Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 13 Pembelian Aneh Jose Mourinho

"Orang waras pasti tak akan pilih nomor 3."

Analisis | 24 January 2022, 19:02
Peringkat 13 Pembelian Aneh Jose Mourinho

Libero.id - Jose Mourinho kini sudah dianggap sebagai salah satu manajer terbesar dan paling kontroversial sepanjang masa. Dalam kariernya di sembilan klub dalam lebih dari 20 tahun, The Special One telah memenangkan hampir semua yang ditawarkan.

Beberapa gelar liga dan trofi Liga Champions sudah diraihnya. Dia juga memiliki reputasi sebagai seseorang yang boros belanja.

Menghabiskan total lebih dari 1 miliar pounds (Rp 16,2 triliun) di sembilan klub berbeda, menjadikannya salah satu pelatih dengan belanja terboros dalam sejarah sepakbola. Pemain-pemain yang dibelinya berkisar dari yang brilian hingga yang benar-benar buruk.

Kami telah memberi peringkat pada 13 pembelian Mourinho yang aneh, dari yang agak aneh hingga yang sangat aneh.

#13. Baba Rahman

“Saya tak sabar untuk bermain di skuad. Sepakbola bukan pertunjukan satu orang, kita harus bermain bersama,” kata bek kiri Ghana itu setelah bergabung dengan Chelsea pada Agustus 2015.

“Dia (Mourinho) adalah salah satu pelatih terbaik di dunia dan saya tak sabar untuk bekerja dengannya."

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

“Saya pikir dia kadang-kadang bisa lucu, itulah yang saya lihat di TV, tetapi dia adalah pelatih yang bekerja keras dan taktis.”

Jose kemudian memberi tanggapan atas komentar itu. "Saya lucu bagaimana? Maksudku lucu seperti aku badut, aku menghiburmu?"

Rahman sebenarnya membuat 23 penampilan dengan 15 di antaranya di Liga Premier selama musim debutnya. Dia bertahan di Chelsea selama tujuh tahun kemudian, tetapi saat ini menjalani tugas pinjaman keenamnya.

#12. Tal Ben-Haim

Bek tengah Israel yang mengesankan itu tampil bagus di Bolton Wanderers asuhan Sam Allardyce, sehingga ada beberapa klub yang mengitarinya ketika kontraknya berakhir pada musim panas 2007.

Chelsea asuhan Mourinho akhirnya mengambil kesempatan, meskipun sudah memiliki John Terry, Ricardo Carvalho, dan Alex dalam barisan pertahanan mereka. Namun, Ben-Haim mengklaim dia dijanjikan bermain di tim utama.

Mourinho kemudian meninggalkan Chelsea pada September 2007 setelah awal musim yang buruk, yang membuat Ben-Haim dalam posisi canggung di bawah penggantinya Avram Grant.

“Jose yang membawa saya ke sini dan tidak seorang pun kecuali dia dan saya tahu percakapan kami ketika dia mencoba untuk mengontrak saya pertama kali setahun yang lalu,” kata sang bek.

“Faktanya adalah ketika Jose menjadi pelatih, saya memainkan sebagian besar pertandingan dan orang-orang yang mengenal saya tahu bahwa saya tidak akan datang ke sini untuk menjadi pemain cadangan. Saya tahu tidak ada hal baik yang akan datang kepada saya dan Grant sebagai pelatih Chelsea.”

Dia hanya bertahan satu musim di Chelsea dan hanya bermain 13 pertandingan, yang menimbulkan pertanyaan mengapa Mourinho mengontraknya dan menjanjikannya peran tim utama walau kemudian menghabiskan satu musim di bangku cadangan.

#11. Hamit Altintop

Pembelian pemain Real Madrid lainnya yang aneh pada saat itu, bahkan lebih aneh untuk dipikirkan kembali. Dia adalah Altintop yang pindah ke Santiago Bernabeu dengan status bebas transfer dari Bayern Muenchen pada 2011.

