9 Jebolan Stuttgart yang Kini Jadi Pemain Top di Eropa

"Tiga pemain masih bermain di Bayern Muenchen."

Analisis | 16 February 2022, 16:22
9 Jebolan Stuttgart yang Kini Jadi Pemain Top di Eropa

Libero.id - Musim ini VfB Stuttgart kembali harus bekerja keras untuk bisa tetap berada di Bundesliga. Mereka saat ini berada di zona degradasi, empat poin dari zona aman.

Tapi, terlepas dari kenyataan pahit itu, Die Roten adalah klub dengan sejarah yang panjang. Mereka telah menjadi juara Bundesliga lima kali (terakhir pada 2006/2007), termasuk memenangkan tiga DFB-Pokal dan Piala Super Jerman.

Selama bertahun-tahun, Stuttgart juga terbukti menjadi klub yang melahirkan bintang-bintang kelas dunia, karena banyak pemain hebat menggunakan Stuttgart sebagai batu loncatan sebelum pindah ke klub yang lebih elite.

Inilah pemain-pemain hebat yang pernah membela Stuttgart dan kini bermain untuk klub lain.

Bernd Leno -   Arsenal

Bernd Leno memulai karier di liga Jerman kasta ketiga dengan tim cadangan Stuttgart sebelum akhirnya pindah ke Bayer Leverkusen pada Agustus 2011. Dia awalnya berstatus pinjaman sebelum diboyong secara permanen.

Sampai saat ini, dia telah bermain sembilan kali untuk Jerman di level senior, dan perlu diingat saingannya di timnas adalah Manuel Neuer dan Marc-Andre ter Stegen. Leno saat ini masih bermain untuk Arsenal.

Antonio Rudiger - Chelsea

Setelah tampaknya akan keluar lebih dari setahun yang lalu, Antonio Rudiger sekarang adalah bek tengah terbaik di Chelsea dan merupakan pemain kunci The Blues dalam memenangkan Liga Champions di bawah Thomas Tuchel.

Harus diakui sulit untuk melewati seorang Rudiger, dan kemampuan seperti itu diasah saat bersama Stuttgart, di mana dia berkembang melalui jajaran pemuda dan menjadi pilihan pertama di jantung pertahanan Stuttgart  sebelum pindah ke AS Roma pada 2015.

Benjamin Pavard - Bayern Muenchen

Benjamin Pavard dengan cepat membuktikan dirinya sebagai salah satu bek kanan dan bek tengah paling andal di Eropa selama beberapa tahun terakhir.

Namun, bukan hanya penampilannya yang mengesankan untuk timnas Prancis saat Piala Dunia 2018, yang membuatnya pindah ke Bayern Muenchen. Itu juga karena perannya dalam membantu Stuttgart memenangkan gelar Bundesliga2 pada 2016/2017. Dan, sampai dengan saat ini, Pavard adalah pemain andalan di Bayern.

Joshua Kimmich - Bayern Muenchen

Perjalanan Joshua Kimmich ke Bayern tidak semudah yang Anda bayangkan. Sekarang dia menjadi andalan bagi juara Bundesliga dan tim nasional Jerman. Tetapi, semua itu bagi Kimmich pertama kali dimulai saat dia menimba ilmu di akademi muda Stuttgart sebelum pindah ke RB Leipzig pada Juli 2013.

Namun, Stuttgart cukup pintar untuk memasukkan klausul pembelian kembali sekitar 750.000 euro ke dalam kesepakatan, diaktifkan pada Januari 2015 sebelum segera menjualnya ke Bayern seharga 7 juta euro. Sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

Sami Khedira - Pensiun

Sami Khedira adalah salah satu gelandang bertahan terbaik dan mungkin paling tidak disadari kehebatannya di Eropa selama sekitar satu dekade terakhir. Tetapi, untuk semua pencapaiannya bersama Real Madrid, Juventus, dan Jerman, perlu diingat bahwa semuanya dimulai di Stuttgart.

Khedira membuat 22 penampilan Bundesliga untuk Die Roten selama kesuksesan gelar 2006/2007 mereka dan tetap bersama klub selama tiga musim sebelum berangkat ke Los Blancos dalam kesepakatan senilai sekitar 12,5 juta pounds.

Serge Gnabry - Bayern Muenchen

Jalan Gnabry ke Bayern bisa dibilang lebih berbelit-belit daripada Kimmich.  Dia sempat gagal bersinar saat memperkuat Arsenal (saat dia bergabung dari Stuttgart  pada 2011), Gnabry juga mengalami masa pinjaman yang gagal di West Brom.

Tetapi, menemukan kembali sentuhannya saat bermain untuk Werder Bremen dan Hoffenheim sebelum akhirnya mengguncang Allianz Arena pada 2018.

Sebastian Rudy - Hoffenheim

Sebastian Rudy tidak lebih dari pemain kecil setelah muncul dari sistem pemuda Stuttgart dan meninggalkan klub pada 2010, menandatangani kontrak dengan Hoffenheim dalam kesepakatan 3,5 juta pounds. Sejak itu, dia juga bermain untuk Schalke dan Bayern, serta mencatatkan 29 caps bersama tim nasional Jerman.

Filip Kostic - Eintracht Frankfurt

Filip Kostic adalah pemain utama Eintracht Frankfurt, memberikan assist untuk pemain seperti Luka Jovic, Ante Rebic, dan Andre Silva selama bertahun-tahun terakhir.

Tetapi, jangan lupa waktunya di sepakbola Jerman dimulai saat dia selama dua musim di Stuttgart. Kostic mencetak delapan gol dalam 59 penampilan Bundesliga untuk klub sebelum pindah ke Hamburg dengan harga 12,5 juta pounds pada 2016.

Timo Werner - Chelsea

Nama Werner mulai berkiprah saat bermain untuk RB Leipzig, mencetak hampir 100 gol. Namun, di Stuttgart adalah tempat Werner belajar, Werner mengantongi 14 gol yang jauh lebih sedikit dalam 103 penampilan di semua kompetisi, meskipun dia lebih sering bermain sebagai winger out-and-out pada masa itu.

Kini, Werner berusaha melakukan yang terbaik untuk Chelsea.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan VfB Stuttgart


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network