Offside atau Tidak? Momen Gol Herman Dzumafo ke Gawang PSS Sleman

"Mari kita merujuk laws of the Game"

Analisis | 08 March 2022, 14:10
Offside atau Tidak? Momen Gol Herman Dzumafo ke Gawang PSS Sleman

Libero.id - Bhayangkara FC sukses mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-1. Laga pekan ke-29 Liga 1 2021/22, itu berlambang pada Senin (7/3) di Stadion Kompyang Sujana, Bali.
Dan bukan laga dalam sepakbola Indonesia rasanya jika tanpa diwarnai
kontroversial.

Dalam laga ini, momen kontroversial terjadi pada gol pertama Bhayangkara FC yang dicetak oleh Herman Dzumafo Epandi di menit 16. Sebelumnya PSS Sleman mencetak gol pembuka lewat aksi salto Wander Luiz pada menit ke-7.

Adapun gol penyama kedudukan Dzumafo menjadi polemik tersendiri di sosial media lantaran offside atau tidaknya.

Situasi bermula ketika Andik Vermansyah melepas umpan silang  dari sisi sayap kanan pertahanan PSS Sleman. Dzumafo yang berada di depan gawang lalu meneruskan umpan menjadi gol.
Sekilas kalau kita putar balik momen itu, Dzumafo terlihat sudah melewati pemain kedua terakhir dari PSS Sleman, Aaron Evans. 

Tetapi momen itu tak mendapat perhatian serius dari hakim garis dan wasit utama. Skor 1-1. Sampai akhirnya pada menit ke 27 Dendy Sulisytiawan mencetak gol kemenangan Bhayangkara yang menjadikan skor akhir 2-1.

Balik lagi ke Herman Dzumafo. Jika kita merujuk Laws of the Game 2021/22 yang dirilis IFAB menjelaskan tentang aturan offside. Hal yang harus dimengerti, penentuan pemain dalam posisi offside pada saat bola dimainkan atau disentuh oleh rekan setimnya dan hanya akan dihukum jika terlibat dalam permainan aktif.

Dalam arti kata lain, titik penentuan offside pertama adalah ketika bola pertama disentuh dengan kaki untuk dioper oleh seorang pemain ke rekannya yang berada di depan. Jika pada titik itu, pemain yang akan menerima operan posisinya tak melebihi pemain lapangan terakhir lawan, maka hal itu tidak dinyatakan offside.

Nah kalau kita melihat ulang cuplikan gol Herman Dzumafo, dari angle kamera yang tersedia offside atau tidaknya memang masih bisa diperdebatkan. 

Kalau menurut Anda sendiri apakah momen itu offside atau tidak? Berikan pendapat Anda di kolom komentar yang tersedia

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network