hal itu, menggunakan data dari Sky Sports, kami telah melihat 10 pemain dengan gol sundulan terbanyak di liga-liga Eropa sejak awal musim 2009/2010.

10. Karim Benzema

Benzema bergabung dengan Real Madrid dari Lyon pada musim panas 2009. Sejak itu, dia menjadi pencetak gol terbanyak kesembilan dalam sejarah La Liga, mencetak 214 gol dalam 408 penampilan.

Striker ini terkenal karena kemampuan teknisnya dengan bola di kakinya, tetapi juga punya kemampuan sundulan yang bagus. Sebanyak 33 gol dari jumlah golnya sejauh itu adalah sundulan.

9. Christian Benteke

Sementara Benteke berjuang di depan gawang untuk Crystal Palace dalam beberapa musim terakhir, dia pernah menjadi salah satu striker paling ditakuti di Liga Premier.

Pemain timnas Belgia, yang bergabung dengan Aston Villa pada 2012, memiliki tinggi 6 kaki 3 inci dan dengan cepat menjadi terkenal karena kehebatannya di udara.

Sebanyak 33 dari 86 golnya di Liga Inggris dicetak dengan kepalanya. Hanya Peter Crouch yang mencetak lebih banyak gol sundulan dalam sejarah kompetisi ini.

8. Edin Dzeko

Setelah membantu Wolfsburg memenangkan gelar Bundesliga pada 2008/2009, Dzeko mencetak lima gol sundulan di liga selama 18 bulan berikutnya sebelum menandatangani kontrak dengan Manchester City.

Dia kemudian mencetak 10 sundulan untuk Man City di Liga Premier, termasuk gol penyeimbang dalam kemenangan 3-2 atas QPR pada hari terakhir musim 2011/2012.

Sejak meninggalkan Etihad pada 2015, pemain berusia 35 tahun itu telah mencetak 20 gol sundulan di Serie A selama membela Roma dan sekarang Inter Milan.

7. Olivier Giroud

Giroud telah mencetak banyak gol luar biasa dengan kakinya selama bertahun-tahun, termasuk tendangan kalajengking melawan Crystal Palace yang memenangkan penghargaan Puskas.

Tapi, dia juga salah satu pemain dengan sundulan bola terbaik di dunia sepakbola. Sebanyak 32 dari 90 golnya di Liga Premier untuk Chelsea dan Arsenal datang dari kepalanya.

Pemain timnas Prancis itu juga mencetak lima gol sundulan di Ligue 1 bersama Montpellier dan saat ini memiliki satu gol di Serie A untuk Inter, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 38.

6. Aritz Aduriz

Sementara Spanyol terkenal karena menghasilkan striker terampil dan teknis seperti Fernando Torres dan David Villa, Aduriz adalah pemain dengan jenis kemampuan yang agak beda.

Dia seorang target-man dengan tinggi badan ideal. Selama bermain di Mallorca, Valencia, dan Atheltic Bilbao, sang striker suka menggunakan kekuatan fisiknya untuk mencoba dan menggertak para pemain bertahan La Liga.

Dia mencetak total 39 gol sundulan di La Liga antara 2009 dan pensiun pada 2020, termasuk tujuh di musim 2012/2013 dan 2013/2014.

5. Mario Mandzukic

Mandzukic bermain untuk Dinamo Moscow pada 2009/2010 dan mencetak dua gol sundulan di divisi teratas Kroasia.

Mantan pemain timnas Kroasia itu pindah ke Jerman pada 2010 dan mencetak 11 gol sundulan untuk Wolfsburg sebelum mencetak 13 gol dengan Bayern Muenchen.

Dia menambahkan tiga gol lagi selama tugas singkat di Atletico Madrid sebelum mencetak 10 gol dalam empat musim di Serie A bersama Juventus.

4. Edinson Cavani

Selama kariernya yang luar biasa, pergerakan Cavani yang luar biasa di area penalti telah membedakannya dari striker lain dan membantunya mencetak banyak sundulan.

Pemain timnas Uruguay itu mencetak 12 gol sundulan di Serie A antara 2009 dan 2013 sebelum mencatatkan 22 gol untuk Paris Saint-Germain di Ligue 1.

Setengah dari 12 golnya di Liga Inggris untuk Manchester United juga datang dari sundulan, termasuk gol kemenangan dramatisnya di injury time melawan Southampton pada 2020.

3. Fernando Llorente

Mantan striker Juventus dan Tottenham ini tidak pernah produktif di depan gawang, mencetak 101 gol dalam 325 penampilan liga sejak awal 2009/2010.

Tapi, dia sering efektif sebagai target man dan hanya di bawah setengah (47) dari 101 gol liga itu dicetak melalui kepalanya.

2. Robert Lewandowski

Meski bermain di era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Lewandowski telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pencetak gol terhebat di dunia.

Selama memperkuat Borussia Dortmund, 11 dari 74 gol Bundesliga untuk klub itu adalah sundulan.
Sejak pindah ke Bayern pada tahun 2014, dia semakin kuat dan menambahkan 37 gol sundulan di liga ke penghitungannya.

1. Cristiano Ronaldo

Hanya akan ada satu pemenang. Dia adalah Ronaldo, yang mampu menghasilkan lompatan yang melawan gravitasi dan telah mencetak 66 gol sundulan yang mengejutkan di liga sepakbola sejak awal 2009/2010.

“Saya selalu berpikir aspek terbaik dari permainan saya adalah sundulan saya dan tidak banyak yang lebih baik dari saya di Inggris saat saya bermain,” kata mantan striker Tony Cascarino kepada The Times pada 2020. “Tetapi Ronaldo adalah kelas di atas siapa pun yang pernah ada dalam memainkan permainan.”

“Saya sudah mencoba menjelaskan sebelumnya tentang bagaimana ada banyak cara berbeda dalam menyundul bola seperti halnya menendang.”

“Anda bisa kepala dengan sisi kiri, sisi kanan, dahi, atau bagian atas kepala.”

"Sundulan Ronaldo seperti ayunan golf yang sempurna, semuanya bekerja bersama-sama dan ketika semuanya berbunyi klik, hanya sedikit yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya,” tutupnya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network