Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 5 Klub Inggris Paling Banyak Trofi di Era Roman Abramovich

"Sepakbola Inggris berubah total sejak Abramovich datang pada 2003."

Analisis | 04 March 2022, 19:56
Peringkat 5 Klub Inggris Paling Banyak Trofi di Era Roman Abramovich

Libero.id - Roman Abramovich akan berpisah dengan Chelsea setelah menjadi pemilik klub selama hampir dua dekade. Taipan Rusia itu menyerahkan kepengurusan klub pekan lalu sebelum memutuskan untuk sepenuhnya mengakhiri hubungan dengan The Blues. Dia meninggalkan warisan dengan menempatkan The Blues di atas.

Meski memenangkan trofi aneh sebelum pengambilalihan Abramovich pada 2003, investasinya mendorong klub London Barat itu meraih banyak kemenangan. Dia memiliki banyak uang untuk membawa pelatih dan pemain terbaik ke Stamford Bridge.

Kebijakannya yang tegas dalam memecat pelatih mungkin saja tidak dihargai oleh banyak orang. Tapi, hal itu demi memastikan klub agar selalu berada di tengah-tengah memenangkan gelar liga dan piala domestik atau Eropa.

Pertanyaannya, klub mana di Inggris yang paling banyak memiliki gelar utama sejak Abramovich bergabung dengan keluarga besar Liga Premier?

10 Foto Ana Lidia Martins, WAGs Baru Newcastle Pacar Bruno Guimaraes

10 Foto Ana Lidia Martins, WAGs Baru Newcastle Pacar Bruno Guimaraes

Nah, berikut ini peringkat 5 klub teratas Inggris yang memiliki trofi terbanyak yang dimenangkan sejak Abramovich mengambil alih Chelsea:

5. Liverpool (10)

Liverpool baru-baru ini memenangkan Piala Liga lewat adu penalti melawan The Blues. Mereka bukanlah tim yang paling sukses pada dekade 2000-an. Kekeringan trofi Liga Premier mereka berlanjut dalam satu dekade sebelum akhirnya memenangkannya pada 2019/2020.

Klub Merseyside itu adalah salah satu klub paling sukses di Inggris dan yang terkejut ketika Abramovich mengambil alih Chelsea. Ini berarti The Blues akan bersaing memperebutkan trofi yang sama dengan mereka, tapi dengan dukungan finansial yang besar.

Liverpool memang memenangkan Liga Champions 2004/2005 dan beberapa piala domestik. Tapi, jumlah trofi utama mereka dalam dua dekade terakhir baru diraih di era Juergen Klopp. Pria Jerman itu juga mengalahkan tim Abramovich di dua final (Piala Super Eropa 2019 dan Piala Liga 2021/2022). Totalnya, 10 piala.

4. Arsenal (11)

Arsenal menjadi salah satu klub paling sukses di Inggris. Tapi, jalan mereka menuju kesuksesan terhalang ketika Abramovich mengambil alih Chelsea. Itu terbukti dengan The Gunners yang belum memenangkan gelar liga sejak 2004. Mereka juga belum memenangkan Liga Champions.

Namun, harus dicatat bahwa Arsenal telah mengalahkan Chelsea di dua final Piala domestik (Piala FA 2016/2017, Piala FA 2019/2020). Jika ditotal, 11 piala didapatkan Arsenal di era Abramovich, yang semuanya di cup competitions domestik.

3. Manchester City (16)

Saat mengambil alih Chelsea, Abramovich memberikan inspirasi kepada pengusaha kaya lainnya untuk melakukan hal yang sama dengan membeli klub lain. Contohnya, Manchester City.

Sebelum Shaikh Mansour datang, Man City adalah tim kecil. Tapi, sejak penguasa Abu Dhabi hadir di Etihad Stadium, The Citizens merekrut pemain dan pelatih terbaik dunia. Hasilnya, 16 gelar didapatkan sejak pengambilalihan Abramovich. Hanya kompetisi Eropa, khususnya Liga Champions, yang belum mereka dapatkan.

2. Manchester United (21)

Manchester United adalah klub tersukses dalam sejarah Liga Premier. Setan Merah menjadi satu-satunya yang bisa menantang kesuksesan Chelsea selama tahun-tahun awal pengambilalihan Abramovich.

Pada awal 2000-an, Arsenal dan MU pernah bersaing untuk memperebutkan trofi utama di Inggris. Tapi, The Blues mematahkan dua gelar itu pada 2005 dengan memenangkan dua gelar liga berturut-turut. Sir Alex Ferguson kemudian merespons dengan memenangkan lima trofi liga dalam tujuh musim berikutnya.

Dalam prosesnya, MU juga mengalahkan klub London Barat itu di final Liga Champions 2007/2008 melalui adu penalti. Tapi, perlu dicatat bahwa mereka belum pernah memenangkan gelar Liga Premier sejak 2013. Dan, total, MU memenangkan 21 piala dalam 19 tahun terakhir di era Abramovich.

1. Chelsea (21)

Dari memenangkan gelar liga berturut-turut pada 2003/2004, 2004/2005, 2005/2006, hingga mengangkat gelar Liga Champions dua kali, The Blues telah berubah di era Abramovich. Dalam 19 tahun, The Blues memenangkan 21 gelar dalam maupun luar negeri.

Dengan kesuksesan yang didapatkan, Abramovich layak disebut sebagai salah satu pemiliki klub terbaik di Eropa. Dia sejajar dengan orang-orang seperti Silvio Berlusconi atau Massimo Morratti.

(diaz alvioriki/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=FGYXAPLQZKs

Artikel Pilihan


Daun Media Network