Sebuah klub yang terkenal dengan uang besar menandatangani gelandang cadangan itu secara gratis. Ketika Anda menganggap bahwa pemain internasional Turki itu hanya membuat lima penampilan liga dalam satu tahun di klub, kesepakatan menjadi seimbang dan lebih dipertanyakan.

Mourinho memberinya kontrak empat tahun, tetapi menjualnya ke Galatasary setelah hanya satu musim. Bukan kesepakatan yang akan dia sesali, tapi kesepakatan yang mungkin tidak akan dia ulangi.

#10. Radamel Falcao

Falcao menjadi pembelian yang mengejutkan, mengingat betapa bagusnya Radamel Falcao di masa jayanya. Tetapi, Mourinho tidak mendatangkan Falcao untuk yang pertama kalinya.

Mourinho menandatangani kontrak dengan Falcao yang tidak sepenuhnya percaya diri, yang baru saja menghabiskan tahun yang sangat tidak produktif di Old Trafford.

Agar adil bagi Mourinho, dia didatangkan sebagai cadangan, tetapi dengan status pinjaman dari Monaco. Dia dibayar dengan gaji yang sangat tinggi, walau Falcao hanya mencetak satu gol liga. Fakta itu benar-benar tidak layak.

#9. Mohamed Salah

Mengapa salah satu pemain terbaik di dunia masuk dalam daftar ini, Anda bertanya?
Mourinho mendatangkan Salah pada Januari 2014. Setelah hampir tidak memainkannya, Mou meminjamkannya hingga menjualnya dari Chelsea.

Penggemar Chelsea menutupi mata mereka dengan ngeri setiap kali Salah mencetak gol melawan mereka, mengingat bahwa dia pernah mengenakan kemeja biru, dan akan mempertanyakan mengapa Mourinho membeli bakat seperti itu jika dia tidak akan memainkannya.

#8. Juan Cuadrado

Seperti Salah, Cuadrado dibeli pada jendela Januari seharga 23 juta pounds (Rp 373 miliar) pada 2015. Tetapi, setelah hanya 13 penampilan liga dalam enam bulan, sang pemain dipinjamkan dan akhirnya dijual ke Juventus. Cuadrado masih tetap menjadi pemain yang cukup berguna di Turin.

Sekali lagi, orang-orang bertanya-tanya bagian apa yang harus dimainkan Mourinho dalam kesepakatan itu, dan mempertanyakan mengapa hal itu tidak bisa berubah secara berbeda.

#7. Filipe Luis

Penandatanganan bek kiri terbaik di dunia dengan harga 18 juta pounds (Rp 293 miliar) dari Atletico Madrid pada 2014. Itu tampak menjadi bisnis yang luar biasa pada saat itu, sampai Mourinho memutuskan untuk memainkan Cesar Azpilicueta di depan dia.

Luis bertahan hanya satu tahun sebelum kembali ke Atletico dengan harga sekitar 14 juta pounds (Rp 227 miliar), yang berarti Chelsea merugi. Apa gunanya?

#6. Jiri Jarosik

Jarosik tiba di Chelsea setelah sang bek direkrut dari CSKA Moscow pada 2005. Dia memulai kemenangan di final Piala Liga, memainkan permainan yang baik untuk mengumpulkan medali pemenang Liga Premier, dan pergi secepat dia tiba.

#5. Joe Hart

Chelsea juga menandatangani kiper berpengalaman, di mana lebih dari 100 clean sheet Liga Premier dan beberapa gelar di bawah ikat pinggangnya sebagai cadangan tampak baik-baik saja.

Ketika Joe Hart bergabung dengan Spurs dengan status bebas transfer dari Burnley pada 2020, tidak ada yang mengedipkan mata. Apa yang salah?

Hart membuat beberapa kesalahan mengerikan ketika dimainkan, tetapi kesalahan terbesarnya terjadi di media sosialnya.

Setelah Spurs secara memalukan tersingkir dari Liga Europa oleh Dinamo Zagreb, Hart memposting cerita Instagram yang mengatakan 'perjuangan telah selesai.'

Hart berada di bangku cadangan pada pertandingan itu, jadi dia tidak memperhatikan, atau hanya ingin timnya kalah.

