Analisis Performa Philippe Coutinho di Aston Villa, Cukup Memuaskan

"Aksi terbarunya bisa dilihat saat bermain imbang dengan Leeds United."

Analisis | 10 February 2022, 18:51
Analisis Performa Philippe Coutinho di Aston Villa, Cukup Memuaskan

Libero.id - Tidak butuh waktu lama bagi Philippe Coutinho untuk menunjukkan kembali kualitas terbaiknya sebagai gelandang jempolan. Seusai dinilai gagal bersama Barcelona, pemain Brasil itu balik ke Liga Premier dengan semangat pembuktian. Dan, Aston Villa tampaknya jadi klub yang tepat.

Coutinho sepertinya ingin mengingatkan dunia mengapa dirinya adalah salah satu pemain termahal dalam sejarah. Transfer Coutinho dari Liverpool ke Barcelona menelan biaya 160 juta euro (Rp2,6 triliun).

Sejauh ini di Aston Villa, Coutinho selalu dapat diandalkan. Pada laga debut, 16 Januari 2022, dia memainkan peran penting saat melawan Manchester United. Saat itu Aston Villa butuh dua gol untuk menyamakan kedudukan. Coutinho masuk sebagai pemain pengganti dan membuat satu assist serta satu gol cantik. Aston Villa selamat dari hal memalukan.

Yang paling baru, di laga keduanya di Liga Premier, Kamis (10/2/2022) dini hari WIB, Coutinho kembali dipercaya Stevan Gerrard. Kali ini, Aston Villa melawan Leeds United.

Dalam laga yang berakhir 3-3 itu Coutinho kembali memukau dengan mencetak gol dan memberikan dua assist. 

Seperti biasanya, tim lawan memimpin lebih dulu. Pasukan Marcelo Bielsa unggul melalui Daniel James di awal babak pertama, tepatnya menit kesembilan. Coutinho lalu mencetak gol balasan penyama kedudukan di menit 30. Dia melakukan penyelesaian terukur melewati Illan Meslier dan masuk ke sudut bawah setelah sentuhan pertama yang indah dari umpan Matty Cash.

Namun, mungkin kontribusi terbaik Coutinho adalah saat dengan jeli memberi bola terobosan ke Jacob Ramsey, yang membuat pertahanan Leeds kocar-kacir.

Tidak puas dengan itu, Coutinho seolah seperti memutuskan sendiri bahwa satu assist untuk Ramsey tidak cukup. Sekali lagi, dia membuka jalan bagi bintang muda Aston Villa itu untuk mencetak gol dengan umpan manis lainnya. Sampai dengan menit 42, Aston Villa unggul 3-1 lewat satu gol Coutinho dan dua gol Ramsey yang semuanya merupakan assist Coutinho.

Dan, laga tersebut merupakan sebagai salah satu yang paling menghibur di musim 2021/2022. Apalagi, sebelum jeda, James kembali mencetak gol untuk Leeds dengan sundulan jarak dekat melewati Emiliano Martinez. Satu gol lainnya dari Diego Llorente di menit 63 membuat skor jadi 3-3.

Jadi, tidak berlebihan kalau banyak yang melihat tanda-tanda kebangkitan Coutinho dalam periode keduanya di Liga Premier. Ini juga berarti tidak akan ada keraguan bagi Aston Villa untuk merubah kesepakatan pinjaman menjadi permanen.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Aston Villa


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network