8 Pahlawan Arsenal yang Dicampakkan Begitu Saja

"Nomor 7 dilepas gratis ke Turki."

Analisis | 09 February 2022, 00:20
8 Pahlawan Arsenal yang Dicampakkan Begitu Saja

Libero.id - Dalam beberapa tahun terakhir, penggemar Arsenal telah terbiasa melihat Legenda klub kehilangan performa sebelum meninggalkan klub secara gratis. Pierre-Emerick Aubameyang hanyalah contoh terbaru dari kasus ini.

“Saya pikir di masa depan Anda akan melihatnya lebih dan lebih. Mengapa? Karena, transfernya sangat tinggi, bahkan untuk pemain normal,” kata Arsene Wenger pada 2017 merujuk prediksi yang terbukti benar di seluruh Eropa, terutama di klubnya sendiri.

"Anda akan melihat semakin banyak pemain memasuki tahun terakhir kontrak karena tidak ada klub yang mau membayar jumlah yang diminta dalam 10 tahun ke depan, itu akan menjadi hal yang biasa."

Mungkin karena Wenger telah melihat hal itu terjadi dengan para pemain yang telah melayaninya dengan baik selama bertahun-tahun dan dapat melihat ke arah mana arus itu berbalik. Banyak hal yang tentunya tidak berubah sejak kepergiannya.

Berikut adalah delapan pemain yang pada satu titik begitu brilian bermain untuk Arsenal, tetapi kemudian pergi dengan sia-sia.

#1 Andrey Arshavin

Setelah mengumumkan dirinya sebagai pesepakbola yang luar biasa menarik dengan penampilan memukau untuk Rusia di Euro 2008, Arshavin dengan cepat memenuhi tagihannya di Arsenal setelah tiba dengan biaya rekor klub pada Februari 2009.

Namun, seiring berjalannya waktu, penampilan datar menjadi hal biasa. Dia menghabiskan bulan-bulan terakhir kontraknya di Arsenal dengan status pinjaman di Zenit Saint Petersburg.

Karier Arshavin di Arsenal berakhir ketika klub akhirnya dengan senang hati melepasnya untuk menghemat tagihan gaji. Ini akan menjadi tema umum di tahun-tahun mendatang.

#2 Bacary Sagna

Sagna tidak pernah cukup dipuja seperti beberapa nama lain dalam daftar ini, tetapi dia adalah bek kanan yang bisa diandalkan. Dia membuat hampir 300 penampilan untuk klub dan jarang ada yang terlihat buruk.

Karier tujuh tahun mantan pemain internasional Prancis itu sebagian besar bertepatan dengan kemarau panjang trofi klub, yang berakhir di final Piala FA 2014 setelah meraih kemenangan comeback dramatis 3-2 atas Hull City asuhan Steve Bruce.

Namun, ini juga menjadi salah satu penampilan terakhirnya bersama The Gunners. Dia berusia 31 tahun saat itu dan menolak perpanjangan kontrak dua tahun, kemudian bergabung dengan juara bertahan Liga Premier, Manchester City.

“Saya membutuhkan sesuatu yang berbeda dan saya memilikinya di Man City,” kata Sagna kepada The Mail tahun lalu. “Saya menemukan tim yang sudah juara, tim yang kompetitif di setiap posisi."

“Saya menghabiskan enam tahun dan tidak pernah mengeluh. Saya selalu berkomitmen pada tim, tetapi pada titik tertentu saya merasa harus mengubah diri saya sendiri, keluar dari zona nyaman saya dan bersaing untuk sesuatu yang bukan milik saya.”

Sagna menghabiskan tiga tahun di Etihad, tetapi hanya memenangkan Piala Liga di sana.

#3 Santi Cazorla

Beberapa pemain dalam sejarah Arsenal baru-baru ini secara estetis menyenangkan untuk ditonton seperti Cazorla, pesepakbola memukau yang memiliki tahun-tahun terakhirnya di Emirates dirusak oleh cedera.

Keadaan menjadi sangat buruk, sehingga pemain Spanyol itu hampir harus mengamputasi kakinya. Kemudian terungkap bahwa cederanya bisa dirawat dengan lebih baik oleh tim medis Arsenal.

“Mereka tidak pernah bertanggung jawab atau meminta maaf,” kata Cazorla kepada Guardian pada 2018.

“Saya yakin mereka berpikir bahwa mereka melakukan hal yang benar, itu bukan karena bakteri yang tidak terlihat, itu hanya nasib buruk. Saya tidak berpikir mereka merasa bersalah. Wenger selalu mendukung saya. Dia memperbarui kontrak saya sebelum operasi pertama, yang merupakan isyarat yang luar biasa.”

Merupakan keajaiban bahwa karier Cazorla belum berakhir ketika kontraknya di Arsenal berakhir pada 2018. Lebih ajaib lagi, dia pulih dan menemukan kembali performanya dan memberi Villarreal dua musim layanan yang luar biasa.