Seluruh kejadian itu berujung pada video 'permintaan maaf' yang canggung keesokan harinya. Bagaimana penjaga gawang cadangan menyebabkan drama semacam ini?

#4. Marko Arnautovic

Mantan pemain West Ham dan Stoke ini adalah pemenang Liga Champions berkat tugas singkatnya di Inter Milan saat dilatih Jose Mourinho.

Penandatanganan yang aneh sejak awal, saat dia bergabung dengan raksasa Italia dengan status pinjaman dari FC Twente, dengan kewajiban untuk membeli jika dia tampil cukup baik.

Dia bermain hanya tiga kali di liga sebelum Inter memilih untuk tidak mempermanenkannya. Mourinho menyatakan saat pertama kali bertemu, Arnautovic mengaku dirinya lebih baik dari semua striker senior Inter.

Para pemain itu kebetulan adalah Zlatan Ibrahimovic, Hernan Crespo, dan Adriano. Mourinho jelas terkejut hingga mengatakan Arnautovic adalah pria yang fantastis, tetapi dia memiliki sikap kekanak-kanakan.

“Mario Balotelli adalah sahabatnya dan mereka kebetulan memiliki sifat yang sama. Ini tidak mudah," tukas Mourinho.

#3. Emmanuel Adebayor

Real Madrid mengalami krisis striker pada Januari 2011. Gonzalo Higuain cedera, dan untuk beberapa alasan yang membingungkan, Mourinho tidak melihat Karim Benzema.

Klub melirik Miroslav Klose dan mencoba menarik kembali Ruud van Nistelrooy dari masa pinjamannya di Hamburg. Meskipun dewan klub memintanya untuk tidak melakukannya, Mourinho menandatangani Adebayor dengan status pinjaman enam bulan dari Manchester City.

Adebayor telah dibekukan di Man City saat dilatih Roberto Mancini, dan situasi itu tentu saja membuat Adebayor sedang mencari klub baru. Entah bagaimana Adebayor akhirnya berlabuh di salah satu klub terbesar di dunia.

Adebayor tidak melakukannya terlalu buruk, dia mencetak delapan gol dalam 22 penampilan. Tetapi, itu tidak cukup untuk meyakinkan Mourinho mengaktifkan opsi pembelian permanen seharga 15 juta pounds (Rp 243 miliar) dan dia akhirnya kembali ke Inggris.

Penandatanganan ini menempati peringkat tinggi dalam daftar aneh, karena kami tidak percaya siapa pun yang waras akan memilih Adebayor daripada Benzema.

#2. Gedson Fernandes

Mourinho tidak berada di Tottenham Hotspur untuk waktu yang lama, tetapi 18 bulannya di sana memberinya cukup waktu untuk melakukan beberapa pembelian aneh, dan Fernandes adalah salah satunya.

Didatangkan dengan perjanjian pinjaman 18 bulan dari Benfica pada Januari 2020, gelandang Portugal itu membuat banyak penggemar Tottenham mempertanyakan apakah dia pernah menendang bola sebelumnya.

Pinjaman dihentikan setelah enam bulan setelah bermain 14 penampilan, nol gol, dan satu kegagalan penalti saat Spurs tersingkir dari Piala FA oleh Norwich.

#1. Papy Djilobodji

Sebagian besar rekrutan teraneh Mourinho datang di musim keduanya di Chelsea, tapi yang satu ini layak menjadi yang teratas.

Ditandatangani pada hari terakhir jendela transfer musim panas 2015 dengan harga sekitar 4 juta pounds (Rp 64 miliar) dari FC Nantes, Djibobodji memulai dengan buruk ketika dia dikeluarkan dari skuad Chelsea di Liga Champions, atau sehari setelah bergabung.

Satu-satunya penampilannya di Chelsea adalah sebagai pemain pengganti Radamel Falcao di Piala Liga, dan dia tidak pernah terlihat lagi sebelum dipinjamkan ke Werder Bremen pada Januari.

(diaz alvioriki/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=GQpdHoX4zSI

Artikel Pilihan


Daun Media Network