Kisah Makoto Hasebe, Pemain Asia Paling Konsisten di Bundesliga

"Pemain yang bisa dijadikan contoh."

Biografi | 17 February 2022, 15:25
Kisah Makoto Hasebe, Pemain Asia Paling Konsisten di Bundesliga

Libero.id - Pemain Eintracht Frankfurt, Makoto Hasebe, yang merupakan pemenang Bundesliga bersama Wolfsburg dan salah satu pemain top paling konsisten di papan atas Jerman selama lebih dari satu decade, kini menjadi salah satu pemain Asia paling sukses.

Mantan kapten Jepang berusia 36 tahun itu memainkan pertandingan Bundesliga ke-309 dalam kekalahan 2-0 Eintracht Frankfurt dari Mainz pada Matchday 30. Dia mengungguli ikon Korea Selatan, Cha Bum-kun, untuk mendapatkan posisi teratas di daftar pemain Asia dengan penampilan Eropa paling banyak.

"Saya sangat bangga telah memainkan lebih banyak pertandingan Bundesliga daripada pemain Asia lainnya. Bagi saya, itu akan jauh, jauh lebih penting bagi tim untuk menang," kata Hasebe. "Kami tidak sebaik yang kami butuhkan hari ini. Kami kekurangan sesuatu di semua area."

Itu bukan tuduhan yang bisa ditujukan pada Hasebe. "Menjadi tugas saya untuk menunjukkan kualitas. Tidak masalah di mana."

Dia secara mengesankan mendukung retorika itu dengan bukti penampilannya di lapangan, di mana pun pelatih memilihnya untuk bermain.

Setelah bergabung dengan Wolfsburg dari Urawa Red Diamonds pada Januari 2008, Hasebe melakukan debut Bundesliga melawan Arminia Bielefeld sebulan kemudian sebagai gelandang, tetapi terombang-ambing dalam 135 penampilannya di papan atas untuk Wolves.

Hasebe tidak hanya bersedia bekerja ekstra. Dengan kiper Marvin Hitz di usir keluar lapangan dan ketiga pemain pengganti telah digunakan saat melawan Hoffenheim pada matchday 6 musim 2011/2012, Hasebe menjadi kiper pengganti asal Jepang pertama di Bundesliga.

"Seseorang harus mengisi," kata Hasebe, yang mengambil sarung tangan saat skor 2-1 untuk tuan rumah hanya sebelum Roberto Firmino mencetak gol ketiga untuk Hoffenheim. “Kami memiliki momentum setelah mendapatkan kembali gol di menit ke-67 dan saya merasa bahwa kami bisa bermain imbang, bahkan ketika saya masuk ke gawang. Tapi, saya kecewa dengan hasilnya.”

"Orang Jepang sangat disiplin dan bisa bermain di setiap posisi," kata Felix Magath, pelatih Wolfsburg saat itu.

Itu mungkin terdengar seperti klise lelah dari mantan bos Wolfsburg, Schalke dan Bayern Muenchen tersebut, tapi Hasebe telah membuktikan bahwa hal itu benar.

Penulis buku terlaris Jepang 'The Order of the Soul - 56 habits to win', Hasebe telah mempraktikkan apa yang dia khotbahkan dengan sikapnya, rasa pengorbanan diri, stamina yang meledak-ledak, dan kunci keserbagunaan master-of-all-trade sebagai alasan mengapa dia sangat diperlukan untuk banyak pelatih yang pernah dia perkuat di Wolfsburg, Nuremberg, dan Frankfurt.

“Kami senang bisa mengontrak Hasebe, pemain berpengalaman yang telah membuktikan kemampuannya di Bundesliga selama beberapa tahun terakhir,” kata Direktur Olahraga Frankfurt, Bruno Hubner. "Dia tahu apa yang dia lakukan," kata kiper The Eagles, Kevin Trapp.

Trapp seharusnya tahu dia bersama Hasebe untuk sebagian besar kariernya di Commerzbank Arena. Pengetahuan yang disaksikan penjaga gawang Frankfurt juga diakui di tingkat internasional ketika Hasebe menjadi kapten negaranya untuk sebagian besar dari 114 kali dia bermain, yang akhirnya pensiun dari kancah internasional setelah kekalahan di babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang sangat dramatis dari Belgia.

Dia telah tampil 21 kali di Bundesliga pada 2019/2020, dan memainkan semua kecuali dua pertandingan Liga Eropa. "Dia salah satu pemain bertahan paling cerdas di Bundesliga," kata Pelatih Frankfurt, Adi Hutter, yang paling sering menggunakan Hasebe di jantung pertahanan, memanfaatkan kemampuannya untuk menghentikan lawan dan memulai serangan timnya.

"Makoto (Hasebe) sprint di kepala. Secara fisik, dia tidak akan mampu mengatasi beberapa lawan, tetapi ketika Anda sudah tahu dan merasakan dari mana bola datang, itu membuat segalanya lebih mudah. Bagaimana dia bermain, bagaimana dia membaca permainan, luar biasa. Tidak ada yang lebih baik."

Hutter senang melihat Hasebe baru-baru ini menandatangani kontrak baru satu tahun, memperpanjang kontrak yang akan berakhir musim panas ini.

Di luar itu, peran kepelatihan dengan Frankfurt menanti, tetapi seperti yang Anda harapkan untuk seorang profesional dengan fokus seperti itu, masa depan tetap ada di belakang. Sementara masa sekarang menawarkan kesempatan untuk memperpanjang rekor bermain di Bundesliga.

"Kami sudah membicarakannya dengan klub. Tapi, saya masih belum memulai lencana kepelatihan, itu membutuhkan banyak energi. Saya ingin fokus pada satu hal," kata Hasebe, yang masih merasakan dorongan itu untuk meningkatkan penampilannya.

"Penting bagi saya bahwa saya masih lapar. Saya pikir saya masih bisa bermain lebih baik dan lebih banyak membantu tim."

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network