Hanya sedikit yang iri padanya ketika dia menandatangani kontrak dengan klub Qatar Al Sadd pada 2020.

#4 Alexis Sanchez

Ketika Sanchez memasuki enam bulan terakhir dari kontraknya, Manchester United mencari tanda tangannya, dan sebagai gantinya Wenger mendapatkan Henrikh Mkhitaryan.

Terlepas dari beberapa kilatan awal, Mkhitaryan berjuang untuk menemukan kembali performa yang membuatnya begitu luar biasa di Borussia Dortmund, seperti yang dia lakukan di Old Trafford.

Pemain internasional Armenia itu hanya menghabiskan satu setengah musim di klub sebelum akhirnya kontraknya dihentikan dan pindah ke Roma.

Jadi, dengan cara yang berbelit-belit, kami menghitung Sanchez di sini, karena The Gunners tidak mendapat keuntungan finansial dari kepergiannya.

Mengingat bagaimana waktu pemain Chile itu pergi ke Man United, Arsenal beruntung dia tidak berkomitmen untuk perpanjangan kontrak yang menguntungkan.

Mereka beruntung menikmati tahun-tahun terbaik dalam kariernya dengan 166 penampilan, 80 gol, dan 45 assist. Betapa dia adalah pemain hebat di masa jayanya.

#5 Jack Wilshere

“Sejujurnya, saya seharusnya tidak pernah pergi,” kata gelandang mengenang setelah meninggalkan Arsenal bersama Wenger pada 2018.

“Itu bukan apa-apa melawan West Ham, itu bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi, saya seharusnya tidak meninggalkan Arsenal.”

Masih berusia 30 tahun, Wilshere kembali berlatih bersama Arsenal. Tetapi, tidak mungkin untuk tidak memikirkan apa yang mungkin terjadi. Seperti Arshavin, dia akan selalu memiliki malam itu melawan Barcelona.

#6 Aaron Ramsey

Hanya sedikit yang mengira bahwa Ramsey akan menghabiskan musim 2022 dengan status pinjaman di klub Liga Utama Skotlandia, Rangers, tetapi inilah dia.

Cedera tampaknya telah mengambil korban pada pemain Wales itu, tetapi dia setidaknya memenangkan gelar Serie A saat berada di Turin. Akan menarik untuk melihat apakah tugasnya di Skotlandia dapat menghidupkan kembali kariernya.

Apa pun yang terjadi selanjutnya, banyak momen briliannya selama bertahun-tahun di Arsenal. Dia selalu memastikan bahwa dirinya akan selalu menjadi sosok yang sangat dicintai di sana.

#7 Mesut Oezil

Beberapa transfer membuat penggemar Arsenal pusing seperti kedatangan Oezil yang memecahkan rekor klub pada 2013.

Playmaker itu bermain luar biasa untuk Real Madrid dan mengakhiri musim debutnya di London utara dengan memainkan peran kunci dalam kemenangan Arsenal di Piala FA 2014. Itu merupakan trofi pertama mereka dalam tujuh tahun. Kemudian musim panas itu dia mengangkat Piala Dunia bersama Jerman.

Banyak lagi momen inspiratif yang mengikutinya selama bertahun-tahun, yang berpuncak pada Oezil saat menandatangani perpanjangan kontrak tiga setengah tahun pada Februari 2018.

Semuanya dengan cepat menurun dari sana, dan semuanya berakhir dengan menyedihkan ketika dia dikeluarkan dari skuad Mikel Arteta dan diizinkan pergi dengan gratis ke Fenerbahce untuk menghemat tagihan gajinya yang cukup besar.

#8 Pierre-Emerick Aubameyang

Setahun setelah kepergian Oezil dirayakan sebagai kemenangan oleh beberapa orang, sejarah telah berulang pada pemain lainnya.

Untuk sementara waktu, Aubameyang benar-benar tak terbendung. Dia mencetak 10 gol dalam 13 penampilan pertamanya di Liga Premier setelah kedatangannya di pertengahan musim dari Borussia Dortmund pada Januari 2018. Dia kemudian mencetak 22 gol liga di dua musim penuh berikutnya.

Striker tersebut mencetak keempat gol saat Arsenal asuhan Arteta mengalahkan Manchester City (2-0) dan Chelsea (2-1) di semifinal dan final Piala FA pada 2020. Dia sekali lagi menjadi pencetak gol di Wembley pada musim panas itu di Community Shield atas Liverpool.

Namun, dia akhirnya dikeluarkan dari skuad Arteta karena masalah disiplin sebelum kontraknya dihentikan untuk memungkinkan dia pindah ke Barcelona.

“Beberapa bulan terakhir saya di Arsenal cukup rumit, terkadang itulah sepakbola. Bagi saya, saya tidak pernah ingin melakukan kesalahan,” kata pemain internasional Gabon itu setelah perkenalannya di Barcelona.

“Masalah saya hanya dengan Arteta. Saya tidak bisa berkata banyak lagi, saya tidak senang.”`

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network