Kisah yang Jarang Diketahui Orang, Robert Lewandowski Nyaris Gabung Blackburn Rovers

"Apa bisa dapat banyak gelar jika benar gabung The Rovers?"

Analisis | 24 January 2022, 16:13
Kisah yang Jarang Diketahui Orang, Robert Lewandowski Nyaris Gabung Blackburn Rovers

Libero.id - Siapa yang tidak mengenal bomber gol milik Bayern Munchen ini? Ya, nama Lewandowski telah lama populer di sepakbola Eropa hingga dunia.

Musim demi musim, pemain asal Polandia itu terus menunjukkan ketajamannya di lapangan. Dia menjadi salah satu pesepakbola profesional terbaik yang sukses besar dalam kariernya.

Bahkan, tahun ini Lewandowski memenangkan kembali penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA secara berturut-turut. Dia mengklaim penghargaan itu setelah mengalahkan pesaing ketatnya, yakni Mohamed Salah dan Lionel Messi.

Penghargaan Pemain Pria FIFA Terbaik diberikan kepada pemain yang dinilai memiliki kinerja olahraga terbaik sepanjang tahun, tetapi juga perilaku umum mereka di dalam dan luar lapangan.

Penghargaan ini dipilih oleh masyarakat umum, perwakilan media, pelatih tim nasional, dan kapten tim nasional, dengan masing-masing grup memperoleh 25% suara yang sama.

Lewandowski meraih penghargaan kedua secara berturut-turut, dan melihat sekilas angka mengejutkan sang striker akan menunjukkan alasannya.

Pemain andalan Bayern ini mengakhiri tahun dengan 69 gol yang luar biasa bersama klub dan negaranya, termasuk 41 gol hanya dalam 29 penampilan di Bundesliga. Angka itu akhirnya memecahkan rekor 40 gol yang dipegang Gerd Mueller selama 49 tahun.

Meski sudah berusia 33 tahun, striker asal Polandia ini masih terlihat bugar dan tampil produktif di lapangan. Dia telah mencetak 34 gol dalam 27 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Tapi, di balik kesuksesan besar Lewandowski, tentu ada keputusan yang menentukan nasibnya selama meniti karier. Salah satunya menentukan liga mana dia akan bermain dan bersama klub apa.

Contohnya ketika Legenda Polandia itu menerima tawaran pada 2010. Striker itu hampir bergabung dengan Blackburn Rovers dan bermain di Liga Premier. Nyaris transfer itu terjadi. Bagaimana kisahnya?

Jauh sebelum Lewandowski membuat nama untuk dirinya sendiri di Borussia Dortmund dan akhirnya Bayern, kapten Polandia itu sedang dalam proses untuk pindah ke Blackburn Rovers asuhan Sam Allardyce.

Sayangnya, kekuatan alam turut campur tangan dalam rencana penandatanganan luar biasa Lewandowski di Blackburn.

"Saya pergi dengan kepala pencari bakat saya, Martyn Glover, dan itu adalah perjalanan yang cukup. Kami sangat terkesan dengan pemain itu (Lewandowski), ketua melakukan kesepakatan sekitar 8 juta euro (Rp 130 miliar) dengan klub dan dia akan terbang," kata Big Sam.

"Tapi, gunung di Islandia meletus dan semua penerbangan dibatalkan. Jadi, dia tidak bisa naik pesawat,” tuturnya.

"Kami menunggunya di Bandara Manchester dan kemudian satu atau dua minggu kemudian dia menandatangani kontrak dengan Borussia Dortmund," tambahnya.

Hampir tidak dapat dipercaya untuk membayangkan bahwa Lewandowski bisa saja ditransfer ke Blackburn hanya dengan 8 juta euro. Namun, bomber asal Polandia itu sendiri telah mengkonfirmasi kisah luar biasa Big Sam.

"Saya memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Blackburn, tetapi saya ingin melihat bagaimana penampilan Blackburn, tempat latihan, tempat saya bertemu dengan Sam Allardyce," tutur pemain berusia 33 tahun itu.

"Saya pikir akan baik-baik saja jika saya pergi ke Blackburn, tetapi saya ingin pergi dan melihat pusat pelatihan, stadion,” timpalnya.

"Saya tidak bisa pergi karena awan. Itu adalah gunung berapi. Gunung berapi dengan awan abu. Itu satu minggu dan tidak ada yang bisa terbang di Eropa. Penerbangan sudah dipesan, tapi kami tidak bisa pergi. Itu mengubah hidup saya. Jika saya pergi ke Blackburn mungkin saya akan tinggal di sana," tambahnya.

Sementara potensi transfer harus membuat Allardyce melihat ke belakang, sulit membayangkan penyerang berusia 33 tahun itu akan mencapai level yang mendekati jika dia pindah ke Blackburn.

Dilihat dari bagaimana karier sang legenda berkembang, bersama Bayern adalah sebuah keberkahan bagi Lewandowski.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network