Profil 5 Pemain Muda Debutan Timnas Senior yang Dipanggil Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday

"Usia mereka masih di angka 20 tahun. Bahkan ada yang 17. Tapi sudah dipanggil ke timnas senior."

Analisis | 19 January 2022, 12:02
Profil 5 Pemain Muda Debutan Timnas Senior yang Dipanggil Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday

Libero.id - Melalui pilihan Shin Tae-yong, PSSI resmi merilis 27 nama pemain yang  dipersiapkan untuk memperkuat timnas Indonesia di laga uji coba resmi FIFA alias FIFA Matchda pada akhir Januari mendatang, dimana, skuad Garuda rencananya akan menghadapi Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Selain nama-nama lama yang memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020, tercatat beberapa nama pemain baru yang kali pertama dipanggil era Shin Tae-yong.

Total, ada tujuh pemain debutan yang dipanggil ke timnas Indonesia senior 
Lantas, siapa sajakah pemain-pemain itu, dan seperti apa kiprah mereka sehingga mendapat kesempatan. Simak ulasan kecil-kecilan berikut ini:

1. Muhammad Adi Satryo

Muhammad Adi Satryo merupakan sosok pemain muda berusia 20 tahun yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia tampil cukup baik dibawah mistar Persik Kediri dan itulah yang membuat Shin Tae-yong tertarik

Menurut catatan dari Lapangbola, Adi Satryo tercatat melakukan empat penyelamatan penting dalam dua laga terakhir bersama Persik Kediri 

Dan jika ditotal, Adi Satryo baru diturunkan oleh Persik Kediri di tiga laga Liga 1 musim ini dengan torehan enam penyelamatan dan baru kemasukan dua gol.

2. Bayu Fiqri

Selanjutnya pemain yang juga masih berusia 20 tahun, Bayu Fiqri yang sedang bagus-bagusnya tampil bersama Persib Bandung.

Dimana sejauh ini Bayu telah dimainkan dalam sembilan pertandingan. Statistiknya dalam bertahan juga terbilang begitu apik. Menurut Lapangbola, ia memiliki rata-rata 2,33 intersep dan 1,78 tekel per laga.

Sebelumnya, Bayu sempat juga dipanggil Shin untuk memperkuat Timnas U-19 kala menjalani pemusatan latihan di Kroasia pada 2020 lalu.

3. Achmad Figo

Masih di posisi bek, dan masih berusia 20 tahun ia adalah Achmad Figo, pemain masa depan Arema FC.

Di Liga 1 musim ini, Figo telah dipercaya turun sebanyak empat laga. Terbaru, ia tampil sebagai starter saat Arema bermain imbang 0-0 dengan PSIS Semarang. Menurut Lapangbola, Figo miliki rata-rata tekel 1,75 per laga. Cukup bagus.


4. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan adalah sosok yang tengah naik daun belakangan ini. Hal itu tak lepas dari penampilan bagusnya bersama Persebaya Surabaya.

Tercatat, wonderkid berusia 17 tahun ini berhasil membukukan empat gol dan lima assist dari 14 laga yang ia mainkan bersama Bajul Ijo musim ini.

Sebelum dipanggil ke skuad senior, Marselino juga pernah memperkuat skuad Garuda Muda di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Sebelumnya juga, ia menjadi andalan Timnas U-16 asuhan Bima Sakti. 

5. Ronaldo Kwateh

Terakhir, terdapat sosok wonderkid lainnya yang pertama kali juga dipanggil ke tim senior, yakni Ronaldo Kwateh. Penyerang berusia 17 tahun ini merupakan aset berharga milik Madura United. Untuk musim ini, ia telah dipercaya bermain sebanyak delapan pertandingan.

Nama Ronaldo sempat mencuat kala ia tampil bersama Indonesia U-18 dalam ajang uji coba di Turki pada November silam. Turun dalam tiga laga, Ronaldo berhasil melesatkan lima gol. Dan kemungkinan besar catatan itu akan bertambah di level senior.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network