Peringkat 5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Afrika

"Nomor 1 akhirnya jadi Presiden FA Kamerun."

Analisis | 03 February 2022, 15:13
Peringkat 5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Afrika

Libero.id - Piala Afrika (AFCON) diadakan setiap dua tahun sekali untuk menentukan tim terbaik di Benua Afrika. Turnamen ini menjadi perayaan pamungkas sepakbola Afrika, karena para pemain terbaik benua akan berkumpul untuk menghadirkan event sepakbola berkualitas tinggi.

Striker secara umum mencetak banyak gol di AFCON selama bertahun-tahun, dengan beberapa dari mereka mendapatkan sambutan hangat. Tren itu terus berlanjut hingga tahun ini. Striker Kamerun, Vincent Aboubakar dan Karl Toko-Ekambi, telah menyalakan kompetisi dengan mencetak 11 gol di antara mereka.

Namun, keduanya bukan salah satu pencetak gol paling produktif di kompetisi ini. Pada catatan itu, berikut adalah lima pencetak gol terbanyak dalam sejarah AFCON.

#5 Didier Drogba - 11 gol

Legenda Pantai Gading, Didier Drogba, telah mencetak 11 gol untuk tim nasionalnya dalam 24 penampilan di AFCON dalam lima edisi. Mantan striker Chelsea ini menjadi ikon di negara asalnya karena prestasinya di sepakbola internasional.

Drogba membuat debut Piala Afrika pada 2006. Dia mengakhiri turnamen dengan tiga gol saat Pantai Gading kalah di final dari Mesir melalui adu penalti. Pada 2008, striker itu mencetak tiga gol lagi, tetapi negaranya hanya mengakhiri kompetisi di tempat keempat.

Dia hanya tampil tiga kali di AFCON 2010 dan mencetak satu gol. Drogba mencetak tiga gol pada 2012 saat Pantai Gading berada di urutan kedua. Dia hanya berhasil mencetak satu gol dalam penampilan terakhirnya di AFCON pada 2013.

Drogba memenangkan dua medali perak bersama Pantai Gading dalam lima penampilan dalam kompetisi dua tahunan itu. Striker ini juga memiliki lima assist di AFCON.

#4 Hassan El-Shazly - 12 gol

Striker Mesir, Hassan El-Shazly, adalah mesin pencetak gol di era 1960-an. Dia mencetak 12 gol dalam sepuluh pertandingan AFCON di tiga edisi kompetisi.

El-Shazly pertama kali muncul di turnamen pada 1963. Dia mencetak enam gol dan dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak turnamen, sekaligus membantu Mesir untuk menyelesaikan tempat ketiga. Pada 1970, dia mencetak lima gol saat Mesir finis ketiga.

Striker itu hanya berhasil mencetak satu gol dalam edisi 1974 sebelum mengakhiri kariernya yang termasyhur.

El-Shazly memiliki salah satu rasio gol per game terbaik dalam sejarah turnamen. Beliau meninggal pada 2015 dalam usia 71 tahun.

#3 Rashidi Yekini - 13 gol

Dianggap sebagai salah satu striker Nigeria terhebat sepanjang masa, Rashidi Yekini mencetak 13 gol AFCON untuk Super Eagles dalam 24 penampilan di empat edisi. Striker itu mencetak gol untuk kesenangan bagi Super Eagles, terutama di AFCON.

Yekini pertama kali muncul dalam kompetisi dua tahunan pada 1984, di mana dia gagal mencetak gol dalam empat pertandingan saat Nigeria finis kedua. Pada 1988, dia berhasil mencetak satu gol dalam lima penampilan saat Super Eagles finis kedua lagi.

Dia mencetak tiga gol dalam kompetisi edisi 1990 saat Nigeria berhasil menempati posisi ketiga. Yekini mencetak tiga gol lagi pada 1992 dan lima di AFCON 1994, di mana ia memimpin Super Eagles meraih gelar dan memenangkan Sepatu Emas.

Yekini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Nigeria dengan 37 gol dalam 57 penampilan. Striker tersebut meninggal pada 2012 di usia 48 tahun.

#2 Laurent Pokou - 14 gol

Sebelum Didier Drogba, Pantai Gading memiliki striker legendaris lainnya dalam diri Laurent Pokou. Dia mencetak 14 gol hanya dalam 13 pertandingan AFCON sekaligus memegang rekor eksklusif dalam kompetisi.

Pokou membuat penampilan pertamanya di turnamen pada 1968, mengakhiri musim debutnya dengan enam gol dalam lima penampilan. Dalam edisi kompetisi berikutnya pada 1970, striker Pantai Gading itu mencetak delapan gol dalam lima pertandingan, termasuk lima gol saat melawan Ethiopia.

Dia gagal mencetak gol dalam penampilan tunggalnya di AFCON pada 1974 dan dua gol pada 1980.
Rekor Pokou dari lima gol dalam satu pertandingan AFCON masih bertahan setelah 52 tahun. Sang Legenda sayangnya meninggal pada 2016 di usia 69 tahun.

#1 Samuel Eto'o - 18 gol

Striker Kamerun, Samuel Eto'o, bisa dibilang menjadi salah satu striker Afrika terbaik sepanjang masa. Dia mencetak 18 gol dalam 29 pertandingan AFCON di enam edisi kompetisi. Eto'o adalah salah satu dari sedikit pemain yang tampil dalam enam edisi AFCON.

Pemain Kamerun itu mencetak empat gol dalam penampilan pertamanya di AFCON pada 2000, termasuk satu di final saat dia membantu Indomitable Lions meraih gelar. Striker itu mencetak satu gol pada 2002 saat negaranya mempertahankan gelar mereka.

Eto'o mencetak satu gol pada 2004 dan lima kali pada 2006, namun Kamerun tersingkir di perempat final pada kedua kesempatan tersebut. Dia mencetak lima gol pada 2008, di mana Indomitable Lions finis kedua, dan dua kali pada 2010.

Eto'o mencetak gol dalam enam penampilannya di AFCON, dan saat ini menjabat sebagai Presiden Asosiasi SepakBola Kamerun yang terpilih pada 2021.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network