Hasil Imbang Barito Putera Bikin Persiraja Degradasi, Siapa Selanjutnya?

"Dengan sistem head to head yang berlaku, bisa dipastikan Persiraja turun kasta."

Analisis | 09 March 2022, 23:22
Hasil Imbang Barito Putera Bikin Persiraja Degradasi, Siapa Selanjutnya?

Libero.id - Bisa dipastikan, Persiraja Banda Aceh hanya numpang lewat di Liga 1. Laskar Rencong kembali ke Liga 2 setelah Barito Putera berhasil menahan imbang Madura United 3-3 pada pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (9/3/2022) malam.

Demi menghindari turun kasta, Barito tampil penuh semangat saat menghadapi Madura. Tampil dengan Rizky Pora, Guy Junior, Bruno Matos, dan Rafael Silva di sektor penyerangan, Barito benar-benar menyerang total.

Laskar Antasari sudah unggul 1-0 pada menit kelima melalui Silva. Barito justru berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0 pada menit 53 setelah Junior dengan mudah menyosor bola dalam situasi kemelut seusai tendangan sudut yang dilepas Pora.

Tapi, Laskar Sape Kerab tidak menyerah. Mereka mencoba membalas dengan gantian menyerang pertahanan Barito. Hasilnya, Madura sempat memperkecil kedudukan menjadi 1-2 sebelum Barito kembali memimpin 3-2. Madura terus mencoba, dan akhirnya menambah dua gol tambahan untuk membuat skor akhir 3-3.

Dengan hasil ini, Barito berada di posisi 15 dengan 28 poin dari 30 pertandingan. Mereka unggul 15 poin dari Persiraja di dasar klasemen. Meski baru bermain 29 kali, poin maksimal Laskar Rencong adalah 28.

Masalahnya, Persiraja kalah head to head dengan Barito. Pada pertemuan pertama di Stadion Moch Soebroto, Magelang, 19 November 2021, Barito unggul 4-1. Sementara pada pertarungan kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 27 Februari 2022, skornya 1-1. 

Dengan head to head yang diterapkan PSSI dan tiga tim degradasi, otomatis Persiraja tidak bisa diselamatkan. Kini, dua tim yang akan mengikuti jejak Laskar Rencong ditentukan dalam beberapa pekan ke depan. Persela Lamongan, Persipura Jayapura, Barito, PSS Sleman, PSM Makassar, hingga Persikabo 1973 bisa terjun bebas.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network