Kalah dari Korea Selatan, Stajcic: Filipina Baru Saja Memulai

"Filipina kini fokus pada pergelaran Piala Dunia Wanita, Indonesia kapan?"

Berita | 05 February 2022, 06:55
Kalah dari Korea Selatan, Stajcic: Filipina Baru Saja Memulai

Libero.id - Petualangan timnas wanita Filipina di Piala Asia Wanita 2022 mungkin telah berakhir setelah kalah 2-0 dari Republik Korea di semifinal pada hari Kamis kemarin (03/02/2022), tetapi pelatih kepala Feisty ladies, Alen Stajcic yakin pengalaman yang diperoleh para pemainnya akan memberi mereka kepercayaan diri untuk bersaing di pentas Piala Dunia Wanita 2023.

Sebagai negara ASEAN pertama yang tampil di semifinal Piala Asia Wanita usia mengalahkan China Taipei di perempat final, Stajcic memuji semangat juang anak asuhnya setelah kalah dari Korea Selatan.

“Itu adalah pertandingan yang sangat sulit,” ujar Stajcic seperti dilansir dari the-afc.com. 

“Republik Korea adalah tim yang lebih baik dan memiliki lebih banyak peluang daripada yang kami miliki. Setelah 120 menit di pertandingan terakhir, para pemain masih berjuang sampai mati."

“Ada hati dan keberanian yang luar biasa di grup ini, dan saya bangga dengan mereka. Semua orang di negara asalnya di Filipina harus bangga dengan grup ini, yang telah menempuh perjalanan jauh dalam waktu yang singkat."

“Kami memiliki tim yang hampir tidak berlatih selama periode COVID, dan mereka datang ke sini dan melakukan upaya dan kinerja semacam itu. Untuk bisa berlari sebanyak itu setelah perputaran yang begitu singkat dan energi sebanyak itu melawan tim kelas atas benar-benar fenomenal.”

Perjalanan Tahnai Annis dkk sendiri terbilang luar biasa, karena setiap laga di fase Grup B mereka selalu tampil lebih baik bahkan bisa mengimbangi permainan negara kuat seperti Australia.

“Kami membuat sejarah hampir setiap kali kami menginjakkan kaki di lapangan, tidak ada lagi yang bisa Anda minta. Standar dan harapan untuk negara telah dinaikkan, dan sekarang semua orang harus bergabung. Kami sekarang harus mempersiapkan diri untuk Piala Dunia dan memastikan kami melakukan semua yang kami bisa sebagai negara untuk memberi para pemain ini kesempatan maksimal untuk tampil di panggung itu.”

Stajcic ditunjuk sebagai pelatih timnas wanita Filipina pada Oktober 2021 dan meskipun tugasnya singkat, waktunya bersama Malditas telah menjadi pengalaman kepelatihan terbaiknya hingga saat ini.

“Ini mungkin pengalaman terbaik dalam karir kepelatihan saya. Saya telah melatih selama 20 tahun dan untuk membantu kelompok pemain ini, yang sangat berdedikasi, bertekad dan (memiliki) begitu banyak disiplin, hati dan semangat, mengingat apa yang harus mereka atasi untuk mencapai titik ini."

“Saya tidak pernah melatih tim yang memiliki begitu banyak rintangan untuk diatasi. Untuk mencapai level ini dan untuk berjuang dan bersaing sampai tendangan terakhir dari semi final benar-benar sebuah pengalaman. Merupakan pengalaman yang luar biasa untuk mengenal setiap pemain dan staf, ini adalah grup yang bersatu.”

Dengan Piala Dunia Wanita FIFA yang tinggal 18 bulan lagi, Stajcic turnamen Piala Asia Wanita di India telah memberi tim kepercayaan diri dan mentalitas pemenang untuk bersaing di level tertinggi.

“Saya tidak berpikir mereka benar-benar percaya bahwa mereka dapat bersaing di level ini sebelum turnamen ini. Kemenangan melawan Thailand dan menahan Australia 0-0 di babak pertama adalah prestasi yang luar biasa."

"Untuk memenangkan dua pertandingan di turnamen untuk pertama kalinya (di babak penyisihan grup) dan kemudian lolos ke Piala Dunia, ada begitu banyak momen spesial yang menambah keyakinan dan kepercayaan diri di grup ini."

“Ada tulang punggung dari mentalitas yang sangat kuat di grup ini, dan jika Anda dapat membangunnya, tidak ada keraguan tentang apa yang dapat Anda tingkatkan."

“Anda tidak bisa meniru bermain melawan semua tim. Thailand, yang telah dua Piala Dunia, Cina Taipei, yang berada di peringkat atas, Australia dan Republik Korea, yang telah menjadi kelas berat abadi di AFC untuk waktu yang lama."

“Kecepatan, tempo, dan teknik para pemain ini sangat fenomenal. Tapi bagi kami untuk bermain melawan pemain seperti Ji (So-yun), yang mungkin adalah lima besar saya di dunia, adalah pengalaman yang fenomenal bagi para pemain kami.”

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network