Momen Gol Spektakuler Gianfranco Zola 20 Tahun Lalu

"Sejauh mana sang legenda Marazola dikenang."

Analisis | 19 January 2022, 02:14
Momen Gol Spektakuler Gianfranco Zola 20 Tahun Lalu

Libero.id - Sepanjang sejarah sepakbola, ratusan pemain hebat menghiasi olahraga paling populer ini. Para pemain besar datang silih berganti, dan mereka yang memiliki kenangan indah tentu akan selalu diingat dengan baik.

Salah satunya adalah gol spektakuler yang pernah dicetak dalam pertandingan. Mantan pemain Chelsea, Gianfranco Zola, adalah salah satunya.

Tepat 20 tahun lalu, pria asal Italia itu mencetak salah satu gol terbaik Piala FA sepanjang masa. Zola memang tak sementereng Maradona, namun dia memiliki karakteristik yang hampir sama:  berbadan mungil, lihai mengolah bola, dan tajam di klub yang dia bela, termasuk saat membela Chelsea.

Zola membela Chelsea pada periode 1996-2003, dia telah mencatatkan 80 gol dalam 312 laga dalam segala kompetisi. Salah satu momen gol spektakulernya adalah melawan Norwich City. Gol tumit luar biasa Zola untuk Chelsea saat melawan Norwich dicetak tepat 20 tahun yang lalu, dan itu masih merupakan yang terbaik sepanjang masa.

Pemain dengan julukan Marazola (diambil dari nama Maradona) juga sering dipanggil The Magic Box oleh suporter The Blues. Zola adalah pemain asing pertama dan begitu istimewa yang pindah ke Liga Premier. Ketika itu, dia menandatangani kontrak dengan Chelsea seharga 4,5 juta pounds (Rp 87 miliar) pada Desember 1996.

Orang Italia ini datang dengan reputasi besar setelah waktunya bersama Napoli dan Parma. Zola memenangkan Serie A bersama Diego Maradona di Napoli, dan Piala UEFA bersama Parma.

Di Chelsea, sang penyerang menikmati banyak momen brilian dan memenangkan banyak trofi untuk The Blues yang tidak pernah menjadi kekuatan super di bawah Roman Abramovich.

Pada 2002, setelah waktunya di Stamford Bridge, pemain mungil dari Italia itu membuktikan betapa briliannya dia. Zola dengan momen jenius menghadapi laga ulangan putaran ketiga kontra Norwich di Piala FA.

Pada saat itu, Norwich adalah tim Championship, tetapi berhasil menahan para kontestan Liga Premier di pertandingan pertama. Meskipun The Blues dikategorikan tim kuat di Carrow Road, termasuk Zola, Jimmy Floyd Hasselbaink, Marcel Desailly, dan William Gallas, tim London Barat ditahan imbang 0-0.

Namun, ketika mereka membawa The Canaries kembali ke London sembilan hari kemudian, tim tuan rumah menunjukkan kualitas mereka, dengan gol Zola menjadi pilihan utama.

Mario Stanic membuka skor untuk tuan rumah, sebelum Frank Lampard menggandakan keunggulan tepat setelah jeda babak pertama, sebelum momen Zola membuat skor menjadi 3-0.

Mikael Forssell menyelesaikan segalanya di menit terakhir waktu normal. Kejeniusan Zola masih dapat dilihat dalam beberapa rekor Liga Premier hari ini, tetapi satu pemain menyamai salah satu landmarknya dari waktunya di Inggris.

Pemain berusia 55 tahun, yang pernah melatih di Inggris bersama West Ham, Birmingham City, dan Watford itu masih menjadi pencetak gol tendangan bebas kedua terbanyak dalam sejarah Liga Premier.

Itu termasuk kapten Southampton, James Ward-Prowse, bergabung dengan pemain Italia itu , dan Thierry Henry, dengan 12 gol dari bola mati. Mereka hanya tertinggal dari David Beckham dengan 18 gol.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network