Mirip Indonesia, Skuad Malaysia Juga Dilanda Covid-19 Jelang Piala AFF U-23 2022

"Siapa bilang Covid-19 hanya melanda Indonesia? Buktinya, pemain Malaysia juga tumbang."

Analisis | 10 February 2022, 14:13
Mirip Indonesia, Skuad Malaysia Juga Dilanda Covid-19 Jelang Piala AFF U-23 2022

Libero.id - Akhir-akhir ini, Covid-19  kembali pada level yang mengkhawatirkan dengan banyak pesepakbola yang merasakan imbasnya. Bukan hanya di Indonesia, gelombang baru Virus Corona juga melanda tim nasional Malaysia U-23 yang sedang bersiap ke Piala AFF U-23 2022.

Dalam beberapa pekan terakkhir, klub-klub Liga 1 harus merelakan sejumlah pemain menjalani isolasi setelah hasil tes PCR positif. Sayangnya beberapa pihak menganggap hal itu sebagai akal-akalan pihak lain yang tidak ingin timnya sukses. 

Pikiran picik seperti itu seharusnya dihindari mengingat Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia. Di Malaysia misalnya, pelatih Harimau Muda, Brad Maloney menyatakan skuadnya dipastikan kehilangan pemain penting akibat varian baru Virus Corona, yang disebut Omicron.

Salah satu yang cukup diratapi Maloney adalah Safwan Mazlan. Pelatih asal Australia tersebut memastikan tidak akan membawa pemain muda Terengganu FC itu ke Kamboja.

"Sebagai bagian protokol yang biasa dilaksanakan, semalam kami mengetes semua pemain dan seorang pemain terkena (Covid-19). Petugas medis mengikuti prosedur normal menyusul kejadian tersebut dan pemain lainnya sudah melakukan tes PCR ulang," ujar Maloney kepada Bernama.

"Sementara ini hanya satu orang (yang positif). Tapi, kami masih menunggu hasil tes PCR lanjutan. Jadi, tunggu saja keputusan yang melibatkan semua orang ini. Tes PCR merupakan bagian dari persyaratan untuk melakukan perjalanan ke Kamboja," tambah Maloney.

Selain Safwan, sebelumnya Maloney juga sudah mencoret tiga pemain lainnya. Mereka adalah Alif Mutalib, Umar Hakeem, dan Shaheeswaran. Tapi, mereka dicoret bukan karena Covid-19.

Maloney juga sudah memanggil empat pemain Selangor, yang sebelumnya ikut Harimau Muda pada Kualifikasi Piala Asia U-23. Mereka adalah Sikh Izhan Nazrel Sikh Azman (kiper), dan tiga bek (Ahmad Zikri Mohd Khalili, Muhammad Azrin Afiq Rusmini, dan Harith Haiqal Adam Afkar).

Pemusatan latihan Harimau Muda sudah berlangsung sejak awal bulan ini. Selain berlatih, skuad yang tergabung satu grup dengan Indonesia itu juga telah menjalani laga uji coba dengan beberapa klub lokal. Diantaranya Sabah FC. 

Rencananya, Malaysia akan terbang ke Phnom Penh pada Jumat (11/2/2022). Mereka menjalani laga perdana melawan Myanmar pada Selasa (15/2/2022). Kemudian, melawan Laos pada Jumat (18/2/2022), dan terakhir meladeni Indonesia pada Senin (21/2/2022).

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network