Analisis Kedalaman Skuad Liverpool, Justru Bikin Pusing Juergen Klopp

"Tak ada pemain spesial di mata Klopp."

Analisis | 16 February 2022, 15:47
Analisis Kedalaman Skuad Liverpool, Justru Bikin Pusing Juergen Klopp

Libero.id - Untuk pertama kalinya dalam dua setengah tahun The Reds memiliki skuad yang sepenuhnya fit. Fakta itu membuat Juergen Klopp tidak perlu khawatir, karena dia punya banyak pilihan dan mungkin kebingungan.

Itu bisa dimaklumi karena setiap pemain punya kemampuan spesial. Tinggal bagaimana juru taktik asal Jerman itu memainkan strategi yang tepat. Dengan kondisi yang bisa dikatakan sempurna itu, Liverpool tentu saja sangat diuntungkan.

Kita bisa merujuk dari laga terakhir yang dimainkan Liverpool. Belum lama ini, The Reds melibas Burnley dengan skor 1-0. "Sore yang sempurna. Saya benar-benar puas,” kata Klopp.

Liverpool saat ini adalah skuad terbaik yang pernah dia tangani, dan akan menarik untuk melihat bagaimana dia mengelolanya dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Liverpool memiliki empat target besar di depan mata mereka, dan tidak kurang dari 24 pemain senior bersaing untuk mendapatkan tempat. Keputusan sulit menunggu Klopp.

Saat melawan Burnley misalnya, ada kekecewaan untuk Joe Gomez dan Curtis Jones. Keduanya tidak disebutkan dalam skuad berisi 20 pemain. Keduanya fit dan tersedia, begitu pula Takumi Minamino dan Divock Origi, yang juga tidak masuk list pemain yang dibawa.

Keempatnya berkontribusi pada perjuangan Liverpool musim ini. Gomez telah menjadi kapten tim di Piala Liga, Jones telah memulai lima pertandingan terakhir sebelum akhir pekan. Sementara Origi dan Minamino memiliki selusin gol.

Tapi, begitulah kekuatan tangan Klopp saat ini. Pemain dengan silsilah besar harus absen, sementara yang lain harus terbiasa menjadi bagian dari kebijakan rotasi.

“Saya tidak dapat mengingat situasi seperti ini sebelumnya,” kata Klopp pekan lalu. “Kami tidak pernah memiliki semua orang yang tersedia.”

Melawan Burnley, Thiago Alcantara dimainkan sebagai pemain pengganti setelah Jordan Henderson bermain tidak dalam performa terbaiknya. Alex Oxlade-Chamberlain, Kostas Tsimikas, dan Ibrahima Konate juga tetap tidak dimainkan.

Jadi, tak ada lagi kritik dari luar yang berani mengatakan kalau Liverpool merupakan klub yang punya kedalaman skuad tidak merata.

Pekerjaan Klopp akan sedikit lebih mudah minggu ini, dengan Jones dan Gomez kemungkinan akan kembali ke skuad untuk perjalanan ke Inter malam ini.

Tidak seperti di Liga Premier, aturan Liga Champions memungkinkan tim untuk menyebutkan 12 pemain pengganti, lima di antaranya dapat dimasukkan.

Jadwal Pertandingan Liverpool Berikutnya

Setelah itu, Liverpool menjamu Norwich dan Leeds di Liga Primer sebelum final Piala Liga melawan Chelsea di Wembley pada akhir bulan. 

Kita kemungkinan besar akan melihat banyak nama-nama pemain hebat di bangku cadangan dalam beberapa minggu mendatang. Sekali lagi, semuanya bergantung kepada Klopp.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network