Nostalgia, Van Bronckhorst Bercerita Soal Darah Keturunan Indonesia yang Mengalir Dalam Dirinya

"Adakah kemungkinan Van Bronckhorst ingin melatih timnas Indonesia?"

Berita | 18 January 2022, 21:33
Nostalgia, Van Bronckhorst Bercerita Soal Darah Keturunan Indonesia yang Mengalir Dalam Dirinya

Libero.id - Masih ingat dengan mantan penggawa timnas Belanda, Giovanni van Bronckhorst? pria yang kini menukangi Rangers F.C itu merupakan sosok yang cukup berpengaruh di persepakbolaan Belanda sekaligus pemain asal Belanda yang cukup dikenal di Indonesia.

Bila merujuk pada tahun 2011 silam, saat ia berkunjung ke Indonesia, dimana ia memainkan satu laga eksibisi  di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), maka kita tentu ingat dengan beberapa aksinya yang cukup memukau di lapangan, yang mana kala itu Van Bronckhorst tergabung dalam Tim International Stars, tim yang diperkuat oleh Emmanuel De Porras, Beto Goncalves, Erick Bayemi hingga Greg Nwokolo.

Sementara lawan tandingnya, Red Team Indonesia yang diisi Kurnia Meiga, Ismed Sofyan, Oktovianus Maniani, hingga Andik Vermansah. Red Team Indonesia saat itu diasuh oleh Rahmad Darmawan.

Diakhir laga, tim yang diisi oleh Van Bronckhorst akhirnya sukses menang dengan skor 2-0 atas Red Indonesia saat itu.

Memiliki Darah Indonesia

Kembali lagi pada Van Bronckhorst, laga tersebut tidak lepas dari keinginan mantan pemain Barcelona itu untuk melihat tempat kelahiran nenek moyangnya, yakni Indonesia.

Pria yang sukses bersama Feyenoord itu memang memiliki kedekatan dengan Indonesia, dimana ibu dan neneknya merupakan orang asli Indonesia.

Dalam sebuah wawacara Arsenal Tours, tahun 2013 lalu, Van Bronckhorst pernah mengaku kalau dirinya memiliki darah Maluku.

“Nenek saya lahir di Indonesia, mereka baru datang ke Belanda pada tahun 1950. Ibu saya juga berasal dari sana (Indonesia). Keluarga besar saya berasal dari salah satu pulau kecil di sana,” ujar Van Bronckhorst.

“Saya belum pernah berkunjung ke tempat asal nenek saya. Nanti saat anak saya mulai dewasa, saya akan ke sana (Maluku) agar mereka tahu di mana kampung halaman mereka,” pungkasnya.

Jika PSSI saat itu cepat dalam 'mencium' bahwa Van Bronckhorst memiliki darah Indonesia, sama seperti kasus Sandy Walsh atau Kevin Diks, mungkin pencetak gol di semifinal Piala Dunia 2010 itu bisa menjadi salah satu kekuatan timnas Indonesia di pentas internasional.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network