Peringkat 5 Pelatih Prancis Terbaik

"Nomor 1 sang revolusioner di London Utara."

Analisis | 26 January 2022, 16:46
Peringkat 5 Pelatih Prancis Terbaik

Libero.id - Setelah mereka tersingkir dari penyisihan grup di Piala Dunia 2010, sepakbola Prancis bangkit kembali secara mengesankan. Di kancah internasional, Les Bleus bisa dibilang telah membangun skuad paling proporsional di dunia setelah menghasilkan kejayaan di Piala Dunia 2018.

Di liga domestik, belanja besar-besaran dari Paris Saint-Germain telah berkembang menjadi pesaing abadi Liga Champions. Dari Neymar hingga Lionel Messi, banyak pemain terbaik dunia kini bermain di Ligue 1.

Sementara bintang Prancis, Kylian Mbappe dan Karim Benzema, telah mengukuhkan diri sebagai pemain paling produktif di posisi masing-masing. Pemain muda Prancis yang sangat berbakat lainnya juga cepat naik pangkat. Ini menjadi tanda-tanda yang tidak menyenangkan bagi rival Les Bleus.

Kebangkitan ini juga tercermin dari segi pelatih. Pada tahun 2010-an, pelatih klub Prancis didominasi oleh manajer dari Spanyol dan Jerman, pelatih Prancis juga menunjukkan kelas mereka dengan memenangkan beberapa hadiah terbesar di dunia sepakbola. Pada catatan itu, berikut adalah lima pelatih Prancis terhebat yang pernah menghiasi sepakbola dunia.

#5 Albert Batteux

Dikenal sebagai pelatih paling sukses dalam sejarah sepakbola klub Prancis. Batteux mengukir namanya bersama Reims yang juga ia wakili selama karier bermainnya. Dia memulai tugas kepelatihan pertamanya pada usia muda, yakni 29 tahun dan memimpin Reims meraih lima gelar liga, yang pertama datang pada 1953.

Prancis bahkan membuat langkah yang mendalam di Eropa dengan mencapai dua final Piala Eropa sebelum direbut oleh Real Madrid pada kedua kesempatan.

Dia kemudian pindah ke Saint-Ettiene, di mana dia memenangkan empat gelar liga berturut-turut antara 1967 dan 1970. Les Verts kemudian mendominasi sepakbola Prancis pada 1970-an saat Batteux menambahkan dua trofi Coupe de France ke dalam lemari trofinya.

#4 Aime Jacquet

Aime Jacquet memimpin Les Bleus meraih kemenangan pertama mereka di Piala Dunia pada 1998 dan menyegel tempatnya dalam cerita rakyat Prancis. Jacquet adalah pelatih yang metodis. Dia mengubah tim dari yang kurang berprestasi menjadi tim yang disiplin dan memenangkan pertandingan-pertandingan penting.

Dia ditunjuk sebagai pelatih kepala Prancis setelah gagal lolos ke Piala Dunia 1994. Di bawah asuhannya, tim Prancis bangkit kembali dengan cepat dan mencapai semifinal Euro 1996. Les Bleus kemudian secara mengejutkan mengalahkan Brasil di final Piala Dunia dengan kemenangan 3-0.

Jacquet juga menjadi pelatih klub yang luar biasa, memenangkan tiga gelar Ligue 1 dan dua trofi Coupe de France bersama Bordeaux pada 1980-an.

#3 Zinedine Zidane

Zinedine Zidane menjadi pemain terbaik dalam sejarah Prancis. Pada saat karier kepelatihannya berakhir, tidak mengejutkan jika dia menjadi pelatih kepala Prancis yang paling sukses.

Kritik terhadap Zidane mempertanyakan kemampuan kepelatihannya, dan dia hanya mengelola satu klub, yaitu Real Madrid yang memiliki skuad terbaik di dunia saat itu.

