Kronologis Batalnya Timnas Indonesia U-23 Tampil di Piala AFF U-23 2022

"Positif 7 orang, masa inkubasi 4 orang, cedera 3 orang. Semoga cepat sembuh!"

Analisis | 11 February 2022, 13:40
Kronologis Batalnya Timnas Indonesia U-23 Tampil di Piala AFF U-23 2022

Libero.id - Seperti petir di siang bolong, keputusan PSSI membatalkan keikutsertaan tim nasional Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022 mengejutkan semua orang. Virus Corona dan cedera pemain membuat Shin Tae-yong tidak punya banyak pilihan.

Setelah mengumumkan memilih 29 pemain dan menggelar pemusatan latihan sejak Senin (7/2/2022), timnas U-23 sebenarnya dalam kondisi siap terbang ke Kamboja p-ada Jumat (11/2/2022). Bahkan, PSSI sudah menyiapkan pesawat khusus yang akan digunakan mengangkut semua anggota skuad.

Namun, seperti prosedur rutin di masa pandemi Covid-19, semua pemain timnas, staf pelatih, dan ofisial harus menjalani tes PCR. Itu dilakukan pada Kamis (10/2/2022) pagi. Dan, sehari kemudian, Jumat (11/2/2022) pagi, hasilnya keluar. Ternyata, itu mengejutkan.

"Setelah melakukan tes swab pagi kemarin (Kamis) ternyata ada lima pemain terpapar dan masih ada dua pemain, satu pelatih, satu staf yang masih positif. Jadi, total ada tujuh pemain dan dua staf tim nasional yang saat ini terpapar Covid-19," tulis Nova Arianto di akun Instagram miliknya, @novarianto30.

Pemain-pemain tersebut adalah Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi. Sementara empat pemain yang satu kamar dengan mereka yang positif menunggu masa inkubasi dan harus ikut karantina. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan. 

Sialnya, tiga pemain, yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal cedera saat bermain di Liga 1 2021/2022. "Tiga pemain cedera bersama klub. Dan, setelah dilakukan MRI, akhirnya diputuskan tidak bisa pulih dalam waktu singkat," ucap Nova.

Jika waktunya cukup banyak, sebenarnya PSSI bisa memanggil pemain lain. Anggota timnas U-19 atau beberapa pemain U-23 yang belum masuk skuad bisa saja dipanggil. Tapi, waktunya tidak memungkinkan karena pertandingan pertama Indonesia melawan Laos digelar Selasa (15/2/2022).

"Banyak pertimbangan dalam mengambil keputusan ini dan akhirnya coaching staff memutuskan timnas U-23 menarik diri dari Piala AFF U-23 di Kamboja," kata Nova.

"Untuk saat ini timnas U-23 tidak meiliki opsi lagi untuk pemain di posisi kiper, winger, dan striker karena rata-rata yang terpapar dan cedera adalah pemain di posisi tersebut," tambah mantan bek tengah Persebaya Surabaya, PSS Sleman, hingga Persib Bandung itu.

"Kami meminta maaf dengan keputusan yang diambil ini dan mohon doanya dari masyarakat semua untuk kesembuhan semua anggota tim nasional, baik pemain dan staf sehingga semuanya bisa beraktivitas normal kembali," tutup putra pelatih legendaris Sartono Anwar itu.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network