Kenalkan Issa Kabore, Bintang Burkina Faso di Piala Afrika 2021 Bidikan Man City

"Bagaimana peluangnya di Stadion Etihad?"

Biografi | 13 February 2022, 01:51
Kenalkan Issa Kabore, Bintang Burkina Faso di Piala Afrika 2021 Bidikan Man City

Libero.id - Piala Afrika 2021 telah selesai dengan timnas Senegal berhasil mencapai puncak kemenangan. Tapi, sepanjang turnamen, sejumlah pemain telah berjuang keras membela negaranya, termasuk pemain muda bidikan Manchester City, Issa Kabore.

Pemain berusia 20 tahun itu tampil memukau membela Burkina Faso, meski hanya sampai semifinal. Dia mampu memberikan tiga assist yang mengesankan dari posisi bek kanan, yang paling banyak dilakukan oleh pemain mana pun di turnamen tersebut.

Berdasarkan itu, Kabore dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Afrika 2021. Dan, tentu saja banyak yang penasaran siapa dia sebenarnya?

Pemain muda berbakat itu ternyata adalah bidikan Manchester City. Kabore direkrut dari Mechelen saat Man City sedang mempersiapkan pertandingan Liga Champions dengan Real Madrid. Jadi, kesepakatan itu sebagian besar tidak tersorot oleh media waktu itu.

Sejak kesepakatan itu, bek kanan Burkina Faso tersebut masih dipinjamkan ke Troyes untuk bermain di Ligue 1 Prancis. Namun, dia telah digadang-gadang bisa bergabung dalam skuad Pep Guardiola musim depan.

Bahkan, sejak direkrut Man City, Kabore belum pernah ke Inggris untuk menyelesaikan kesepakatan karena pembatasan yang berlaku pada saat itu masih terdampak pandemi. Jadi, dia menandatangani kontrak lima tahun saat masih di Belgia.

Di bawah ketentuan kesepakatan, Kabore, yang hanya membuat lima penampilan di level senior untuk Mechelen, akan tetap dipinjamkan ke tim Liga Jupiler untuk satu musim lagi.

Dia adalah salah satu dari sejumlah pemain menjanjikan yang direkrut oleh Man City pada musim panas yang sama. Kedatangannya hanya menjadi cerita empat paragraf di situs resmi klub.

Namun, 18 bulan kemudian, nama Kabore jauh lebih terkenal karena terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik di Piala Afrika 2021.

Bersama Troyes, Kabore telah membuat kemajuan yang stabil jauh sebelum turnamen di Kamerun. Dia bermain setiap menit saat Burkina Faso mencapai semifinal.

Penampilannya sekarang telah membawanya ke kesadaran yang lebih luas dan melihatnya diidentifikasi sebagai seseorang yang siap untuk mengambil langkah selanjutnya di level klub yang lebih besar. 

Sebagai bek sayap yang cepat dan punya karakter menyerang, Kabore memberikan tiga assist, dan menunjukkan kualitas pertahanannya ketika dia melawan Sadio Mane dalam pertandingan semifinal.

Pemain berusia 20 tahun itu telah kembali ke Prancis dan sekarang akan bertujuan untuk membantu Troyes dalam pertempuran lepas dari degradasi Ligue 1. Tentu saja, dengan kesepakatan pinjamannya yang akan berakhir musim panas ini, pertanyaan besarnya sekarang adalah: apa yang terjadi selanjutnya?

Kabore memiliki tiga tahun tersisa dalam kontraknya dengan Man City. Dan, di dalam klub, mereka percaya dia memiliki potensi untuk sukses di Liga Premier.

Namun, kehadirannya di Stadion Etihad tidak pernah mudah bagi pemain muda dan Pep Guardiola sudah memiliki dua bek kanan kelas dunia, yaitu Kyle Walker dan Joao Cancelo.

Di belakang keduanya, persaingan tak kalah sengitnya. Pemain timnas muda Inggris CJ Egan-Riley telah melakukan debut tim utama. Sementara Rico Lewis yang menjanjikan berkembang pesat melalui kelompok usia. Jauh dari Manchester, Man City juga telah berinvestasi dengan sejumlah bek kanan yang menarik.

Salah satunya pemain timnas Spanyol, Pedro Porro, meskipun Sporting Lisbon memiliki opsi untuk membeli pemain berusia 22 tahun itu. Sementara prospek pemain Peru, Kluiverth Aguilar, dipinjamkan ke Lommel. Yan Couto yang berperingkat tinggi tampil sangat baik di Braga, di mana dia memainkan peran penting dalam dorongan wakil Portugal di Liga Champions.

Namun, nama Kabore telah dicatat di Man City. Klub jelas mengawasi semua bintang pinjaman mereka dan mereka telah didorong oleh kemajuan yang dia buat dalam beberapa bulan terakhir.

Penanggung jawab perekrutan pemain, Phil Robinson, mengatakan kepada Kabore ketika dia pertama kali menandatangani kontrak: "Teruslah bekerja keras. Jangan berpikir Anda harus mengubah gaya permainan Anda karena Anda sekarang telah menandatangani kontrak dengan Manchester City."

"Terus lakukan apa yang Anda lakukan, terus belajar dari orang-orang di sana di Mechelen dan saya berharap yang terbaik untuk Anda," tambah Robinshon.

Kabore menerima saran itu. Dia melanjutkan untuk membuat 29 penampilan lebih lanjut bersama Mechelen saat mereka selesai di peringkat 8 klasemen di Divisi Pertama Belgia sebelum kemudian pindah ke Troyes. 

Sejak itu, dia menjadi pemain reguler untuk Burkina Faso. Dia memulai 14 pertandingan internasional terakhir mereka.

Sayangnya, impian mereka untuk tampil pertama kali di Piala Dunia telah berakhir. Meskipun tetap tak terkalahkan dalam pertandingan grup, tapi mereka tersingkir dari Aljazair untuk melewatkan pertandingan play-off.

Namun, penampilan cemerlangnya telah membuat banyak rumor beredar. Pemimpin Serie A, Inter Milan, sekarang dikabarkan tertarik untuk mengambil Kabore. Namun, untuk saat ini, fokus beralih kembali ke menjaga Troyes di Ligue 1 karena mereka saat ini duduk satu poin di atas zona degradasi.

Kabore kembali ke Manchester di musim panas tanpa keputusan yang diambil untuk langkah selanjutnya. Pemain yang dipinjamkan bisa kesulitan untuk masuk ke skuad senior Man City, tetapi Kabore tentu memberikan dirinya setiap kesempatan untuk memastikan bahwa dia akan bermain untuk tim papan atas musim depan. Entah itu di Etihad atau di tempat lain.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network