Namun, angka tidak berbohong. Dia telah memenangkan 190 dari 301 pertandingannya sebagai pelatih kepala Los Blancos. Itu memberinya persentase kemenangan yang mengejutkan lebih dari 63%.

Faktanya, Zidane adalah satu-satunya pelatih yang memenangkan kompetisi Liga Champions tiga kali berturut-turut, yang merupakan rekor yang bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Dia juga memenangkan La Liga, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa masing-masing dua kali.

Dengan 11 trofi hanya dalam enam musim, Zidane bisa menjadi salah satu pelatih terhebat yang pernah ada. Dia baru berusia 49 tahun dan memiliki karier yang panjang di depannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dia menginginkan tantangan di tim nasional Prancis, dan bisa mendapatkannya setelah Piala Dunia tahun ini di Qatar.

#2 Didier Deschamps

Setelah menjadi kapten Prancis di Piala Dunia 1998, pantas jika Didier Deschamps melatih timnas untuk meraih kemenangan kedua di edisi 2018. Kemenangan yang tak terlupakan membuatnya menjadi orang ketiga yang memenangkan Piala Dunia baik sebagai pemain maupun pelatih.

Ditugaskan untuk mengambil bagian dari tim nasional Perancis yang gagal setelah Piala Dunia 2010, Deschamps sukses menaklukkan tanggung jawab itu.

Prancis mencapai final Euro 2016, namun kalah dari Portugal. Mereka akhirnya membayarnya dengan merebut Piala Dunia 2018, dan juga menambahkan trofi National League 2020 ke dalam tangkapan piala internasional mereka. Les Bleus juga akan memasuki Piala Dunia tahun ini di Qatar sebagai salah satu favorit juara.

Meskipun ada tanda tanya atas pendekatan pragmatis dan defensif Deschamps, hasilnya berbicara sendiri. Di level klub, dia membawa AS Monaco ke final Liga Champions 2003, dan membantu tim Prancis memenangkan trofi Coupe de France.

Dia juga membantu Juventus keluar dari Serie B pada 2006/2007 setelah skandal pengaturan pertandingan. Deschamps memenangkan Ligue 1 bersama Marseille pada 2010, dan tiga Piala Prancis berturut-turut. Deschamps tidak diragukan lagi adalah Legenda Prancis.

#1 Arsene Wenger

Arsene Wenger memiliki kecemerlangan yang tidak dilebih-lebihkan. Meski belum pernah melatih tim nasional Prancis, Wenger adalah salah satu manajer klub terbaik dalam sejarah sepakbola.

Orang Prancis itu telah mengubah sepakbola seperti yang kita kenal, dan pantas disebut sama dengan para revolusioner seperti Rinus Michels dan Johan Cryuff. Pada akhir 1980-an dan 1990-an, Wenger memperkenalkan metode pelatihan, diet, strategi, dan taktik baru sambil mengubah cara pemain mendekati permainan.

Wenger mengukir namanya bersama Monaco di Prancis, memimpin klub meraih gelar Ligue 1 1987/1988 di musim debutnya sebagai pelatih. Dia juga membawa mereka meraih kemenangan Coupe de France dan final Piala Winners Eropa 1992.

Dia kemudian sukses di Jepang bersama Nagoya Grampus, memenangkan trofi, sebelum tiba di Arsenal pada 1996. Wenger menghabiskan 22 tahun berikutnya bersama The Gunners, memenangkan tiga gelar Liga Premier dan tujuh Piala FA.

Di bawah pelatih asal Prancis itu, Arsenal menjadi kuat karena memainkan sepakbola yang menarik, mengalir bebas, dan halus. Gaya Wenger pada saat itu sangat berbeda dari pendekatan langsung dan fisik sepakbola Inggris, namun mantan pelatih Arsenal itu menjadi katalisator perubahan. Dia melatih The Gunners dalam 1.224 pertandingan, memenangkan 708 di antaranya.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network